Monday, 20 November 2017
unik

Sungguh Menawan, Inilah Sawah Yang Dihiasi Dengan 20000 Lampu LED

Di negara kita begitu banyak sawah yang merupakan mayoritas mata pencaharian para petani. Pada umumnya sawah memiliki bentuk yang sama. Tapi, sawah di Jepang memiliki tampilan yang berbeda lho guys. Kenapa? Sawah di Jepang disinari dengan 20.000 lampu LED, waw bayangin aja gimana terangnya sawah tersebut. Penasaran kan gimana tampilannya? Yuk, langsung aja kita lihat di bawah ini.

Pengertian

Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Untuk keperluan ini, sawah harus mampu menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air, sungai atau air hujan. Pengelolaan padi sawah biasanya diawali dengan pengolahan tanah awal disamping petani melakukan persemaian.

Pengolahan awal tersebut adalah sawah dibajak, pembajakan dapat dilakukan dengan mesin, kerbau atau melalui pencangkulan oleh manusia. Setelah dibajak tanah dibiarkan selama 2-3 hari, namun beberapa daerah membiarkan tanahnya setelah dibajak sampai 15 hari. Selanjutnya tanah dilumpurkan dengan cara dibajak lagi untuk kedua atau ketiga kalinya 3-5 hari menjelang tanam, setelah itu bibit hasil semaian ditanam.

Ciri-ciri sawah:

  • Setiap petak sawah dibatasi pematang, pematang tersebut ada yang lurus dan ada yang berkelok-kelok menyesuaikan dengan kontur tanahnya.
  • Permukaannya selalu datar meskipun di daerah bergunung-gunung atau berbukit. Apabila sawah berada di kontur berbukit-bukit, maka dibentuk terasiring.
  • Pengolahan dan pengelolaan dikerjakan pada kondisi jenuh air atau berair.
  • Kesuburannya lebih stabil daripada lahan kering sehingga memungkinkan diolah secara intensif tanpa adanya penurunan produktifitas yang drastis.
  • Secara umum produktifitasnya lebih tinggi daripada lahan kering
  • Sawah pada umumnya mempunyai sumber perairan yang relatif teratur kecuali sawah tadah hujan.
  • Tanaman yang utama diusahakan adalah padi sawah.
  • Unsur hara berasal dari masukan bahan dari luar.

Sawah di Indonesia umumnya dibedakan menjadi tiga macam seperti yang dituliskan diatas, penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:

Sawah Irigasi

Sawah irigasi adalah sawah yang sistem pengairannya dilakukan secara teratur dan tidak bergantung kepada curah hujan. Sistem pengairan sawah ini dilakukan menggunakan sistem irigasi yang sumber airnya berasal dari waduk atau bendungan. Sistem pertanian sawah irigasi ini sangat bagus karena tidak bergantung pada musim hujan saja. Selama waduk dan bendungan irigasi hidup, maka pengairan sawah akan terus berjalan.

Sawah Lebak

Jenis sawah lebak jarang sekali karena mengingat resiko yang sangat rentan terhadap banjir. Sawah lebak adalah sawah yang berada dikanan dan kiri sungai-sungai besar. Para petani sudah jarang memanfaatkan sistem sawah lebak ini sebagai lahan pertanian padi. Mereka kebanyakan mengalih fungsikan sawah lebak menjadi lahan perkebunan seperti sawit.

Sawah Tadah Hujan

Sawah tadah hujan adalah sistem pengairan sawah yang berdasarkan curah hujan atau berdasarkan pada musim penghujan saja. Sistem sawah tadah hujan sangat bergantung pada musim hujan, jadi proses pertanian hanya dapat dilakukan ketika musim penghujan saja.

Sawah Bencah

Sawah bencah adalah sistem pertanian lahan basah yang dilakukan di daerah rawa-rawa yang telah di keringkan atau dimuara sungai besar. Padi sawah di lahan rawa biasanya berumur lebih panjang dibandingkan dengan padi di lahan sawah biasa karena hampir setiap waktu tergenang air.

Manfaat sawah ini juga berguna untuk hal lain seperti berikut ini:

  • Dapat menjadi lahan kerja dalam bidang pertanian. Yaitu menghasilkan tenaga kerja bagi masyarakat. Karena dengan adanya sawah dan petani yang menanam padi, maka lapangan kerja jadi bertambah sebagai contohnya yaitu misalkan seorang petani akan menggarap sawah, maka dia membutuhkan orang untuk membantu mengerjakannya dengan memberikan upah. Ini merupakan salah satu contoh manfaat adanya sawah tersebut.
  • Mempertahankan budaya tradisional dan kerakyatan bangsa. Sawah merupakan lahan tempat para petani bercocok tanam dari sejak dulu sampai sekarang dan sudah membudaya. Jadi masyarakat pedesaan yang mempergunakan sawah berarti mereka sudah mempertahankan budaya tradisional.
  • Sebagai tempat untuk menumbuhkan sifat gotong royong antar warga. Sudah jelas bahwa dengan adanya sawah ini dapat menumbuhkan sifat gotong royong antar warga. Saling membantu dalam proses pengolahan sawah secara bergantian.
  • Sebagai sumber pendapatan masyarakat. Sumber pendapatan para petani padi adalah berasal dari sawah ini. Jadi tanpa adanya sawah ini maka pendapatan mereka jadi susah untuk didapatkan.
  • Berguna sebagai sirkulasi air, khususnya pada musim kemarau. Dengan adanya sawah ini maka sirkulasi air dapat terkendali. Parit-parit akan hidup dan air akan terus mengalir selama ada petani yang menanam padi sawah.
  • Meminimalisir terjadinya banjir. Dengan adanya sawah ini juga dapat mengurangi potensi banjir.

Manfaat Padi Untuk Kehidupan Manusia

Padi merupakan sumber makanan untuk manusia, nasi yang berasal dari padi adalah makanan pokok yang selalu kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa makan nasi mungkin tubuh kita akan lemas tidak bertenaga, jadi sangat jelas sekali bahwa manfaat padi tersebut bisa menjadi sumber makanan pokok manusia. Berikut ini adalah manfaat padi untuk kehidupan manusia:

Sebagai bahan pokok makanan

Manfaat padi yang paling utama adalah sebagai bahan pokok makanan. Jadi sumber utama makanan kita adalah nasi yang mana nasi ini dihasilkan dari padi yang ditanam oleh para petani. Padi ini banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia seperti karbohidrat, energi, serat, gula dan masih banyak lagi.

Sebagai bahan utama pembuat tepung

Manfaat padi selanjutnya adalah sebagai bahan utama pembuat tepung. Ada tepung yang berasal dari padi yang biasa kita sebut tepung beras. Nah tepung beras ini bahan utamanya adalah padi, jadi bisa dikatakan bahwa manfaat padi sebagai pembuat tepung beras.

Sebagai bahan pembuat kue atau jajanan

Kamu pasti pernah makan kue atau jajan yang terbuat dari beras bukan? Contohnya saja jajanan pulut yang mana pulut tersebut awalnya juga berasal dari padi ketan. Nah jadi manfaat padi juga bisa sebagai bahan pembuat kue atau jajanan.

Sawah Dengan Lampu LED

Well well and well, bukan Jepang namanya kalau tidak melakukan hal aneh atau unik. Hmmm kira-kira apalagi ya yang diciptakan oleh negeri sakura tersebut? Yap, inovasi terbaru dari Jepang adalah sawah dengan 20.000 lampu LED. Perkembangan teknologi light-emitting diode (LED) ternyata tidak hanya ada dalam industri digital ataupun industri lainnya, namun juga sudah merambah ke dunia seni. Contohnya ada pada area sawah di Jepang ini.

Jika sawah identik dengan warna hijau dan kuning, akan tetapi tidak dengan sawah di Shiroyone Senmaida, Jepang ini. Area persawahan ini memiliki warna unik di malam hari karena diterangi oleh 20.000 lampu LED yang ditenagai oleh energi matahari.

Area persawahan yang membentang seperti mosaik ini memiliki luas sekitar 12 ribu meter persegi dengan 2.000 saluran irigasi yang memasok air untuk pertanian. Area ini pun terletak di atas lereng curam dengan latar belakang Laut Jepang.

Hal ini bertujuan agar sawah lebih menarik di malam hari dan memberikan cahaya bagi warga kota selama 24 jam terus menerus. Walau menerangi secara terus menerus, namun hal ini bukannya menambah biaya listrik tetapi malah mengakibatkan penghematan.

“Sistem penerangan baru ini memberikan cahaya bagi warga kota sesuai kebutuhan mereka dan terus berfungsi dengan aman di kota selama 24 jam. Sistem baru ini juga akan mengurangi tagihan energi hingga mendekati satu juta poundsterling setiap dua tahun. Ini adalah sebuah penghematan yang besar,” kata Ed Argar, anggota Dewan Kota London.

Sebanyak 20.000 lampu LED akan menyala untuk mengantarkan saat-saat matahari terbenam di senja hari sehingga sawah akan terlihat semakin cantik dan seolah-olah beragam dengan warna kuning muda pink. Kita bisa sambil melihatnya dengan menghadap ke Laut Jepang (Sea of Japan) yang menjadikan suasana tambah romantis dan indah sekali. Ya memang akan sangat indah kalau kamu mengunjunginya ketika malam tiba.

Sawah dengan seni lukisan

Namun ternyata bukanlah sawah dengan 20.000 lampu LED yang pertama di Jepang, sebelumnya Jepang sudah memiliki sawah dengan seni lukisan yang indah dan menakjubkan, yaitu “Rice Paddy Art”. Sebuah desa Inakadate di Prefektur Aomori Jepang yang setiap pertengahan bulan Juli sampai pertengahan Agustus akan ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Kenapa? Karena sawah di desa tersebut disulap menjadi sawah yang begitu menakjubkan. Sawah yang ditumbuhi berbagai varietas padi tersebut diubah menjadi sebuah lukisan yang terdiri dari ribuan batang padi yang ditanam untuk menghasilkan sawah dengan lukisan 3 dimensi.

Daerah penghasil padi tertua di Jepang Utara ini berhasil menarik 200 ribu pengunjung per tahunnya untuk berkunjung ke desa kecil ini yang populasi penduduknya hanya 8.000 jiwa. Sebagian besar tanah subur di Inakadate ini digunakan sebagai lahan sawah yang menghijau dan setiap tahunnya menciptakan karya seni yang luar biasa karena setiap tahunnya para petani mengadakan festival panen yang pastinya mengusung tema berbeda yang bikin kamu takjub saat melihatnya.

Kamu akan dihadapkan dengan pemandangan gambar-gambar keren dengan design rumit jika dilihat dari sisi atas seperti karpet hijau membentang dengan pola cantik. Untuk membuat karya-karya seni mereka pertama kali dirancang pada komputer untuk mencari tahu di mana dan bagaimana untuk menanam padi.

Kemudian ratusan relawan menanam padi yang telah direkayasa secara genetik untuk menghasilkan berbagai warna seperti merah tua, kuning dan putih yang dicampur dengan warna hijau daun lokal untuk menghasilkan desain yang bagus. Beragam jenis beras tumbuh secara alami di Inakadate, mereka tidak menggunakan pewarna buatan. Desain yang dibuat meningkat setiap tahun dan para penduduk desa belajar dari kesalahan masa lalu dan memperbaiki kesalahan mereka.

Untuk menikmati lukisan indah tersebut, para pengunjung harus naik ke menara tempat pengamatan yang juga digunakan sebagai kantor pertanian desa Inakadate. Di sana pengunjung dapat melihat banyak art paddy di banyak lahan persawahan, tentunya kamu jangan lupa mengambil foto dari atas menara ya.

Nah yang harus kamu tahu nih ya guys, diantara paddy art yang ditampilkan terdapat beberapa judul film terkenal Amerika seperti Star Wars dan Gone With the Wind. Sawah berukuran 140 x 100 meter di dekat tempat pengamatan menggunakan 10 jenis padi dengan warna berbeda untuk menggambar figur Scarlet O’Hara dalam pelukan pahlawannya Rhett Butler. Waw amazing…

Ya demikianlah penjelasan artikel di atas, gimana? Keren banget yang pastinya ya guys, nah kalau kamu sedang liburan ke Jepang, kamu bisa mengunjungi sawah yang indah tersebut untuk melepas pena. Okey sampai di sini dulu perjumpaan kita ya, see you….