Monday, 23 October 2017
unik

Seperti Kura-Kura, Inilah Taksi Paling Lambat Di Dunia

Oke kali ini kita akan membahas tentang negara Jepang lagi ya guys, Jepang memang tidak pernah ada henti-hentinya menciptakan sesuatu yang baru dan unik. Kira-kira apalagi ya sesuatu yang baru itu? Sesuatu yang baru tersebut adalah taksi paling lambat sedunia. Pada penasaran semua kan gimana wujudnya? Ya udah langsung aja yuk kita simak artikel di bawah ini.

Sejarah Taksi

Taksi adalah sebuah transportasi non-pribadi yang umumnya adalah sedan serta dapat merujuk kepada angkutan umum lain selain mobil yang mengangkut penumpang dalam kapasitas kecil, misalnya “taksi air” yang sebenarnya mungkin hanya berupa sampan. Taksi air dapat berupa sampan yang didayung ataupun yang dilengkapi dengan mesin (outboard)yang dapat disewa untuk satu perjalan atau waktu tertentu. Taksi air banyak ditemukan di kota-kota yang dilewati sungai besar seperti di Palembang, Banjarmasin, Samarinda ataupun di pinggir danau seperti Parapat, Tarutung.

Taksi merupakan alat transportasi yang bisa dibilang sebagai alat transportasi premium yang mana untuk biaya tarifnya lebih mahal dibandingkan dengan angkutan umum lainnya. Tarif yang digunakan taksi menggunakan argometer yang menghitung berdasarkan jarak yang ditempuh ( biasanya telah ditentukan jumlah tarif untuk setiap kilometernya ).Argometer adalah sebuah alat yang menghitung jarak yang tempuh.

Taksi pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1930 melalui Batavia ( Jakarta ). Tidak banyak jumlahnya pada saat itu, hanya sekitar puluhan dan hanya orang-orang tertentu saja yang naik kendaraan umum ini ( orang Belanda ) sehingga taksi ini menjadi ukuran status sosial. Sistem taksi pada saat itu sangat tertib, supir hanya boleh menaikan dan menurunkan penumpang pada tempat tertentu ( terminal taksi ).

Perkembangan Taksi

Perkembangan taksi yang terus berkembang membuat kebutuhan akan taksi semakin meningkat. Pada tahun 1971 untuk pertama kalinya taksi diresmikan sebagai angkutan umum di Jakarta oleh Ali Sadikin yang waktu itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Untuk dapat membentuk Badan Usaha pertaksian dibutuhkan minimal 100 armada mobil baru. Jakarta sebagai kota metropolitan dan pusat perekonomian membutuhkan sebuah sarana transportasi yang memadai.

Hingga kini perkembangan taksi di Indonesia sudah sangat berkembang. Bahkan kini sudah banyak operator penyedia taksi di Indonesia dan tersebar di sebagian kota besar di Indonesia. Bahkan banyak fasilitas yang diberikan seperti Taxi Order atau pesan taksi dan aneka fasilitas pilihan mobil yang eksklusif.

Taksi Paling Lambat Di Dunia

Biasanya taksi memberikan layanan jasa membawa penumpang dengan cepat, berbeda dengan taksi yang satu ini. Kenapa dibilang berbeda? Gimana tidak, taksi yang satu ini merupakan taksi paling lambat di dunia. Sebuah layanan taksi di Jepang yang bernama “Turtle Taxi” justru menawarkan kecepatan yang begitu lambat bagi para penumpangnya.

Turtle Taxi disediakan oleh salah satu perusahaan taksi bernama Sanwa Koutsu Group. Perusahaan ini sengaja membuat layanan taksi yang berbeda dari kebanyakan. Turtle Taxi dibuat dengan kecepatan lambat layaknya gerakan kura-kura. Taksi ini tidak cocok dinaiki oleh orang yang sering telat ataupun orang yang sering berkejaran dengan waktu.

Untuk itu pemilik Sanwa Koutsu Group memberikan gambar kura-kura sebagai icon taksi mereka. Kura-kura yang merupakan hewan yang terkenal dengan jalannya yang lambat menjadi maskot dan ikon taksi ini, sehingga taksi ini berbeda dengan taksi-taksi lain yang dikemudikan dengan cepat untuk mengejar ketinggalan waktu penumpangnya.

Taksi unik ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan kenyamanan di sepanjang perjalanan. Taksi ini dirancang senyaman mungkin untuk para penumpangnya. Turtle Taxi lebih sering dipilih dan digunakan oleh para ibu yang akan bepergian dengan buah hati mereka. Dengan alasan mereka tak menyukai pengemudi yang mengendarai taksi secara ugal-ugalan.

Pada dasarnya taksi ini sama saja dengan taksi lain namun yang membedakannya adalah taksi ini memiliki sebuah layanan kura-kura. Maksudnya adalah ketika penumpang merasa sopir taksi membawa taksi terlalu cepat, maka penumpang dapat menekan tombol yang bergambar kura-kura pada bagian belakang jok penumpang depan dan bertuliskan“Yukkuri” yang artinya pelan. Saat tombol tersebut telah ditekan, maka akan keluar lantunan musik yang lucu, bertempo lambat, menenangkan dan supir taksi tersebut langsung akan memperlambat jalan taksinya. Inilah mengapa Turtle taxi di sebut sebagai taksi paling lambat yang ada di Jepang.

Para pengemudi dianjurkan untuk mengemudikan taksi tersebut dengan ritme yang halus, mereka tidak boleh menambah atau mengurangi kecepatan secara mendadak yang biasanya membuat penumpang terkejut. Orang yang menjadi supir Turtle Taxi sudah terlatih mengendarai taksi dalam kecepatan lambat. Selain itu, para supir juga dilatih untuk membuat penumpang merasa nyaman menggunakan jasa taksi mereka.

Taksi ini sangat cocok bagi mereka yang hendak traveling berkeliling Jepang. Namun sayangnya, untuk sekarang ini Turtle Taxi baru tersedia di wilayah Yokohama. Namun rencananya dalam waktu dekat, Sanwa Koutsu Group akan memperluas wilayah operasi Turtle Taxi hingga ke kota-kota besar lainnya di Jepang, mulai dari Tokyo, Kanagawa hingga Saitama.

Nah, udah tau kan taksi apa yang paling lambat di dunia? Gimana menurut kamu, tertarik gak sih untuk mencobanya ketika kamu berlibur ke Jepang? Tentunya kamu gak boleh lewatin kesempatan naik taksi paling lambat di dunia tersebut kalau lagi liburan ke Jepang ya, kan lumayan buat nambah pengalaman hehehe.