Monday, 23 October 2017
unik

Menakjubkan, Kamu Bisa Melihat Grafiti Keren Di Kota Ini

Haiii sobat-sobat sekalian, tentu udah sering banget dong mendengar tentang grafiti. Kamu mungkin sering melihatnya di dinding dan tembok atau mungkin kamu dan temen kamu yang lain bisa menciptakan grafiti yang keren. Tapi, sebagian orang masih belum memahami apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan grafiti tersebut. Untuk itu, kali ini kita akan membahas lebih jelas tentang hal tersebut. Yuk, silahkan disimak.

Apa Itu Grafiti?

Grafiti merupakan coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kata, simbol atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng atau pilox. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur. Istilah graffiti sendiri diambil dari bahasa latin, graphium yang artinya menulis. Awalnya istilah itu dipakai oleh para arkeolog untuk mendefinisikan tulisan-tulisan di bangunan kuno bangsa Mesir dan Romawi kuno.

Karya seni grafiti identik dengan tembok di jalan raya, di rumah-rumah tua tak berpenghuni atau lahan kosong. Di dalamnya tidak hanya menawarkan gambar yang indah secara estetik, tapi juga kadang pesan yang menggelitik karena memuat kritik.

Banyak juga masyarakat resah dengan coretan-coretan tersebut, bahkan pihak dinas kebersihan setempat pun seperti siaga berpatroli untuk mengembalikan dinding atau tembok-tembok jalanan seperti awal. Dicat polos dan bersih, mungkin hanya debu yang kemudian mengotorinya. Namun sayanng, meski sudah dicat ulang, gambar-gambar itu kerap muncul kembali.

Pada zaman dahulu, graffiti yang dibuat mengandung tulisan rakyat yang menggunakan bahasa Latin Rakyat dan bukan bahasa Latin Klasik. Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafiti digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.

Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan. Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidakpuasan baru dimulai pada zaman Romawi dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.

Pada perkembangannya, grafiti pada sekitar tahun 70-an di Amerika dan Eropa akhirnya merambah ke wilayah urban sebagai jati diri kelompok yang menjamur di perkotaan. Karena citranya yang kurang bagus, grafiti telanjur menjadi momok bagi keamanan kota. Alasannya adalah karena dianggap memprovokasi perang antar kelompok atau gang. Selain dilakukan di tembok kosong, grafiti pun sering dibuat di dinding kereta api bawah tanah.

Di Amerika Serikat sendiri, setiap negara bagian sudah memiliki peraturan sendiri untuk meredam grafiti. San Diego, California, New York telah memiliki undang-undang yang menetapkan bahwa grafiti adalah kegiatan ilegal. Sedangkan di Indonesia sendiri sekarang grafiti sudah sangat gampang dijumpai di beberapa kota di Indonesia. Kemunculan grafiti di Indonesia pertama kali di daerah Jogjakarta dan kini sudah hampir menyebar ke seluruh pelosok negeri ini.

Kota Yang Keren Dengan Grafitinya

Siapa bilang kalau karya seni grafiti hanya bisa mengotori dinding saja? Buat para pecinta seni, mungkin hal tersebut adalah sebuah keindahan. Seperti halnya dengan kota-kota indah dengan penampilan grafiti di bawah ini.

Moskow, Rusia

Ketika kamu berkunjung ke ibukota Rusia yakni Moskow, kamu jangan hanya mengunjungi Benteng Kremlin atau Katedral St Basil saja. Kenapa? Berjalanlah di ruas kota ini, kamu akan menemukan pemandangan tak biasa. Kota Grafiti terkeren di dunia ini tak tanggung-tanggung ukurannya karena hampir memenuhi seluruh dinding. Tak hanya itu, grafiti di sini juga penuh warna sehingga tampak nyentrik di tengah cuaca dingin Rusia. Wow keren…

Paris, Prancis

Nah, di sini bukan Menara Eifell saja yang indah dan wajib dikunjungi karena ketika ke sana, kamu juga akan melihat di pinggiran jalan ada toko, restoran atau cafe dengan tampilan grafitinya yang indah dan keren.

Los Angeles, AS

Kalau kamu sedang liburan ke Los Angeles, jangan lupa ke Venice Broadwalk. Ada apa di sana? Karena daya tarik Venice Broadwalk bukanlah terletak di trotoar, tapi dinding-dinding bangunannya. Hampir semuanya dipenuhi grafiti keren dan nyentrik warnanya.

Oslo, Norwegia

Saat berkunjung ke ibukota Norwegia ini, susurilah jalanan kota dan temukanlah grafiti-grafiti unik di sepanjang jalan. Oslo menjadi destinasi wajib para pecinta seni termasuk grafiti. So, buat kamu yang suka banget dengan seni bisa jalan-jalan ke sana.

Gimana guys, keren banget kan? Grafiti itu juga termasuk seni bukan hal yang mengganggu pemandangan. Jadi cintailah seni ya, karena tidak semua orang bisa melakukan dan menciptakan grafiti yang keren. Oke see you…