Sunday, 20 August 2017
unik

Luar Biasa, Bukit Pasir Pyla Ini Bisa Berpindah Lho

Siapa yang kalau ke pantai suka main pasir? Ngaku deh. Main pasir itu adalah hal yang sangat mengasyikkan untuk semua kalangan kecuali untuk kakek dan nenek ya, hehehehe. Ngebahas masalah pasir, kira-kira kamu tau gak kalau ada pasir yang bisa berpindah? What, pasir berpindah? Memangnya ada ya? Ya udah daripada pusing mikirin jawabannya ada apa enggak, yuk kita baca sama-sama artikel di bawah ini.

Apakah Pasir Bergerak Itu Ada?

Di Prancis, ada satu bukit pasir yang bisa bergerak dan ‘memakan’ area di sekitarnya. Namanya Bukit Pasir Pyla dengan panjang 3 km dan lebar 500 meter. Bukit ini disebut sebagai ‘Gurun Sahara’ nya Prancis. Terletak 60 km dari Kota Bordeaux, The Great Dune of Pyla menjulang setinggi 107 meter dan memiliki volume hingga 60 juta meter kubik. Bukit pasir raksasa ini menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Prancis. Tak kurang jutaan turis berkunjung ke sini setiap tahunnya.

Satu hal yang unik dari Bukit Pasir Pyla adalah bukitnya bisa ‘bergerak’ dan menutupi permukaan area di sekitarnya. Tercatat beberapa properti rumah ‘dimakan’ oleh bukit pasir raksasa ini. Villa dan rumah seperti ‘termakan’ dan terkubur oleh gundukan pasir raksasa.

Bangunan Rumah ‘Termakan’ Gundukan Pasir

Menariknya, bukit pasir yang bergerak tanpa henti ke arah daratan perlahan-lahan menutupi hutan, rumah, jalan dan bahkan bagian dari Tembok Atlantik. Laju gerakan bukit pasir ini tidak teratur, kadang-kadang bergerak cepat (10 meter dalam setahun) dan kadang-kadang sangat lambat (kurang dari satu meter). Gundukan pasir yang sangat besar ini dengan lebar 500 meter, panjang 3 km dan menjulang hingga ketinggian 107 meter di atas permukaan laut.

Selama 57 tahun terakhir, bukit pasir ini telah bergerak sekitar 280 meter-an. Jadi rata rata pergerakan tahunannya sekitar 4,9 meter per tahun. Satu hal yang unik dari Bukit Pasir Pyla adalah bukitnya bisa ‘bergerak’ dan menutupi permukaan area di sekitarnya. Tercatat beberapa properti rumah ‘dimakan’ oleh bukit pasir raksasa ini. Villa dan rumah seperti ‘termakan’ dan terkubur oleh gundukan pasir raksasa.

Migrasi dari bukit pasir raksasa seberat 60 juta ton ini telah menutupi hampir dua puluh properti pribadi dan setiap tahun pasir di lereng timur menutupi 8000 meter persegi hutan pinus di sekitarnya. Pada bagian Timur Laut bukit pasir terdapat jalan yang tertutup oleh gundukan pasir setelah terjadinya longsor pasir di tahun 1987 dan tertutup sepenuhnya pada tahun 1991.

Sebuah rumah yang terkubur oleh gundukan pasir diberitakan dalam surat kabar terbitan 19 September 1936. Di Timur Selatan bukit pasir, keluarga Bordeaux telah memutuskan untuk memiliki sebuah villa yang dibangun pada tahun 1928. Dua tahun kemudian pasir mulai menyerang rumah dan pada tahun 1936, rumah itu telah sepenuhnya hilang terkubur oleh pasir.

Menikmati Pemandangan Di Bukit Pasir Bergerak

Faktor angin memang menjadi penentu seberapa banyak atau jauh bukit pasir ini bisa berpindah. Angin akan membawa butiran-butiran pasir hingga mampu menutupi area sekitar bukit pasir. Tak heran memang letaknya yang berada di Teluk Archacon membuat angin bertiup sepanjang tahun.

Pemandangan di sekitar bukit pasir ini begitu indah. Di satu sisi pengunjung bisa melihat Laut Mediterania membentang dan di sisi lain ada Pegunungan Pyreness yang indah terhampar. Asyiknya kamu bisa bermain di sekitar bukit pasir atau hanya sekedar menikmati pemandangan yang ada. Menanti sunset tenggelam di Teluk Archacon pasti sangatlah mengagumkan.

Pergerakan bukit pasir ini disebabkan oleh angin laut. Oleh karena itu di sisi yang menghadap ke laut memiliki lereng yang lembut sedang di sisi sebaliknya (yang menghadap ke hutan) kasar dan curam. Untuk pengunjung yang atletik, mendaki lereng ini merupakan tantangan nyata. Untuk yang lain, tersedia tangga yang membuat pendakian sedikit lebih mudah. Di bagian atas pemandangan spektakuler dari pantai laut, hutan pinus yang luas dari Les Landes dan ketika cuaca cerah terlihat barisan pegunungan Pyrennees.

Pada bagian Timur Laut bukit pasir, terdapat jalan yang tertutup oleh gundukan pasir setelah terjadinya longsor pasir di tahun 1987 dan tertutup sepenuhnya pada tahun 1991. Sebuah rumah yang terkubur oleh gundukan pasir diberitakan dalam surat kabar terbitan 19 September 1936. Di Timur Selatan bukit pasir, keluarga Bordeaux telah memutuskan untuk memiliki sebuah villa yang dibangun pada tahun 1928. Dua tahun kemudian, pasir mulai menyerang rumah dan pada tahun 1936, rumah itu telah sepenuhnya hilang terkubur oleh pasir.

Bagi para wisatawan yang suka berpetualang, naik ke bagian atas bukit pasir ini dapat memberikan pemandangan spektakuler seperti lanskap pesisir pantai dan hutan pinus yang luas. Nah untuk kamu yang baru tau tentang ini, gimana? Udah percaya belum kalau ada pasir bergerak? Ya, begitu menakjubkan sekali. Gak kebayang kan gimana asyiknya bermain pasir dan melihat pemandangan dari atas bukit, pasti seru. Apa kamu tertarik bermain pasir di atas bukit tersebut? Silahkan aja atur jadwal liburan kamu dulu ya…