Sunday, 20 August 2017
unik

Jangan Salah Sangka, Ini Bukan Koper Tapi Skuter Yang Bisa Dilipat

Tau dong apa itu skuter? Kendaraan unik dan banyak peminatnya ini bentuknya mirip vespa. Apakah sebenarnya skuter dan vespa itu sama? Hmmm, lalu bagaimana dengan skuter lipat? Hah skuter lipat? Bagaimana mungkin skuter bisa dilipat? Penasaran? Langsung aja kita simak artikel di bawah ini.

Sejarah Skuter

Skuter adalah kendaraan bermotor roda dua yang memiliki lantai di bagian dasarnya untuk diinjak oleh pengendara. Jika pada sepeda motor biasanya mesin diletakkan di bagian bawah rangka tengah maka skuter memiliki posisi mesin di belakang, bisa dibagian samping atau depan roda belakang dengan posisi di bawah tempat duduk pengendara. Skuter biasanya memiliki ukuran roda yang kecil di bawah 16 inci.

Sebelum perang dunia, konsep awal skuter bisa dilihat dari sepeda motor buatan Hildebrand & Wolfmüller pada tahun 1894 yang memperlihatkan sepeda motor dengan ruang yang lega untuk kaki pengendara dan tenaga penggerak yang lebih banyak bergantung kepada mesin dibanding kayuhan pedal. Motor ini diproduksi massal namun penjualannya terbatas karena harganya yang mahal.

Skuter Piaggio

Skuter disempurnakan pada tahun 1947 sebagai alternatif kendaraan bermotor yang terjangkau bagi Eropa yang porak-poranda dilanda perang dunia. Piaggio dengan skuter bermerek vespa memungkinkan untuk diproduksi secara massal dan diterima di seluruh Eropa. Sebelum Perang Dunia II usai, piaggio sudah memproduksi berbagai produk otomotif hingga pesawat terbang.

Desain skuter dari piaggio menjadi standar acuan bagi bentuk skuter dan bertahan selama lebih dari 60 tahun. Produksi perdana tahun 1946 dengan nama asli d’ascanio bermesin 98 cc muncul dengan desain yang radikal sekaligus stylish dan elegant, itulah ciri khas dari desain-desain Italia.

Piaggio merubah posisi pemindah gigi dan kopling pada tangan kiri, posisi roda belakang yang langsung berporos pada mesin, suspensi depan monoshock tipikal pesawat terbang untuk memudahkan penggantian roda dan desain tameng depan yang melindungi pengendara dari percikan air. Skuter vespa piaggio memiliki banyak penggemar fanatik terutama yang model klasik sangat diburu oleh para kolektor. Indonesia sendiri merupakan negara penggemar skuter vespa piaggio terbesar setelah negara asal penemunya, Italia.

Skuter Canggih Yang Bisa Dilipat

Apa sih yang gak bisa diciptakan di zaman sekarang ini? Buktinya aja telah diciptakan skuter lipat, waw keren banget pastinya. Jalanan yang selalu macet, lahan parkir makin susah, ancaman banjir di kota-kota besar, memungkinkan kamu harus melirik inovasi terbaru ini.

Antro, grup pengembang sarana transportasi pribadi non-profit yang ramah lingkungan dari Hungaria memperkenalkan “Moveo”, sebuah skuter listrik yang menjanjikan solusi atas semakin sempitnya lahan parkir di kota-kota besar. Berbobot kurang lebih 25 kg, skuter ini memiliki kecepatan 45 km/jam dan mampu menempuh jarak sejauh 35 km dalam keadaan energi terisi penuh. Keunggulan moveo adalah bisa dilipat menjadi seperti koper. Bayangkan ketika kamu pergi ke kantor, parkiran penuh, kamu tinggal lipat kendaraanmu dan menentengnya ke ruang kerja seperti koper. Sungguh menakjubkan bukan?

Tak perlu takut ada oli yang bocor dan orang di kantor marah-marah karena kepeleset, karena desain dalaman motor ini dibuat tertutup dengan sempurna. Buat para wanita juga tidak perlu menahan gengsi, karena desain eksterior motor tampaknya cukup elegan. Dilihat dari tenaganya, motor ini memang bukan ditujukan untuk memfasilitasi perjalanan jauh, ngetrek apalagi mudik. Tapi, buat warga kota sibuk seperti Jakarta yang berhadapan dengan kemacetan secara rutin, kendaraan portabel seperti ini mungkin akan sangat berguna.

Meskipun secara portabilitas cukup menjanjikan, bukan berarti skuter yang rencananya dibandrol dengan harga sekitar $3600-$4600 ini tak punya kekurangan lho. Kelemahan pertama adalah berat, dengan berat sebesar 25 kg tentunya menenteng koper ini menjadi sebuah tantangan tersendiri. Untungnya skuter ini bisa diubah dalam bentuk koper, moveo masih mempunyai roda sehingga memudahkan untuk diseret. Kedua, bertenaga listrik yang sumber tenaganya sendiri belum difasilitasi secara memadai di negara kita.

Buat kamu yang ingin menjajal bagaimana rasanya menunggangi moveo, harap bersabar. Antro baru berencana untuk memproduksi Moveo secara masal tahun depan dengan jumlah produksi awal sebanyak 4.000 unit. Perusahaan itu juga melihat kemungkinan potensial untuk meningkatkan jumlah produksinya hingga 15.000 unit per tahun.

Tamas Slezak, CEO Antro Group yakin bahwa produknya ini adalah sesuatu yang berarti untuk masa depan. Karena moveo bukan hanya mementingkan kebutuhan penggunanya, tapi juga memperhatikan kondisi lingkungan sekitar sehingga moveo dijadikan skuter yang juga ramah lingkungan. Selain itu Tamas juga menuturkan bahwa dengan moveo, orang-orang dapat bepergian dengan sangat mudah dan cepat. Moveo adalah alat transportasi umum yang lain daripada yang sudah pernah ada.

Gimana guys, beneran keren kan? Mengingat semakin banyaknya para pengguna motor di Indonesia dan kondisi jalan yang selalu macet, banyak produsen motor memanjakan konsumennya dengan membuat skuter matik lebih banyak. Meski demikian, mencari tempat parkir tentu menjadi masalah yang harus dihadapi sehari-hari.

Seringkali para pengguna kendaraan roda dua itu terlambat masuk kantor, kuliah ataupun sekolah karena menghabiskan banyak waktu untuk mencari parkir. Ditambah lagi macetnya jalan raya yang sebenarnya juga disebabkan oleh bertambahnya para pengguna motor. Nah, dengan adanya skuter lipat ini, apakah kamu ingin berpindah hati?