Monday, 23 October 2017
unik

” HAPIfork”, Garpu Ajaib Yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Di zaman yang sudah modern ini, menggunakan garpu adalah hal yang sudah biasa. Sama seperti sendok, garpu juga berfungsi untuk membantu memasukkan makanan ke dalam mulut. Tapi, gimana ya kalau ada garpu yang berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan? Penasaran kan, masa sih ada garpu yang seperti itu? Untuk menghilangkan rasa penasaran kamu, mari kita simak aja langsung artikel ini yuk.

Sejarah Terciptanya Garpu

Di dalam perjamuan pada abad ke-X, penggunaan garpu ini tidak ditata diatas meja melainkan diberikan pada tamu yang duduk di meja perjamuan untuk menahan daging yang akan dipotong. Kemudian daging yang telah dipotong tersebut dimakan dengan cara memasukannya ke mulut dengan tangan. Hal ini lazim dilakukan pada masa tersebut, apabila seorang tamu memasukan potongan daging ke mulut menggunakan garpu, hal ini akan menjadi bahan tertawaan dan celaan orang lain karena hal ini dianggap tidak sopan.

Di awal abad ke-XVI garpu mulai masuk ke Italia hingga pada perkembangan selanjutnya garpu masuk ke Perancis dibawa oleh Catherine dan Medicis yang menikah dengan King Henry II pada tahun 1533. Sedangkan di Inggris garpu mulai dikenal pada awal-awal abad ke-XVII, konon hal ini karena Thomas Corryate membawa garpu yang dibelinya di Italia.

Di Inggris yang terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi tatakrama menganggap garpu bukanlah sebagai alat makan yang penting dan bahkan kalangan bangsawan disana memakai garpu hanya sekali saja sebagai ajang pamer kekayaan, hal ini karena garpu tersebut terbuat dari emas dan menjadi barang yang mewah dan berharga. Garpu hanya dipakai pada jamuan istimewa saja untuk menghormati para tamu kerajaan.

Bentuk pertama dari garpu hanya mempunyai dua cabang dan agak lebar, garpu ini didesain untuk memastikan daging tidak jatuh saat dipotong namun tentu saja menyulitkan apabila daging atau makanan yang dipotong berukuran kecil. Oleh karena itulah model lama ini kemudian di desain ulang dan disempurnakan dengan menambah cabang menjadi empat. Garpu dengan cabang empat ini mulai diperkenalkan pada sekitar akhir abad ke-XVII. Sekitar abad ke-XIX mulai dilakukan proses pelapisan sendok yang terbuat dari nikel dan tembaga umum. Di abad ke-XX tepatnya 1920, perangkat makan anti karat mulai dikenal dan banyak digunakan.

Jenis – Jenis Garpu

Kamu pasti pernah bertanya-tanya, mengapa banyak sekali garpu di atas meja makan dan apa saja fungsinya? Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis garpu beserta fungsinya.

Dinner Fork

Ini merupakan garpu standar yang banyak digunakan di rumah tangga. Bahkan tanpa disadari sebenarnya kamu menggunakannya dalam sehari-hari. Garpu ini berukuran panjang sekitar 18 cm. Garpu ukuran Amerika ini kira-kira 1,5 cm lebih pendek dari ukuran garpu di negara lainnya. Garpu ini sangat ideal untuk menikmati berbagai pilihan makanan, termasuk pasta, nasi, sayuran, hidangan penutup, salad dan makanan pembuka daging.

Deli Fork

Jenis garpu ini hanya memiliki dua gigi dan sebenarnya diciptakan untuk mengambil irisan Prosciutto, sebuah ham kering yang biasanya diiris tipis dan disajikan secara mentah.

Fish Fork

Saat acara perjamuan makan malam formal, secara etiket harus meletakkan jenis garpu ini dengan garpu lainnya di atas meja. Garpu ini memiliki satu gigi yang lebih luas dari yang lain. Hal tersebut membuatnya lebih mudah untuk mengambil daging ikan dari tulang dan kulit.

Fruit Fork

Garpu buah lebih umum digunakan di Eropa daripada di Amerika Serikat. Ini merupakan garpu kecil yang dapat kamu gunakan untuk memotong buah dengan potongan besar atau menusuk yang lebih kecil.

Salad Fork

Jenis garpu ini sedikit lebih panjang dan dirancang untuk menjadi pasangan sendok salad, sehingga kamu dapat mencampur salad kamu dan mencampurnya dengan saus. Garpu salad memiliki panjang sekitar 15 cm.

Ice Cream Fork

Jenis garpu ini memiliki bentuk mangkuk dengan tiga gigi. Garpu ini digunakan untuk mengambil es krim dan fungsinya hampir sama dengan sendok es krim.

Dessert Fork

Saat makan hidangan penutup pasti kamu akan menggunakan garpu ini. Jenis garpu ini berukuran lebih kecil dari Table Fork dan Fruit Fork dengan panjang antara 15 cm dan 18 cm. Garpu ini memiliki tiga gigi dan sangat cocok untuk makan kue, pie, serta makanan manis lainnya.

Garpu Ajaib Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi yang punya masalah obesitas atau kelebihan berat badan maka bersiaplah membeli HAPIfork, sebuah garpu ajaib yang bisa membantu menurunkan berat badan dan fungsi lainnya yakni mendukung pencernaan lebih sehat. HAPIfork adalah garpu elektronik yang akan bergetar jika digunakan terlalu cepat saat makan. Lalu apa hubungannya makan cepat dengan obesitas? Makan terlalu cepat dan terlalu banyak adalah salah satu pemicu menaiknya berat badan. Tak hanya itu, makan terlalu cepat pun tidak baik bagi pencernaan.

HAPIfork diciptakan berdasar pada pengalaman pribadi penemunya, Jacques Lepine. Dulu, ia punya kebiasaan makan terlalu cepat. Suatu ketika, Lapine dilarikan ke rumah sakit karena diduga mengalami serangan jantung. Ternyata dokter mendiagnosisnya dengan refluks lambung dan memperingatkan Lepine untuk memperlambat makannya. Tujuh tahun kemudian, Lepine menciptakan garpu untuk memantau kecepatan makannya yang diberi nama HAPIfork. Garpu ini akan bergetar dan menyala jika pemakainya memasukkan makanan ke mulut kurang dari 10 detik setelah suapan terakhir.

“Hormon kamu akan menjadi korban ketika kamu makan terlalu cepat. Ini buruk bagi pencernaan dan buruk bagi pemecahan nutrisi. Bahkan menurut studi terbaru, dibutuhkan 10 – 45 menit untuk melepaskan hormon cholecystokinin yang mengirim sinyal ke otak bahwa kamu sudah kenyang,” kata Lepine.

Karena fungsinya ini, HAPIfork disebut-sebut sebagai produk penurun berat badan. Dilengkapi lampu peringatan LED, konektor USB dan perangkat lunak yang dapat terkoneksi dengan komputer dan smartphone, garpu ini membuat si pemakai dapat memantau kecepatan makannya. Garpu ajaib ini akan dibuat oleh perusahaan yang bermarkas di Hong Kong bernama HAPILABS Ltd. Sebagai permulaan sebanyak 2.500 produk pertama dijual seharga US$ 89 atau sekitar Rp 864.000.

Sungguh keren bukan? Sekarang ini zaman semakin canggih, buktinya saja garpu bisa berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan. Lalu penemuan apalagi ya kira-kira yang akan tercipta ke depannya?