Monday, 23 October 2017
unik

Dianggap Berisik, Negara Ini Melarang Orang Memakai Sandal Jepit

Setiap daerah atau setiap negara memiliki peraturan yang sudah ditentukan baik itu dari pemerintahan ataupun memang dari kepala daerah setempat. Sebagai anggota masyarakat yang taat aturan pastinya kan menuruti setiap peraturan yang berlaku. Kalau ngomongi tentang peraturan, ada hal yang unik nih guys. Di negara ini ada peraturan yang melarang warganya memakai sendal jepit lho, mau tau lebih jelasnya lagi? Silahkan disimak ya…

Tentang Negara Italia

Italia merupakan sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer dibagian Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan.

Nama Italia berasal dari Romawi kuno dan bangsa Romawi menyebut bagian selatan semenanjung tersebut dengan Italia yang berarti tanah atau lahan penggembalaan sapi, negara ini memiliki beberapa kota terkenal di dunia. Roma merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Italia dan juga pusat Kekaisaran Romawi pada 2.000 tahun yang lalu. Florence adalah rumah bagi banyak seniman Renaisans, periode paling prestisius dalam bidang seni. Venesia dengan sistem saluran air yang rumit yang menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Kehidupan antara penduduk Italia di wilayah utara dan selatan sangatlah berbeda. Wilayah utara cenderung memiliki ekonomi yang lebih baik karena menjadi tempat bertumbuhnya industri, sedangkan wilayah selatan relatif lebih sulit secara ekonomi. Walaupun demikian, data ekonomi makro menunjukkan bahwa angka pengangguran di Italia tergolong tinggi. Dengan kata lain, kesenjangan ekonomi sebenarnya terjadi di kedua wilayah.

Gaya hidup golongan ekonomi atas dan bawah sangatlah berbeda. Perbedaan tersebut dapat diamati pada perilaku penduduk dari masing-masing golongan. Golongan ekonomi atas biasanya lebih terdidik, berbicara secara formal dan menggunakan dialek nasional. Mereka juga menggunakan pakaian bermerek atau karya desainer pakaian ternama. Selain itu, penduduk yang lebih makmur biasanya berlibur ke tempat yang privat, hidup lebih santai dan sesekali beristirahat di villa milik pribadi.

Dibalik kesenjangan atau perbedaan yang begitu terasa, ada beberapa hal yang menyatukan mereka sekaligus menjadi identitas penduduk Italia. Misalnya pasta dan roti yang menjadi makanan sejuta umat ataupun sepakbola yang biasanya dinikmati oleh siapa saja, tentunya hal itu banyak berasal dari sana.

Fakta Unik Italia

Ketika mendengar Italia, pasti yang akan terlintas di pikiranmu adalah negara spageti, pizza atau mungkin negara sepak bola bukan? Namun selain itu, ternyata ada banyak lho fakta unik yang hanya ada dan terjadi di Negara Italia seperti berikut ini:

Warna bendera berdasarkan pizza

Tahukah kamu kalau bendera negara Italia telah berganti-ganti dan memiliki rupa yang berbagai macam hingga saat ini? Mungkin kamu belum mengetahuinya, meskipun memang hanya ada satu bendera resminya tapi seluruh transformasi benderanya selalu terdiri dari 3 warna yaitu merah, putih dan hijau. Konon, resep asli pizza margherita simbolis triwarna bendera Italia yakni daun basil (hijau), tomat (merah) dan mozzarella (putih).

Asal-muasal makanan di dunia

Berkat Christopher Columbus, seorang penjelajah asal Genoa, Italia membuat penduduk dunia dapat merasakan makanan yang berasal dari tumbuhan. Sebelum di Columbian Exchange, tidak akan ada jeruk di Florida, tidak ada pisang di Ekuador, tidak ada kentang di Irlandia, tidak ada kopi di Kolombia, tidak ada nanas di Hawaii dan tidak akan ada cokelat di Swiss.

Situs warisan dunia terbanyak

Gak cuma menara Pisa atau Colosseum aja yang ada di Italia, tapi ada sekitar 50 situs warisan dunia yang ada di negara ini. Wajar saja banyak wisatawan yang bilang Italia adalah tempat terbaik untuk mengenang masa-masa kejayaan benua Eropa.

Terkenal dengan mafianya

Negara ini sangat terkenal sebagai tempatnya mafia, yaitu sekelompok sindikat rahasia yang umumnya beroperasi melakukan tindakan kriminal. Tapi meski begitu, ternyata para mafia Italia menyumbang 7% dari GDP (Gross Domestic Product) Italia setiap tahunnya. Pada tahun 2008 diperkirakan bahwa 80% dari semua bisnis yang ada di pulau Sisilia dipaksa untuk membayar “biaya perlindungan” kepada mafia.

Peraturan Unik Di Pulau Capri

Kenapa ya bisa ada peraturan seperti ini? Melarang pemakaian sandal jepit di tempat tertentu, misalnya di tempat pekerjaan atau larangan mengenakan sandal jepit di lounge bandara seperti kebijakan larangan oleh perusahaan penerbangan Qantas itu boleh saja terjadi.

Sandal jepit memang identik dengan sandal yang merakyat lantaran hampir setiap orang yang memilikinya. Meski fungsinya sama dengan sandal lainnya yaitu sebagai alas kaki, meski faktanya sandal jepit masih digolongkan ke dalam kasta sandal yang tidak cocok jika dipakai untuk acara formal.

Pemerintahan Italia melarang warganya untuk tidak memakai sandal jepit khusus wilayah pulau Capri. Larangan ini termasuk larangan aneh yang ditetapkan oleh pemerintah Italia. Aturan ini ternyata dibuat oleh pemerintah setempat lantaran banyak warga lokal yang menginginkan hidup tenang bebas dari suara berisik saat pemakaian sandal jepit. Sungguh alasan yang terlalu sepele kalau dipikir-pikir ya. Namun peraturan tetap peraturan, mau tidak mau harus ditaati.

Demikianlah ulasan di atas tersebut, peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah memang wajib diikuti oleh masyarakatnya meskipun terkadang ada peraturan aneh seperti yang di atas. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat.