Monday, 23 October 2017
unik

Bagaikan Bunglon, Bunga Ini Bisa Berubah Ketika Terkena Air

Mawar dan melati adalah bunga yang paling sering kita dengar dan mudah ditemukan dimana saja. Bahkan banyak orang yang menanamnya di halaman rumah atau di taman belakang rumah. Setiap hari harus dirawat dan disiram air agar bunga-bunga tersebut akan tetap tumbuh dan berkembang menjadi bunga yang indah. Tapi, gimana dengan bunga yang ketika disiram air langsung berubah menjadi bening atau transparan ya? Kira-kira itu bunga apa? Yuk, langsung kita lihat aja artikel di bawah ini.

Definisi Bunga

Bunga merupakan modifikasi suatu tunas (batang dan daun) yang bentuk, warna dan susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan. Oleh karena itu, bunga ini berfungsi sebagai tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan yang akhirnya dapat dihasilkan alat-alat perkembangbiakan. Mengingat pentingnya bunga bagi tumbuhan maka pada bunga terdapat sifat-sifat yang merupakan penyesuaian untuk melaksanakan fungsinya sebagai penghasil alat perkembangbiakan, pada umumnya bunga mempunyai warna menarik, berbau harum, bentuknya bermacam-macam dan biasanya mengandung madu. Bunga dapat digolongkan menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Bunga dikatakan lengkap apabila memiliki semua bagian-bagian bunga, namun bunga tak lengkap tidak memiliki salah satu dari bagian bunga.

Bunga memiliki bagian-bagian yaitu:

  • Tangkai bunga
  • Dasar bunga
  • Hiasan bunga yang tardiri dari kelopak dan mahkota bunga
  • Alat kelamin jantan dan betina yang berupa putik dan benang sari

Berubah Ketika Terkena Air

Di dunia ini terdapat banyak sekali spesies tanaman berbunga dengan karakteristik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, warna maupun kegunaannya. Beberapa diantaranya bahkan memiliki nilai harga jual yang tinggi dan sering dijadikan komponen atau properti dalam suatu acara tertentu.

Sebagian besar wanita pasti menyukai bunga. Tak hanya cantik, bunga memiliki berbagai warna yang selalu sedap dipandang dan sebuah rangsangan terkadang berdampak pada sebatang tumbuhan. Misalnya saja, tumbuhan bernama putri malu yang akan menguncup bila terkena rangsangan yang berupa sentuhan. Tak hanya putri malu, ternyata ada tanaman bunga lain yang juga berubah seketika ketika terkena rangsangan, namun bukan sentuhan. Tanaman unik tersebut bernama Diphylleia Grayi.

Dibilang unik karena kelopak bunga ini akan berubah menjadi transparan dan sangat cantik jika terkena air. Bunga yang awalnya berwarna putih ini bisa berubah menjadi bunga sejernih kaca saat terkena air, misalnya saat hujan. Namun saat mulai kering, bunga ini pun akan kembali ke warna asalnya, yaitu putih.

Karena fenomena unik ini, Diphylleia grayi pun kini dikenal sebagai “skeleton flower”. Tanaman ini tumbuh di tempat yang lembab di daerah hutan pegunungan dingin di Jepang dan juga Cina. Bunga ini juga dikenal dengan ukuran daunnya yang seperti payung dengan kelompok bunga kecil yang tumbuh di atasnya.

Sangat jarang sekali ada bunga yang bisa berubah menjadi lebih cantik setelah kena air hujan. Bahkan, di Indonesia kita belum pernah menemukan bunga serupa. Karena kebanyakan mereka akan layu dan membusuk dan beberapa jenis bunga justru tidak bertahan di musim hujan dan hanya bermekaran saat terkena terik matahari. Bunga cantik ini dapat tumbuh hingga ketinggian 0,4 meter dan mulai bermekaran pada pertengahan musim semi dan awal musim panas dalam cuaca yang teduh.

Jika kamu ingin menumbuhkan bunga Diphylleia Grayi, pastikan kamu menempatkannya di area yang dingin. Sebab, bunga jenis Diphylleia Grayi ini hanya bisa tumbuh di daerah yang lembab, seperti di pegunungan. Namun untuk mendapatkan bunga ini, kamu tidak bisa menemukannya di toko-toko bunga sekitarmu. Melainkan kamu harus mencarinya di pegunungan Cina dan Jepang.

Kekayaan alam Jepang akan selalu membuat kita takjub dan terpesona. Kekayaan hayati yang tercipta karena perubahan musim membuat Jepang selalu dapat dimaknai dengan cara yang berbeda. Musim semi, musim panas, musim dingin dan musim gugur akan selalu menawarkan pemandangan tak terlupakan. Jika di musim semi, banyak orang yang berburu untuk melihat sakura tetapi di tempat lain terdapat bunga cantik nan unik yang tidak boleh terlewatkan dari pandangan seperti bunga di atas. Bunga ini biasanya akan mekar pada bulan Mei sampai bulan Juli tiap tahunnya. Sehingga banyak orang yang sengaja hiking untuk melihat mekarnya bunga ini. Tinggi tanaman sekitar 30 sampai 70 centimeter dengan diameter bunga 2 centimeter.

Siapa yang tidak akan menyukai bunga cantik ini, manusia di bumi ini pasti sepakat jika bunga ini adalah salah satu tanaman yang membuat indah suatu halaman, ruangan sampai bisa menjadi suatu lambang dari suatu perayaan atau momen yang terjadi. Sehingga bunga bisa dinikmati oleh siapapun dan akan selalu memberikan suatu pemandangan yang sedap dipandang mata. Meskipun bunga ini sekilas seperti tengkorak, bunga ini tak terlihat menyeramkan atau bahkan berduri. Bunga ini sangat indah, bagaikan bunga sakura namun berwarna putih.

Lantaran habitatnya yang ada di kawasan dataran tinggi, maka memang butuh perjuangan untuk melihatnya. Namun kalau kamu memperhatikan bagaimana kelopaknya berubah dari putih jadi transparan dan bening kala tersentuh air hujan, kamu akan mampu kagum dan begitu takjub.