Wednesday, 16 October 2019
travel

Mirip Raja Ampat, Inilah Keindahan “Halong Bay” Vietnam

Haiii say, liburan yuk kemana aja cincai lah, hehehe. Bosan dan penat karena pekerjaan di kantor menumpuk? Gimana kalau liburan aja dulu biar pikiran kembali fresh? Nah ngomongin masalah liburan, asyiknya ke Halong Bay, tau gak di mana itu? Yap, Vietnam. Kamu bisa ke sana untuk menikmati keindahan alamnya, untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak artikel di bawah ini.

Dimana Letak Halong Bay?

Halong Bay atau Teluk Halong adalah salah satu objek wisata yang ada di Vietnam yang dalam bahasa Vietnam disebut Vinh Ha Long. Tempat wisata ini merupakan perairan dengan bebatuan karst yang mirip dengan Raja Ampat. Karena keindahan panoramanya, tak jarang wisatawan banyak berdatangan untuk melihat keindahan alamnya.

Para wisatawan yang berlibur pasti akan takjub melihat indahnya Teluk tersebut. Gimana tidak, kamu bisa menyaksikan ada bukit berada di tengah-tengah perairan. Teluk Halong merupakan salah satu warisan yang diakui oleh badan milik PBB UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Keindahan alam teluk yang memiliki garis pantai sepanjang 120 kilometer ini memang tidak diragukan lagi, tak heran menjadi salah satu primadona pariwisata Negeri Ho Chi Minh tersebut.

Menurut legenda yang dipercaya masyarakat Vietnam, saat dahulu saat terjadi peperangan melawan Cina turunlah keluarga naga ke teluk Halong untuk membantu rakyat Vietnam. Ibu Naga dan anaknya membakar pasukan Cina dengan api dan mengeluarkan batu zamrud besar sebagai pertahanan.

Para tentara tersebut akhirnya tenggelam dan menurut legenda batu-batu zamrud tersebut berubah menjadi pulau-pulau yang saat ini ada di Teluk Halong. Adapun tempat sewaktu induk naga mendarat disebut Ha Long, sedangkan Bai Tu Long ialah nama tempat sewaktu anak-anak naga berjumpa induknya. Lalu, tempat dimana mereka mengentakkan ekor biasa disebut dengan Bach Long Vi.

Teluk ini memiliki luas sekitar 1.553 km2 dan terdiri dari 1.969 pulau-pulau kecil. Berdasarkan literatur yang ada, di pulau-pulau kecil tersebut terdapat 435 jenis tanaman, 22 spesies hewan laut dan 76 spesies burung. Selain itu terdapat 28 varietas mangrove, 315 spesies ikan serta 545 spesies hewan tak bertulang belakang dan 234 spesies koral.

Gua Yang Indah Untuk Dikunjungi

Tidak hanya indah berkat perairannya saja, tetapi beberapa pulau kapur di Teluk Halong memiliki gua yang kini dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Beberapa gua yang terkenal diantaranya seperti berikut ini:

Hang Sung Sot

Gua ini berada di Bo Hon Island dan merupakan gua yang terbesar di Ha Long Bay. Hang Sung Sot terletak 25 mdpl sehingga kamu harus menaiki anak tangga sepanjang beberapa ratus meter untuk mencapai pintu guanya. Tapi jangan kuatir, karena akan dibalas dengan indahnya alam saat berada di puncak.

Hang Sung Sot memiliki dua ruangan besar. Ruangan pertama dipenuhi stalagmit dan stalaktit dengan beragam ukuran dan bentuk. Ruangan kedua juga diwarnai oleh lampu warna-warni yang membuat gua ini semakin cantik. Bedanya, Hang Sung Sot punya beberapa danau dengan air yang sangat jernih.

Hang Trong

Gua ini beda dari gua yang sebelumnya. Ukurannya tak terlalu besar dan tak ada lampu warna-warni yang mempercantik dindingnya. Tapi, kamu harus masuk sendiri ke gua ini untuk membuktikan keunikannya. Angin yang masuk ke sela-sela guanya, melewati stalaktit dan stalagmit yang tersebar di dalamnya akan membuat sebuah suara mirip tabuhan drum. Oleh karena itu, gua ini juga disebut ‘drum cave’ atau gua drum. Serunya lagi, gua ini bisa dipesan untuk tempat gala dinner atau bahkan pernikahan. Dengan ribuan lilin, acara apa pun yang berlangsung di gua ini akan semakin syahdu dan hangat. Uhhh pasti bakalan so sweet banget deh.

Hang Dau Go

Hang Dau Go adalah sebuah gua raksasa yang berada di sebelah selatan Bai Chay. Letaknya 187 mdpl sehingga kamu harus menaiki 90 anak tangga untuk bisa mencapai pintu guanya. Terdapat tiga ruangan besar yang ada di dalam Hang Dau Go. Ruangan pertama memiliki tinggi 30 meter dengan stalagmit dan stalaktit raksasa yang megah. Untuk mencapai ruangan kedua, kamu harus melewati terowongan dengan lebar 1,4 meter. Ruangan kedua ini merupakan gua raksasa yang diterangi oleh lampu warna-warni yang sangat artistik.

Nah untuk ruangan ketiga adalah alasan mengapa gua ini diberi nama Hang Dau Go. Konon, pada abad ke-13 silam di sinilah tempat seorang pahlawan Vietnam mempertahankan diri dari invasi bangsa Mongol. Nama pahlawan itu adalah Tran Hung Dao. Ruangan ketiga di gua ini ia gunakan sebagai tempat pertahanan, membuat bambu runcing dan mempersiapkan strategi untuk melawan pemimpin Mongol saat itu, Kubilai Khan.

Menginap Di Junk Boat Phoenix Cruiser

Waw, kalau yang ini sih gak usah ditanya lagi gimana kerennya. Kamu bisa mengambil tour satu hari penuh (pergi-pulang tanpa menginap) atau juga bisa memilih untuk merasakan pengalaman unik menginap di junk boat, mulai dari satu malam sampai beberapa malam. Asyik banget guys, hmmm romantis deh kalau perginya sama pasangan.

Paket wisata ini sudah termasuk transportasi pergi-pulang dari Hanoi ke Ha Long Bay, kamar, makan, tour guide berbahasa Inggris, peralatan snorkling dan kayak serta sudah termasuk pajak dan service charge. Biaya lain yang harus dikeluarkan adalah untuk minuman selama di kapal (selain air putih) dan juga tips untuk pelayan.

Junk boat kemudian akan berlayar di bagian yang tenang dan kemudian para penumpang bisa menikmati sore sambil berenang menikmati segarnya air teluk ini. Akan tetapi, hal ini dapat dilakukan kalau kamu berkunjung bukan pada musim dingin ya. Setelah makan malam, hal yang paling mengasyikkan adalah berbincang dan berbagi cerita dengan para traveler lain sambil memandangi bintang-bintang di atas deck kapal.

Ha Long Bay di Vietnam ini akan memberikan guratan pengalaman yang tak terlupakan. Berlayar diantara lekuk-lekuk bukit kapur, terjun ke air untuk berenang. Pada malam harinya, kamu bisa menikmati hamparan jutaan bintang yang menghiasi langit dari atas deck kapal. Sungguh suatu pemandangan yang tidak setiap hari bisa kita dapatkan bukan?

Gimana, apa menurut kamu tempat wisata ini kurang menarik? Duh, cobain dulu deh sensasi berlibur ke sana. Dijamin kamu bakalan males pulang ke rumah karena terlanjur betah di sana. Sampai sini dulu ya pembahasan kita, untuk selanjutnya kamu datang aja ke sana hehehe. See you….