Sunday, 19 August 2018
tips

Jenuh Saat Bekerja? Yuk, Ikuti Tips Ini Untuk Mengatasinya

Tak bisa dipungkiri jika terkadang kita merasa jenuh atau bosan saat bekerja. Hampir semua pegawai atau karyawan pasti pernah merasakan hal yang serupa. Entah itu karena lagi datang malasnya atau pun memang sedang lagi gak mood.

Bisa jadi juga kamu terlalu lelah mengerjakan tugas-tugas kantor yang menumpuk. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, di artikel ini kita akan membahas tips untuk menghilangkan rasa jenuh yang melanda saat bekerja di kantor. Yuk, langsung aja simak artikel di bawah ini.

Kenapa Rasa Jenuh Muncul Saat Bekerja?

Tak bisa dipungkiri, rutinitas yang kita jalani seberapa seru atau asyikpun pasti lama-lama membosankan juga. Begitu juga dengan kerja, setiap hari kamu dihadapkan dengan tugas kantor yang menumpuk dan hal itu tentunya akan membuatmu bosan. Setiap karyawan pasti merasa bosan atau suntuk atas pekerjaan. Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan munculnya rasa bosan pada pekerjaan. Biasanya rutinitas yang selalu sama adalah salah satu penyebab munculnya rasa bosan dalam bekerja.

Mungkin juga kamu mengerjakan tugas yang kadang kamu anggap tidak masuk akal, tanggung jawab yang sangat tinggi, tetapi tanpa ganjaran yang setimpal pula. Meski awalnya tantangan yang diberikan membuat kamu terpacu, tetapi lama kelamaan pekerjaan ekstra itu membuat kamu mulai merasa tidak sepadan. Berikut ini adalah faktor-faktor lainnya yang juga membuat kamu merasa bosan saat bekerja:

  • Lingkungan tak kondusif

Situasi tempat kerja sangat berpengaruh terhadap semangat karyawan. Bisa jadi, kejenuhan ini dipicu lingkungan dan suasana kerja yang tidak mendukung. Ini bisa disebabkan oleh karyawan dengan hubungan sosial yang kurang baik, merasa tak memiliki tim yang solid atau perlakuan atasan yang tak menyenangkan.

  • Pekerjaan yang membosankan

Pada awalnya, kamu mencintai variasi dan kecepatan kerja yang ada di hadapan. Namun saat pekerjaan berulang itu membuat kamu ingin marah dan sedih, bisa jadi jika kamu sudah tak lagi menikmati pekerjaan yang kamu kerjakan dan ini menyulitkan untuk mencari tahu apa langkah berikutnya.

  • Gagal mencapai target

Kegagalan mencapai target dapat mengakibatkan rendahnya kepuasan diri dalam pekerjaan. Terlebih lagi jika kegagalan ini disertai dengan teguran atasan yang berulang-ulang. Jika ini terjadi terus-menerus, maka akan menyebabkan timbulnya rasa kecewa dan pesimis pada karyawan.

  • Tidak sesuai keinginan

Yang selanjutnya adalah bisa jadi seorang karyawan memasuki tempat kerja bukan karena pekerjaan itu sesuai dengan minatnya, melainkan karena keterpaksaan atau ketidaksengajaan. Jika sudah begitu, maka tak heran kejenuhan akan mudah terjadi karena merasa tak begitu familiar dan sesuai dengan pekerjaan tersebut.

  • Kurang motivasi

Motivasi dalam bekerja itu sangat dibutuhkan dan jika kamu kurang mendapat dukungan dari rekan kerja, tim, atasan atau bahkan diri sendiri, maka kebosanan pun akan lebih mudah muncul. Tim kerja yang solid, biasanya lebih menumbuhkan semangat dan motivasi dalam meraih target bersama-sama.

  • Minat kerja berkurang

Minat kerja karyawan yang rendah terhadap tugasnya akibat dari kurang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi yang semakin berkembang saat ini.

  • Tak seimbang

Ketidakseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi penyebab yang banyak terjadi. Bayangkan jika kamu sudah tak bisa bercengkarama dengan sahabat serta keluarga karena waktu sudah benar-benar habis untuk pekerjaan.

Saat kebutuhan untuk keluarga selalu tersisih oleh kepentingan kantor, ini bisa menjadi pemicu konflik dan membuat kondisi hati lebih tak tertata. Bila perasaan hati tak kondusif seperti ini, hal-hal kecil pun bisa menjadi pemicu kejenuhan bekerja.

Hal itu juga tentunya yang akan membuat kamu tidak bersemangat dalam bekerja atau menyelesaikan tugas di kantor. Apabila semangat mulai menurun, maka dapat dipastikan produktivitas kamu pun akan menurun sehingga berdampak pada hasil atau prestasi kerja yang menurun.

Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Bekerja

Dalam bekerja, tentu saja terkadang rasa bosan datang melanda. Yang perlu kamu lakukan adalah identifikasi apa penyebab kejenuhan dan carilah solusi atas hal tersebut. Jika rasa jenuh saat bekerja itu timbul dari dalam diri maka mulailah dengan menciptakan pikiran yang bersifat positif mengenai bidang pekerjaan kamu tersebut dan tugas-tugas yang telah kamu terima saat ini.

Ciptakanlah rasa syukur atas pekerjaan yang sudah kamu miliki karena masih banyak orang diluar sana yang ingin memiliki dan mejalani pekerjaan seperti yang kamu jalani saat ini. Ada beberapa cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa bosan seperti berikut ini:

  • Menikmati pekerjaan

Jika kamu menikmati pekerjaan yang sedang kamu jalani saat ini, maka seberat apapun tugas atau pekerjaan tersebut pasti akan terasa lebih ringan jika kamu menjalankannya dengan senang hati. Tetapi, jika kamu menjalankannya tidak dengan tulus atau secara terpaksa maka dapat dipastikan pekerjaan ringan tersebut akan terasa lebih berat dan membebani pikiran kamu.

  • Berpikir positif

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas tadi, ketika rasa bosan melanda maka berpikir positif perlu dilakukan. Perlu diketahui bahwa berpikiran negatif justru bisa semakin memperparah rasa bosan dan menyebabkan seseorang melakukan tindakan yang negatif. Berpikir positif sendiri dapat merubah rasa bosan menjadi suatu perubahan baik dalam bekerja karena saat memikirkan hal positif mampu membuat seseorang merasa lebih baik dari sebelumnya dan mengingat tujuan awal.

  • Mendengarkan musik

Coba deh saat akan melakukan pekerjaan, kamu mendengarkan lagu-lagu kesukaan terlebih dahulu. Tidak perlu lama-lama, asalkan kamu menikmati setiap lirik yang ada. Pilihan lagu-lagu yang nge-beat bisa kamu jadikan pilihan. Iramanya yang sedikit menghentak akan membuat semangatmu naik lagi. Nah kalo semangat udah naik lagi, rasa bosan akan pekerjaan akan perlahan terkikis.

  • Berinteraksi dengan rekan kerja

Hal ini akan sangat membantu ketika kamu mulai merasa bosan dan suntuk dalam bekerja. Cobalah untuk mengobrol dengan rekan kerja kamu. Namun, jangan terus menerus berbicara perihal pekerjaan. Carilah beberapa topik yang menyenangkan yang bisa membuat kamu dan rekan kerja kamu tertawa dan bahagia.

Dengan begitu, pikiran kamu pun akan kembali jernih dan sudah siap untuk kembali bekerja tanpa rasa bosan dan suntuk. Selain itu, dengan kecanggihan internet dan teknologi, kamu juga bisa mencari banyak sekali hal yang bisa membuat kamu bahagia melalui internet.

  • Lakukan hal yang menyenangkan

Jika kamu sering merasa bosan dan suntuk ketika bekerja, kamu bisa menggunakan waktu senggang selama beberapa menit saja untuk melakukan hal yang kamu sukai. Seperti berjalan-jalan keluar seperti ke mini market terdekat atau sekedar duduk dan berbincang dengan orang-orang yang kebetulan juga sedang berada diluar kantor kamu seperti tukang parkir, satpam atau pedagang makanan. Cobalah untuk keluar sejenak dari ruangan kerja, hirup udara segar yang ada di sekitar dan berinteraksi dengan orang lain selain rekan kerja dapat mengurangi stres kamu dalam bekerja.

  • Makan cemilan

Makan cemilan, minum kopi atau teh adalah salah satu hal favorit di beberapa tempat kerja. Hal ini juga dapat membantu kamu dalam mengatasi rasa bosan saat bekerja karena selain meningkatkan mood, hal ini juga akan memotivasi kamu untuk bekerja kembali. Jika kamu membuat kopi atau teh sendiri, hal tersebut akan dapat menghabiskan waktu sekitar 1 menit. Lumayan kan sambil meregangkan badan meskipun hanya satu menit.

  • Mengubah suasana kerja

Dengan adanya perubahan suasana tersebut seperti merubah tata letak barang pada meja kerja dan peralatan kantor lain di sekitar kamu serta lebih bersosialisasi dan mengakrabkan diri lagi dengan rekan kerja maka dapat menghilangkan rasa jenuh saat bekerja tersebut secara sedikit demi sedikit.

Lingkungan kerja adalah salah satu hal yang bisa mempengaruhi mood kerja kamu dan sebuah meja kerja yang membosankan, kecil dan berantakan tentu akan dapat mengarah ke kebosanan kerja. Kamu dapat memberikan dekorasi seperti lampu, tanaman atau sejenisnya yang dapat memberikan rasa nyaman. Selain itu, untuk lebih meningkatkan motivasi kamu saat bekerja, mungkin kamu bisa memajang benda atau foto yang bisa membuat kamu bahagia di sekitar tempat bekerja.

  • Belajar hal baru

Mempelajari hal baru merupakan hal yang pasti akan didukung oleh perusahaan kamu. Salah satu contohnya, kamu dapat mengalokasikan 1 – 2 jam waktu luang kamu untuk menggunakan fasilitas pendidikan gratis online yang telah banyak saat ini.

Kamu dapat mempelajari berbagai bahasa asing hingga skill baru seperti skill komputer atau skill bisnis manajemen atau accounting. Kemampuan ini akan membantu meningkatkan kualitas pekerjaan kamu dan menghilangkan kebosanan.

  • Buat rencana liburan

Kalau masih bosan juga, cobalah berhenti dari pekerjaan kamu sejenak. Gunakan waktu kerja kamu untuk merencanakan liburan yang ingin kamu lakukan. Membayangkan hal menyenangkan seperti pergi liburan dapat meningkatkan mood di kantor.

Liburan merupakan salah satu cara efektif dalam menghadapi rasa bosan saat bekerja. Liburan bisa menekan perasaan stres dan emosi negatif pada diri. Jika tidak memilki waktu yang banyak, liburan dapat dilakukan dengan menjelajahi sudut-sudut kota pada akhir pekan saja sudah cukup.

Dampak Jika Kamu Jenuh Ketika Bekerja:

  • Mudah Emosi. Ketika kamu dilanda kejenuhan yang luar biasa, emosi pun menjadi tidak terkontrol sehingga kamu akan menjadi lebih mudah marah dan tersinggung.
  • Sering Tersinggung. Dampak lain dari kejenuhan bekerja adalah menjadi lebih mudah tersinggung. Kamu yang biasanya lebih santai menghadapi hidup, tiba-tiba menjadi sangat sensitif dan menjadi defensif.
  • Pesimis. Pada tingkat ini, kejenuhan yang dialami sudah termasuk sangat mengganggu. Kamu yang sebelumnya selalu berpikir positif kini menjadi sering mengeluh.
  • Pemicu dan dampak kejenuhan dalam bekerja yang harus diwaspadai yang terakhir adalah gangguan Berpikir. Kamu menjadi sulit fokus ketika sedang bekerja, mudah lupa dan sulit mendapatkan ide-ide.

Ya, dalam kehidupan tentu saja sewaktu-waktu akan hadir yang namanya rasa bosan dan jenuh. Bukan hanya jenuh pada pekerjaan saja, bahkan mungkin ada beberapa orang mengalami rasa bosan dalam menjalani hidup. Ketika menemui hal seperti ini, kamu perlu berhenti sejenak untuk merilekskan diri agar diri kembali tenang.

Tetaplah berpikir positif untuk masa depan dan nikmati pekerjaan yang sudah kamu miliki karena di luar sana masih banyak yang tidak seberuntung kamu yang sudah memiliki pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kalian semua…