Thursday, 21 June 2018
tips

Ingin Tampil Percaya Diri? Yuk, Ikuti Tips Berikut Ini

Apakah kamu salah satu orang yang pemalu dan minder? Apakah kamu terkadang ingin seperti teman-teman kamu yang memiliki sikap percaya diri dalam melakukan hal apa pun? Tenang guys, jangan khawatir lagi. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan rasa malu dan meningkatkan rasa percaya diri. Yuk, check it out

Kenapa Ada Orang Yang Memiliki Sikap Tidak Percaya Diri?

Mungkin salah satu kalian ada yang pernah gugup saat berada di depan kelas untuk mempresentasikan hasil tugas. Terkadang itu adalah hal yang sangat mengganggu dan tidak nyaman serta menjadikan seseorang merasa minder. Belum lagi, jika badan mulai gemetaran dan keringat bercucuran meskipun berada di ruangan ber ac.

Tentunya itu akan membuat diri sendiri malu di hadapan teman-teman yang lain. Sebenarnya hal tersebut sudah umum terjadi, karena memang belum terbiasa sehingga masih bisa dibilang wajar-wajar saja.

Sebelum membahas lebih lanjut alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu percaya diri. Percaya diri (self-confidence) adalah kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat dipergunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan hidupnya.

Orang yang percaya diri biasanya mempunyai inisiatif, kreatif dan optimis terhadap masa depan, mampu menyadari kelemahan dan kelebihan diri sendiri, berpikir positif, menganggap semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Orang yang percaya diri biasanya mau mengambil risiko untuk mencapai tujuan pribadi, profesional dan selalu berpikir positif akan masa depan.

Sedangkan orang yang tidak percaya diri ditandai dengan sikap-sikap yang cenderung melemahkan semangat hidupnya seperti minder, pesimis, pasif, apatis dan cenderung apriori. Mereka yang tidak memiliki kepercayaan diri merasa kurang mampu mencapai tujuannya dan cenderung memiliki pandangan negatif kepada dirinya sendiri dan apa yang ingin dia capai dalam hidup.

Rasa percaya diri yang tinggi sebenarnya merujuk kepada beberapa aspek dari kehidupan individu tersebut dimana ia merasa memiliki kompetensi, yakin, mampu dan percaya bahwa dia bisa karena didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang realistik terhadap diri sendiri. Rasa percaya diri yang merupakan kombinasi antara keyakinan pada kemampuan dan penghargaan kepada diri sendiri adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan seorang manusia.

Penyebab dari rasa tidak percaya diri dari diri:

  • Pengaruh lingkungan
  • Merasa tidak punya
  • Trauma dan kegagalan di masa lalu
  • Kurang kasih sayang dari keluarga
  • Merasa bentuk fisik tidak sempurna
  • Trauma atas kejadian buruk di masa lalu
  • Diremehkan atau dikucilkan dari pergaulan
  • Hasil didikan orang tua yang penuh oleh larangan
  • Merasa berpendidikan dan berwawasan rendah
  • Selalu merasa lebih buruk dibandingkan orang lain

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Hal ini bisa dibilang sebuah tantangan yang akan dijalani oleh semua orang, sehingga kamu tidak sendirian dalam masalah ini. Sebenarnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri merupakan hal yang sederhana, dimana kita hanya menerapkan dan membiasakannnya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri:

  • Bersyukur

Bersyukur atas segala yang telah kamu miliki adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang ampuh. Termasuk penampilan fisik. Bersyukurlah jika kamu dilengkapi dengan 5 panca indera yang lengkap. Ada banyak orang yang masih kurang secara fisik, namun mereka mampu untuk berkarya. Seandainya kamu punya cacat fisik pun tetaplah bersyukur, karena dibalik kekurangan pasti ada kelebihan yang Tuhan tanam.

  • Mulailah dengan hal yang baik

Bagaimana pun harimu, pastinya akan memberikan pengaruh besar bagimu untuk menjalani aktivitas sampai malam nanti, termasuk untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Memulai hari dengan penuh energi positif akan lebih memudahkanmu untuk mendapatkan rasa percaya diri dan hari yang baik.

Jangan lupa untuk senyum, kamu tak akan menyangka jika senyum yang paling kecil sekalipun dapat mengendalikan berbagai situasi dan membuat setiap orang merasa lebih nyaman. Senyuman yang kita lakukan tidak hanya bermanfaat agar enak dilihat oleh orang lain, tetapi dapat juga memperbaiki kondisi mood dan psikologis kita sendiri. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif, yang membuat dada akan semakin lapang dan menumbuhkan rasa percaya diri dan juga rasa kasih sayang terhadap sesama.

  • Ubahlah pola pikir

Mungkin kamu selalu merasa malu, gugup dan cenderung diam jika sedang berada di tengah orang banyak. Cobalah mencari tahu apa sebabnya sampai kamu seperti itu atau merasa takut. Dengan mengetahui apa yang membuat kamu merasa malu, kamu bisa lebih cepat mengatasinya.

Sadar atau tidak, rasa tidak percaya diri itu hadir karena kamu terlalu takut dan cemas akan hasil yang kelak didapat. Padahal, sebenarnya rasa takut dan cemas itu tidak perlu untuk kamu rasakan. Kamu harus menghentikan pikiran negatif karena akan membuat kamu krisis kepercayaan diri. Letakkanlah fokus pikiranmu hanya pada hal-hal positif saja.

  • Kenali kelebihan yang dimiliki

Semua orang pasti diberkahi dengan bakat-bakat tertentu sehingga tugas semua orang adalah mengenali apa bakat yang dimilikinya dan apa saja kelebihan yang dimiliki. Mengetahui kelebihan atau secara umum kemampuan pada diri sendiri adalah hal yang sangat penting dilakukan, karena hal ini bisa memacu percaya diri seseorang. Setelah mengetahui kemampuan yang menjadi kelebihan kamu, kembangkan terus agar semakin baik lagi.

  • Perbaiki penampilan

Terkadang rasa kurang diri disebabkan oleh penampilan. Oleh karena itu, untuk membangun rasa percaya diri kamu perbaiki penampilan kamu. Sebagai contoh, jika kamu seorang laki-laki yang hendak bertemu wanita, tata rambut kamu dengan rapi, misalnya dengan menggunakan jelly.  Jika diperlukan, pergi ke salon untuk mencukur atau merapikan rambut kamu.

Tidak hanya berhenti di rambut, kamu bisa juga mewangikan tubuh kamu dengan menggunakan deodoran atau parfum. Selain itu, gunakan juga baju yang rapi dan pakai ikat pinggang agar celana kamu tidak kedodoran. Tak ketinggalan juga, rawatlah kulit muka agar wajahmu terlihat lebih cerah dan menarik. Jika sudah mendapat penampilan yang baik, secara otomatis kepercayaan pasti akan meningkat.

  • Pilih teman-teman yang men-support

Teman-teman yang buruk sangat mungkin untuk “menularkan pikiran negatif”. Sehingga jangan tempatkan diri kamu di tengah para pengeluh. Lebih baik, pilih teman-teman yang bisa secara nyata memberikan support dan semangat bagi diri kamu. Atau minimal teman-teman kamu adalah orang yang memiliki karakter bagus yang nantinya hal bagus tersebut akan menular ke diri kamu.

Dengan begitu akan membuat kamu lebih bersemangat dan berenergi dalam menjalani hidup yang hal ini mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kamu. Di antara orang-orang yang mengisi hidup kamu, pikirkan siapa saja yang benar-benar bisa membuat kamu merasa hebat. Buatlah rencana untuk melewatkan waktu dengan orang-orang yang selalu mendukung dan menyemangati kamu.

  • Tambah pengetahuan

Buku adalah gudang ilmu dan meskipun sekarang ini banyak informasi gratis bertebaran di internet, buku memiliki sejumlah manfaat yang tidak ada di informasi gratis tersebut. Secara umum, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan memperbanyak pengetahuan yang kamu miliki.

Misalnya saat akan presentasi materi kuliah, jangan hanya terpaku pada 1 diktat saja. Perkaya pengetahuanmu mengenai materi tersebut dengan membaca buku, diktat dan jurnal penunjang lainnya. Bukan hanya kamu akan semakin pintar, kamu pun akan merasa lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan kelak. Itu karena kamu sudah banyak referensi yang dibaca.

  • Jangan harapkan kesempurnaan

Tidak ada orang yang sempurna. Jadi, kamu tidak perlu merasa frustrasi dan jangan biarkan hal ini mempengaruhi perasaan berharga di dalam diri kamu. Jika dibiarkan, rasa frustrasi bisa menimbulkan rasa tidak aman dan depresi. Akuilah dan hargailah kelebihan kamu alih-alih hanya berfokus pada aspek yang harus kamu perbaiki.

Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain yang tidak akan ada habisnya, karena di atas langit selalu ada langit yang lebih tinggi. Menerima apa yang sudah Tuhan berikan adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang ampuh.

Bertahanlah pada standar yang kamu miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat. Kamu tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar kamu menerimanya.

  • Gunakan media sosial

Jika kamu memang pemalu, perkenalkan diri  melalui media sosial agar kamu bisa mengenal seseorang dengan lebih baik. Cara ini tidak bisa menggantikan interaksi sosial, tetapi media sosial akan membuat kamu merasa lebih nyaman untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ingin kamu kenal lebih jauh.

Manfaat Percaya Diri

Rasa percaya diri yang dimiliki adalah hal yang sangat penting. Percaya diri adalah modal dasar yang harus dimiliki untuk mencapai keberhasilan dalam hidup. Rasa percaya diri mampu membantu kamu menjadi lebih baik dan mampu menghadapi setiap masalah yang ada di kehidupan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat jika memiliki sikap percaya diri:

  • Mampu menunjukan jati diri

Dalam kehidupan bersosial, kamu akan dituntut untuk mampu berinteraksi dengan orang lain. Kebanyakan orang yang memiliki rasa percaya diri rendah akan merasa dirinya lemah sehingga dalam berinteraksi ia akan berusaha menjadi orang lain daripada dirinya sendiri. Hal ini tentu suatu bentuk dari kebohongan dan ingatlah interaksi sosial mengandalkan kebohongan tidak akan bertahan lama.

  • Selalu bersemangat

Semangat yang kuat adalah hal yang diperlukan dalam usaha untuk mencapai tujuan-tujuan hidup yang telah ditetapkan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Membangkitkan rasa percaya diri berarti secara langsung juga membangkitkan semangat kerja dan berproses untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah disusun.

  • Tidak mudah terpengaruh

Di zaman yang semakin canggih ini, banyak sekali bisnis penipuan yang menjanjikan kesuksesan dan dengan mudahnya berkembang dengan baik di masyarakat. Hal ini dipengaruhi oleh lemahnya percaya diri masyarakat sehingga mudah terpengaruh oleh hal tersebut.

Namun, jika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi, hal yang seperti itu tidak akan mampu mempengaruhi pikiran kamu. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi mempunyai pikiran yang teguh dan realistis sehingga tidak mudah terpengaruh dengan sikap dan omongan orang lain.