Thursday, 20 September 2018
Technology

“Treepex”, Alat Pengubah Karbon Dioksida Menjadi Oksigen

Hai sobat sekalian, pernahkah kamu bersyukur dalam menjalani hidup? Kalau kamu masih kurang bersyukur, coba kamu ingat hal yang paling gampang buat dijadiin contoh. Misalnya saja nih ya kalau untuk bernafas aja kita harus bayar, udah berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk menyambung hidup dan tetap bernafas? Nah dari situ saja kita patut bersyukur bukan?

Ngomongin masalah bernafas, tentu kita membutuhkan oksigen bukan? Nah ada sebuah alat yang bisa mengubah karbondioksida menjadi oksigen lho, jadi kamu gak usah khawatir untuk pergi ke tempat yang banyak polusinya atau ke tempat yang membuat kamu susah bernafas. Kira-kira gimana sih bentuknya? Daripada penasaran, mari kita simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Oksigen?

Oksigen adalah gas unsur kimia yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa yang muncul dalam kelimpahan yang besar di bumi, terperangkap oleh atmosfer. Banyak orang yang akrab dengan oksigen, karena merupakan komponen vital dari proses respirasi. Tanpa oksigen, sebagian besar organisme akan mati dalam beberapa menit. Oksigen sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, karena oksigen dapat membantu perombakan bahan makanan dalam tubuh.

Oksigen merupakan elemen penting bagi kehidupan di Bumi. Ini adalah unsur yang paling berlimpah dan terdapat dalam tubuh manusia sampai sekitar 65% dari massa tubuh. Sepanjang hidup semua makhluk hidup harus memasukkan oksigen ke dalam tubuhnya secara terus-menerus dan tidak boleh berhenti. Sel-sel tubuh akan rusak atau mati bila tidak mendapatkan oksigen dalam jangka waktu tertentu. Sel otak akan mati atau rusak bila tidak mendapatkan oksigen selama 3-4 menit.

Dari mana oksigen diperoleh? Oksigen yang dibutuhkan diperoleh melalui pernafasan. Pernafasan adalah proses pertukaran gas yang berasal dari makhluk hidup dengan gas yang ada di lingkungannya. Pernafasan dapat dilakukan dengan adanya alat-alat yang menyusun sistem pernafasan.

Tanpa hal tersebut, mahkluk hidup tidak akan pernah bisa melakukan proses pernafasan. Alat-alat itu antara lain hidung, laring, trakea dan paru-paru. Kita dapat hidup tanpa makanan dan minuman selama beberapa hari, tetapi kita tidak dapat hidup tanpa bernafas. Kita perlu bernafas untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh setiap waktu.

Fakta Menarik tentang Oksigen:

  • Oksigen lebih mudah larut dalam air dingin daripada di air hangat.
  • Air dapat dikonversi menjadi hidrogen dan oksigen melalui elektrolisis.
  • Oksigen yang ditemukan di udara dihasilkan oleh fotosintesis. Tanpa tanaman, akan sangat sedikit oksigen di udara.
  • Dalam tata surya, hanya Bumi yang memiliki persentase oksigen yang tinggi.
  • Atom oksigen membentuk bagian penting dari protein dan DNA dalam tubuh kita.
  • Proses oksigen yang bergabung dengan atom lain untuk membuat senyawa yang disebut oksidasi.

Alat Penghasil Oksigen

Saat ini polusi udara menjadi permasalahan yang pelik bagi masyarakat di kota besar sehingga membawa pengaruh buruk bagi orang-orang di sekitar. Selain mengganggu kenyamanan, berada di tempat yang rentan dengan polusi udara sangat berbahaya bagi pernafasan.

Kamu mau tetap aman bernafas meskipun disekeliling kamu banyak polusi? Jangan khawatir, gunakan saja alat “Treepex”. Treepex merupakan sebuah perangkat berteknologi CRISPR yang mampu memberikan solusi terhadap masalah polusi udara yang terus berkembang dan semakin buruk. Alat ini mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang mudah dibawa kemana saja. Treepex berbentuk seperti sebuah tong yang diduga menggunakan sel-sel tanaman hidup. Sel-sel itu ditempatkan dalam tabung yang dapat diganti untuk mengubah karbon menjadi oksigen.

Treepex dikembangkan oleh sebuah starup di Tbilisi, Georgia. Penemunya adalah Bacho Khachidze dan Lashe Kvantaliani. Cara kerjanya berusaha menyamai kemampuan sebuah pohon untuk mengubah polusi udara menjadi udara yang kaya dengan mineral. Alat ini terdengar seperti sebuah permainan pengubah udara, tetapi tidak seorang pun tahu apakah alat ini benar-benar bekerja demikian.

Perusahaan itu mengklaim bahwa Treepex memberikan sebuah solusi nyata dimana berkembangnya masalah polusi udara di dunia. Dengan menggunakan teknologi yang disebut CRISPR itu, perusahaan tersebut rupanya mampu “mengekstrak DNA sesungguhnya dari pohon untuk menciptakan kembali sel-sel hidup yang bertanggung jawab bagi fotosintesis.”

Sel-sel itu dipadatkan di dalam sebuah selongsong yang akan menyerap polusi udara, kemudian dikeluarkan kembali menjadi udara yang bersih dan segar bagi penggunanya. Penggunanya cukup memasukkan selongsong itu ke dalam tabung atau pipa Treepex. Masukkan alat ini ke dalam mulut dan jepit dengan gigi, lalu bernafaslah seperti biasa.

Treepex mampu mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang bermanfaat bagi tubuh. Treepex dibuat dengan material stainless steel yang diklaim mampu bertahan lama. Bahan yang digunakan merupakan 100 % bahan daur ulang. Selain itu, dengan teknologi wireless charging, pengguna cukup melakukan pengisian selama 30 menit untuk menikmati manfaatnya selama 24 jam penuh.

Perangkat pintar ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi yang tersedia untuk platform Android dan iOS. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memonitor status perangkat. Tak hanya itu, Treepex juga memiliki kemampuan tahan terhadap air.

Bayangkan bila kamu sedang berolahraga dengan sepeda, daripada menghirup gas buangan dari mobil, lebih baik kamu menghirup udara bersih dengan Treepex. Apalagi kalau kamu tinggal di salah satu kota terpolusi di dunia. Dengan menggunakan Treepex, kamu dapat berjalan-jalan tanpa rasa cemas akan ‘membunuh diri sendiri’ karena polusi yang tersebar.

Ya itulah alat canggih yang dapat mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? Jika kamu memilikinya, kamu gak perlu khawatir akan kehabisan oksigen bersih. Tak hanya itu saja, alat tersebut juga gampang dibawa kemana-mana kok. Oke sampai di sini dulu ya pembahasan kita kali ini, sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya bye bye…