Sunday, 17 December 2017
Technology

Tahukah Kamu Siapa Penemu Flashdisk? Ternyata Ini Orangnya

Hai sobat sekalian, apa kabarnya nih? Semoga dalam keadaan sehat-sehat aja ya, amin. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang flashdisk. Sudah bukan hal yang asing lagi untuk diketahui oleh banyak orang apa fungsi benda yang satu ini. Ya, untuk sebagian orang memiliki flashdisk adalah hal yang sangat penting. Tapi, kamu tahu gak sih siapa penemu benda penting ini? Atau kamu tahu memakainya aja? Okey untuk mengetahui informasinya lebih lanjut lagi siapa pencipta flashdisk ini, yuk langsung aja kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Sejarah

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Ini terjadi karena di dalam flashdisk terdapat sebuah controller dan memori yang mampu menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik yang ada pada flashdisk sudah diputuskan oleh user.

Hampir seluruh orang memiliki benda ini yang biasanya untuk menyimpan data pribadi, tugas kuliah atau pun untuk data pekerjaan. Ngmongin soal flashdisk nih ya, kamu tahu gak siapa penemunya? Ya, dia adalah Dr. Fujio Masuoka, seorang warga negara Jepang yang lahir di kota Takasaki, Gunma, Jepang pada tanggal 8 Mei 1943.

Masuoka merupakan seorang penemu flashdisk memory dengan proses perjalanan yang cukup panjang. Ketika ia berusia 10 tahun, ibunya mendorong dia untuk belajar matematika dan menyewa seorang guru pribadi. Pada saat ia berusia 12 tahun, Masuoka berhasil menguasai matematika.

Selain memahami ilmu matematika, Masuoka juga mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang ekonomi dan hukum. Sebagai hasil dari semuanya, Beliau meraih gelar Bachelor of Science, Master of Science dan PhD di bidang teknik listrik dari Tohoku University masing-masing di tahun 1966, 1968 dan 1971. Segera setelah lulus, Masuoka bergabung Toshiba Research and Development Center pada bulan April 1971.

Selama 3 bulan menjalani pekerjaan barunya, Dr Yoshiyuki Takeishi yang merupakan pimpinan perusahaan Toshiba menunjukkan sebuah Memori Ultraviolet Erasable Intel Elektrik Programmable (UV EPROM) kepada Masuoka, kemudian ia tertarik untuk mempelajari teknologi Intel tersebut. Dengan ketekunan dan kerja kerasnya, Masuoka membuat terobosan semisal memori yang memiliki struktur poli silicon ganda signifikan (1972-1984), pengembangan memori dengan kapasitas 1 Mbit DRAM (1977)ketika ia pindah ke divisi semikonduktor Toshiba.

Tahun 1980 Masuoka dipindahkan ke divisi produk rekayasa memori Toshiba, hal ini dimaksudkan untuk memulai karyanya pada pengembangan memori flash. Ia kemudian bergeser ke divisi desain memori rekayasa Toshiba pada tahun 1984, di mana ia menyempurnakan dan dipatenkan memori flash NOR yang kemudian dipresentasikannya pada Pertemuan International Electron Device (IEDM) di San Francisco.

Setahun kemudian, ia mulai mengembangkan karyanya yaitu flash memory 256 Kbit. Pada bulan April 1987, Masuoka kembali ke Toshiba Research and Development Center. Ia mencoba beberapa eksperimen yang kemudian berhasil mengembangkan NAND-type flash memory lebih maju dan menjadi cikal bakal flashdisk, namun terobosannya itu belum siap untuk dikomersilakan.

Untuk membuat dan memproduksi pra-fabrikasi komersial chip memori flash 4 Mbit, Masuoka membutuhkan biaya sekitar 10 juta yen. Dana itu dimaksudkan untuk mengembangkan teknologi tinggi yang diproyeksikan untuk berbagai pola sirkuit pada setiap lapisan mikroprosesor. Dengan kebutuhan penggunaan sebesar itu, Toshiba awalnya enggan untuk berinvestasi. Namun dengan semangat dan kepercayaan akan penemuannya itu, Masuoka meyakinkan Toshiba’s consumer electronics research executives bahwa chip flash memori 4 Mbit dapat digunakan bahkan untuk kamera digital sekalipun.

Pada tahun 1989, Masuoka terus mengembangkan dan mempresentasikan flashdisk 4 Mbit NAND-type flash memory pada Konferensi Solid-State Sirkuit Internasional (ISSCC) di New York City. Dan kemudian pada tahun 1994, Masuoka bergabung dengan Tohoku University di mana ia menjadi profesor selama 13 tahun sebelum diangkat sebagai Profesor dari universitas Lembaga Penelitian Komunikasi Listrik.

Untuk karyanya pada memori flash, Masuoka telah menerima berbagai penghargaan termasuk penghargaan di Negaranya sendiri, Jepang yakni hadiah dari Perdana Menteri Jepang Watanabe pada tahun 1977 dan Penghargaan Penemuan Nasional pada tahun 1980. Pada tahun 2007 silam, Masuoka bahkan dianugerahi Medali Ribbon Purple oleh Kaisar Akihito.

Fungsi Flashdisk

Flashdisk memiliki fungsi untuk menyimpan dan memindahkan data dalam berbagai format dalam kapasitas yang cukup besar. Kamu juga bisa menggunakan flashdisk untuk menjalankan aplikasi dan sistem operasi portable. Flashdisk juga dapat digunakan untuk media instalasi sistem operasi baru untuk komputer kamu tanpa menggunakan DVD sebagai media instalasinya.

Kelebihan flashdisk:

  • Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.
  • Memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaanya yang simple. Sebuah flashdisk dapat berumur 10 tahun jika cara penggunaanya tepat. Cara penggunaan yang dimaksud di sini ialah menghindari pencabutan flashdisk secara paksa karena dapat menyebabkan data yang disimpan dan ditulis flashdisk menjadi rusak sehingga data pada flashdisk tidak dapat dibuka lagi. Pengguna flashdisk disarankan melakukan pencabutan flashdisk dengan cara aman dan ini akan sangat berpengaruh pada umur flashdisk karena hubungan baca/tulis yang terjadi antara komputer dan flashdisk sudah diamankan terlebih dahulu dan arus pendek listrik yang dapat merusak komponen – komponen flashdisk dapat dicegah.
  • Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan baik untuk anak sekolahan maupun orang umum sekalipun.

Kekurangan flashdisk:

  • Mudah hilang karena ukurannya yang kecil
  • Saat terletak di dalam kantong pada baju atau celana ada kemungkinan terendam air saat kamu lupa mengeluarkannya dari saku tersebut.

Flashdisk bisa dibilang merupakan salah satu aksesori wajib bagi pemilik laptop atau komputer. Kapasitas flashdisk pun seiring dengan kemajuan teknologi kian besar. Belasan tahun lalu, kapasitas flashdisk masih di kisaran puluhan atau ratusan MB tetapi kini kapasitas flashdisk sudah mencapai satuan TB. Sebut saja Kingston yang awal tahun 2017 memamerkan flashdisk berkapasitas 2TB di ajang CES 2017.

Fakta Yang Mungkin Belum Diketahui Orang

Perangkat ini biasa digunakan oleh setiap orang untuk menyimpan atau memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya. Ya, penggunaannya memang sudah tidak asing lagi. Tapi, tak banyak orang yang mengetahui bahwa Flash Disk ternyata memiliki fungsi tersembunyi sehingga memiliki kemampuan untuk beberapa hal yang mengagumkan. Kira-kira apa saja ya fungsi tersembunyinya? Yuk, lihat jawabannya di bawah sini.

Menghubungkan ke jaringan Wi-Fi secara cepat

Flash Disk ternyata bisa digunakan untuk menghubungkan (connect) komputer ke jaringan Wi-Fi secara cepat sesegera mungkin tanpa harus memasukkan kata kunci (password) berulangkali. Hal ini dimungkinkan karena windows mempunyai fitur yang bisa menyimpan nama jaringan Wi-Fi yang telah digunakan. Kemudian data tersebut bisa kita simpan di flashdisk dengan cara klik ikon wireless – klik kanan Wi-Fi yang baru saja digunakan>properties.

Perhatikan Tab Connection, klik link Copy this network profile to a USB Flash drive – klik Next, maka seketika windows akan menyalin konfigurasi dan pengaturan profile tersebut ke flashdisk. Untuk menggunakan di komputer lain, colokkan flashdisk dan double klik file setup SNK.exe maka profil jaringan akan segera terinstal dan komputer sudah siap untuk dikoneksikan.

Meningkatkan kecepatan komputer

Flashdisk juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja komputer yang lambat. Dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama readyboost. Jika kinerja hard disk lebih lambat dari flashdisk kamu, readyboost akan membaca cache file yang sering dibuka dari flashdisk sehingga bisa meningkatkan kecepatan komputer.

Menginstall webserver portable

Memiliki web server yang bisa dibawa ke mana mana tentu saja mengasyikan dan hal itulah yang bisa kamu lakukan dengan flashdisk, sebab flashdisk dapat digunakan untuk web server portable. Dengan menginstall server2go pada flashdisk, kamu bisa menjalankan web server dengan cepat di komputer manapun tanpa harus melakukan instalasi lagi. Jika kamu seorang web developer, tentu saja ini akan sangat membantu sebab kamu bisa melakukan presentasi di mana saja dengan web server di kantong kamu.

Mengunci dan membuka komputer

Flashdisk dapat digunakan sebagai sebuah “kunci” untuk mengunci dan membuka perangkat komputer kamu. Seperti dalam sebuah film fiksi, kamu cukup mecolokkan flashdisk untuk membuka dan ketika flashdisk dicabut maka seketika komputer PC akan otomatis terkunci (locked).

Untuk menggunakan fungsi ini, kamu harus memasang aplikasi bernama Predator. Fitus tersembunyi flashdisk ini akan berfungsi layaknya “Lock Function Manual Windows”, hanya saja jika menggunakan flashdisk kamu tak perlu repot-repot memasukkan kata kunci.

Membuat disk reset password

Sebuah disk reset password yang benar-benar dapat berguna jika kamu lupa password untuk account pengguna kamu pada sistem Windows yang bukan merupakan bagian dari domain. Jika kamu berada dalam situasi itu, kamu dapat menggunakan password reset disk untuk reset password kamu agar dapat kembali ke user account kamu.

Sebagai pemutar MP3

Apakah kamu suka mendengarkan musik ketika kamu menggunakan komputer di kantor, tapi kamu tidak memiliki MP3 player? Jika iya, kamu dapat menggunakan USB flash drive sebagai pemutar MP3 bersamaan dengan Windows Media Player dan satu set headphone. Hanya menyalin file MP3 kamu ke flash drive USB, colokkan ke komputer kamu dan langsung Windows Media Player untuk membuat sebuah daftar lagu-lagu pada drive kamu. Kamu dapat menggunakan semua fitur pemutaran Windows Media Player seperti playlist dan favorit untuk dengan mudah menyesuaikan pengalaman mendengarkan musik kamu dan terbaik dari semua serta kamu tidak usah khawatir tentang kehabisan daya baterai.

Tips Agar Flashdisk Awet

  • Jauhkan flashdisk dari medan magnet seperti misalnya TV, HP atau speaker yg tidak dilengkapi pelindung magnet.
  • Lebih baik menyimpan file berukuran besar dalam jumlah sedikit daripada menyimpan file berukuran kecil dalam jumlah banyak. Menyimpan file dalam jumlah banyak mengakibatkan banyak proses tulis ke flashdisk yang berarti memperpendek umur pakai flashdisk.
  • Jika sudah tidak dipakai, lepas flashdisk dari colokannya. Selama flashdisk masih masih menancap pada colokan maka flashdisk akan dialiri arus listrik yang tentunya juga mengurangi umur pakai flashdisk.
  • Format NTFS menyimpan lebih banyak informasi sehingga akan terjadi lebih banyak proses baca-tulis pada flashdisk yang tentunya mengurangi umur pakai flashdisk.
  • Jangan sering bekerja langsung pada flashdisk misalkan mengedit dokumen Microsoft Word atau Microsoft Excel yang filenya langsung disimpan pada flashdisk. Hal ini mengakibatkan banyak proses tulis ke flashdisk, lebih baik copy dahulu ke harddisk dan setelah selesai bekerja silahkan copy kembali ke flashdisk.

Ya demikianlah kurang lebih ulasan di atas tersebut tentang sejarah flashdisk dan penjelasan sedikit tentang fungsinya, gimana? Sudah tahu sekarang kan siapa penemu flashdisk? Nah kalau begitu sampai di sini dulu ya pembahasan kita, sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.