Sunday, 19 August 2018
pengetahuan

Galau Datang Melanda? Jangan Khawatir, Atasi Saja Dengan Berenang

BERENANG adalah kegiatan yang disukai oleh semua orang, apalagi anak-anak pasti sangat senang bermain air di kolam renang. Banyak orang yang memanfaatkan hari liburnya untuk pergi ke kolam renang, selain untuk merilekskan ternyata berenang juga bermanfaat untuk kesehatan dan mengatasi galau. What, galau? Yap, gak percaya? Yuk, baca artikel ini.

Pengertian Berenang

Berenang adalah gerakan sewaktu di dalam air, biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dilakukan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air untuk mencari ikan, mandi atau melakukan olahraga air.

Ternyata renang pun terbukti sebagai olahraga terbaik bagi tubuh kita. Beberapa waktu lalu, renang dinobatkan sebagai olahraga terbaik bagi tubuh karena olahraga ini memberikan begitu banyak manfaat positif bagi manusia. Di samping itu, berenang juga termasuk olahraga mudah yang bisa kamu lakukan kapan pun.

Ada beberapa alasan kenapa renang begitu baik bagi tubuh kita. Alasan pertama adalah karena media air bersifat menenangkan. Sejak lama air memang dipercaya sebagai simbol pembaharuan dan pembersihan bagi manusia. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam berbagai macam penelitian. Kegiatan renang ini juga bisa dilakukan oleh segala usia termasuk anak bayi. Bayi pun bisa berenang dan banyak orang tua yang mengajarkan anak mereka berenang sejak dini. Berenang memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya melatih pernafasan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meninggikan badan, menyehatkan jantung, meningkatkan kebugaran dan masih banyak yang lainnya.

Macam – Macam Gaya Renang

Renang juga memiliki berbagai macam gaya dan teknik dalam berenang seperti berikut ini:

Gaya bebas

Renang dengan gaya ini juga disebut free swim, yaitu gaya renang dengan posisi dada menghadap kedalam permukaan air. Sedangkan kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh dengan kuat agar memperoleh kecepatan penuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.

Saat berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Untuk mengambil nafas dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Anda dapat mengambil napas saat menoleh ke kanan atau kiri. Gaya Bebas ini merupakan gaya renang yang paling cepat membuat tubuh melaju saat di kolam renang.

Gaya kupu-kupu

Gaya ini adalah gaya renang yang dimana posisi dada menghadap ke permukaan air. Kemudian kedua belah lengan ditekan ke bawah secara bersamaan dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sedangkan untuk kedua belah kaki menendang ke bawah secara bersamaan dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Untuk mengambil nafas hal yang dilakukan adalah udara dihembuskan dengan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Gaya punggung

Gaya ini dilakukan dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan pada gaya punggung ini hampir sama dengan gaya bebas namun dengan posisi tubuh terlentang di permukaan air. Tekniknya adalah kedua tangan digerakan secara bergantian menuju pinggang seperti gerakan mengayuh, mulut dan hidung berada di permukaan air sehingga mudah untuk mengambil dan membuang nafas dengan mulut ataupun hidung.

Gaya dada

Gaya renang yang satu ini adalah gaya yang paling sering dilakukan saat berenang. Pada saat melakukan gaya ini posisi tubuh secara stabil serta kepala dapat berada di luar air dengan waktu yang cukup lama. Gaya dada ini biasanya juga disebut dengan gaya katak. Pengertian gaya dada adalah cara berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapi gaya ini berbeda dengan gaya bebas dan pada gaya ini batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.

Renang Bisa Atasi Kesedihan

Sedih? Kecewa? Gimana cara kamu mengatasi hal tersebut? Apa cuma mendengarkan lagu dengan earphone atau dengan shopping? Hmmm mulai sekarang gak usah deh buang-buang uang banyak untuk shopping hanya karena untuk menghilangkan kesedihan. So, harus gimana? Kalau galau melanda, kamu bisa pergi berenang untuk mengatasinya.

Kesedihan memang hal wajar yang bisa dirasakan setiap orang dan ketika itu juga pasti akan kehilangan semangat, lesu ataupun putus asa. Kesedihan dan rasa kecewa yang tidak diatasi dapat berujung pada depresi klinis. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research menemukan bahwa orang yang suka memendam emosi mengalami peningkatan risiko kematian dini akibat penyakit jantung koroner.

Lalu kenapa berenang bisa mengatasi kesedihan? Ketika kamu sedang berenang, tubuh kamu akan melepaskan endorfin, senyawa alami di dalam otak yang bisa memunculkan perasaan bahagia bahkan euforia. Zat endorfin ini yang akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stres dan meningkatkan perasaan senang.

Kegiatan berenang ini bisa menghentikan hormon stres yang menghasilkan respon fight-or-flight, mengubah rasa cemas karena sedih menjadi perasaan yang lebih rileks dan tenang. Secara sederhana, berenang bisa merangsang suatu senyawa kimia di otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf. Olahraga seperti berenang mampu mempengaruhi serotonin yang menghasilkan atrial natriuretic peptide (ANP). ANP adalah untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh, namun baru-baru ini ditemukan bahwa ANP membantu menghilangkan stres dengan cara mengendalikan respons otak terhadap kecemasan dan stres.

Dengan berenang tubuh akan menjadi lebih fit dan baik, maka pikiran pun sudah pasti akan membaik. Nah gimana. asyik kan? Melakukan kegiatan renang akan mendapatkan nilai plus, selain bisa menghilangkan kesedihan tentu saja tubuh pun akan sehat. Galau? Renang aja guys….