Monday, 23 October 2017
otomotif

Bajaj Qute, Kendaraan Pengganti Bemo Yang Serupa Dengan Mobil

Haii guys ketemu lagi kita ya, kira-kira apa yang akan kita bahas kali ini ya? Hmmm gimana kalau kita membahas tentang bajaj? Pernah gak kamu naik bajaj guys? Nah kalau misalnya pernah, tau gak darimana asal bajaj tersebut? Hayooo tingtong-tingtong sambil naikkan alis pasti kan? Oke daripada kamu kebingungan, silahkan baca artikel yang satu ini ya.

Pengertian Bajaj

Bajaj merupakan angkutan yang diperkenalkan di Jakarta untuk menggantikan becak pada tahun 1970an, kendaraan ini menggunakan mesin 2 tak yang merupakan modifikasi skuter merk Bajaj (dibawah liasensi Vespa) buatan India. Bajaj berkembang dengan pesat karena menggunakan mesin yang bandel. Selain di Jakarta juga dipasarkan dibeberapa kota lain diluar Jakarta.

Kendaraan ini di ekspor dari India ke Indonesia yang diproduksi oleh PT Bajaj Auto dan sekarang juga dari TVS Motor dan Piaggio. Sejak 40 tahun, PT Bajaj Auto yang mengekspor kendaraan ini dan setelah diperkenalkan Bajaj menggunakan Gas (CNG) di Jakarta maka perusahaan TVS Motor juga mulai mengirim ke Indonesia terutama untuk di Jakarta dari India.

PT. Bajaj Auto merupakan perusahaan terbesar di India untuk produsen skuter dan sepeda motor. Perusahaan industri India yang tetap eksis dalam persaingan terhadap produsen dengan teknologi Jepang dengan investasi pengalaman. Penjualan tertinggi produksi saat itu adalah skuter dengan harga termurah di dunia. Bajaj Auto sebenarnya telah dibentuk pada tanggal 29 November 1945 dan pada saat itu mereknya adalah Bachraj Trading Ltd. Bajaj Group lahir pada awal kemerdekaan India terhadap jajahan Inggris.

Bajaj menjadi terkenal setelah adanya Bajaj Bajuri yaitu serial komedi yang bercerita tentang seorang supir bajaj. Namun, karena diketahui sebagai sumber polusi, bajaj di Jakarta akan segera diganti dengan kendaraan mini lainnya misalnya seperti Kancil namun tidak populer di masyarakat.

Bajaj yang ada di Jakarta ada dua jenis yaitu yang pertama berwarna jingga atau oranye dengan mesin 2 tak berbahan bakar bensin/premium yang diimpor sejak 1975. Yang kedua berwarna biru berbahan bakar gas (meski dengan campuran bensin) yang mulai hadir sekitar tahun 2007.

Mesin bajaj memiliki kapasitas silinder 160 cc. Bodi bajaj terbuat dari metal drum sementara atapnya terbuat dari terpal. Mesin bajaj oranye dinyalakan dengan menarik tuas yang ada di sisi kiri kursi supir, sementara bajaj biru dengan menggunakan kunci seperti mobil. Kemudinya memiliki bentuk yang serupa dengan kemudi sepeda motor. Onderdil (suku cadang) bajaj selain diimpor dari India juga diproduksi di Tegal, Jawa Tengah. Kecepatan normal bajaj adalah 40 km/jam dengan kecepatan maksimal mencapai 70 km/jam.

Apakah bemo sama seperti bajaj?

Bemo merupakan kendaraan bermotor roda tiga yang biasanya digunakan sebagai angkutan umum. Bemo mulai dipergunakan di Indonesia pada awal tahun 1962 di Jakarta untuk menyemarakkan event olahraga Ganefo. Setelah laku keras di Jakarta, bemo mulai merambah ke daerah-daerah lain di Indonesia. Kehadiran bemo dimaksudkan untuk menggantikan becak karena kendaraan ini sangat praktis dan mampu menjangkau jalan-jalan yang sempit dan dapat melaju jauh lebih cepat daripada becak. Bemo bisa mengangkut 8 orang penumpang (6 dibelakang dan 2 di depan termasuk sopir). Mesinnya memakai DAIHATSU MIDGET berkapasitas 305cc dengan power maksimum 12 DK dan memakai bensin campur.  Keduanya memang hampir sama, hanya saja bemo memuat penumpang lebih banyak.

Bajaj Qute Keluaran Terbaru

Transportasi baru ciptaan India berwarna biru dan beroda empat ini diberi nama Bajaj Qute. Bajaj Qute merupakan pengganti dari bemo roda tiga. Bajaj ini dijual dengan harga 65 juta rupiah On the road DKI Jakarta, bemo yang menyerupain mobil ini memiliki 4 kursi yakni 2 di depan dan 2 kursi di belakang. Yang membuat unik adalah masing-masing kursi sudah memiliki sabuk pengaman (seatbelt) untuk keselamatan jika terjadi kecelakaan.

Secara spesifikasi Bajaj Qute ini sangatlah sederhana, desain eksterior terlihat imut dengan dimensi panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm dan tinggi 1.652 mm. Jarak sumbunya 1.925 mm dengan jarak pijak depan dan belakang 1.143 mm. Ground clearance-nya cukup memadai yaitu 180 mm.

Transmisinya menggunakan transmisi sequential 5 percepatan seperti halnya motor bebek, hanya perlu memindahkan gigi dengan menarik tuas ke depan tanpa harus menginjak kopling. Mesinnya sendiri memiliki teknologi Closed loop injection dan tiga buah busi dalam satu silinder agar bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar 36 kilometer per liter.

Bermodalkan mesin motor tersebut, Bajaj Qute memiliki kecepatan maksimum di angka 60 Km/jam saja, tidak seperti mobil pada umumnya. Di dalamnya tidak akan ditemukan AC, Audio, power window atau electric mirror, setirnya-pun belum power steering namun tidak masalah karena bannya sangat kecil dan bobot mobil ini hanya 450 kilogram.

Demikianlah penjelasan tentang bajaj di atas tersebut, sekarang kamu udah tau kan darimana asal bajaj? Bajaj keluaran terbaru ini sangat imut dan simple, kira-kira kamu tertarik gak ya jalan-jalan dengan bajaj ini? Sampai sini dulu pembahasan kita ya, semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu. Bye..bye..