Sunday, 19 August 2018
Olahraga

Bukan Hanya Cowok, Perempuan Juga Wajib Tahu Bela Diri Ini

Di zaman sekarang ini semakin banyak tindak kriminal yang terjadi, baik itu pembunuhan atau pun perampokan. Maka dari itu harusnya semua orang memiliki ilmu bela diri untuk melindungi diri sendiri atau pun orang lain, terutama untuk para wanita harus mempelajarinya karena kaum wanita identik dengan yang namanya lemah. Nah, kira-kira bela diri apa saja ya yang wajib dipelajari kaum wanita? Yuk, simak di bawah ini.

Pengertian

Seni bela diri merupakan satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang itu mempertahankan diri. Bela diri terdiri dari kata bela dan diri yang pengertiannya secara luas adalah metode apapun yang dipakai oleh manusia untuk membela dirinya.

Bela diri diperlukan untuk menghadapi kondisi terdesak seperti ketika dipalak atau dirampok dijalan. Fungsi lainnya adalah untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh, karena berlatih bela diri pada umumnya sama dengan olahraga, namun bedanya adalah gerakan yang digunakan difokuskan untuk mempertahankan diri dan menjatuhkan lawan.

Seni bela diri telah lama wujud dan pada mulanya berkembang di medan pertempuran sebelum secara perlahan-lahan apabila peperangan telah berkurangan dan penggunaan senjata moden mula digunakan secara berleluasa, seni bela diri mula berkembang dikalangan mereka yang bukannya anggota tentera tetapi merupakan orang awam.

Perampokan, pemerkosaan hingga pembegalan yang marak saat ini menjadi ancaman bagi setiap orang yang keluar rumah. Apalagi kondisi minimnya pengawasan keamanan di jalanan juga membuat para wanita yang pulang malam atau jalan sendirian rawan menjadi korban kejahatan. Nah agar kamu tetap aman, alangkah baiknya kamu mempelajari ilmu bela diri seperti di bawah ini:

  • Taekwondo

Taekwondo merupakan seni bela diri asal Korea yang pamornya cukup mendunia. Taekwondo adalah salah satu pilihan seni bela diri untuk wanita yang patut diperhitungkan. Gerakan taekwondo banyak berfokus pada teknik menendang dan meninju sebagai cara pertahanan diri.

Dengan belajar taekowondo, kamu sekaligus belajar teknik mengunci anggota tubuh lawan dengan anggota tubuh sendiri agar si penjahat tak bisa berkutik. Kamu juga jadi lebih waspada kalau sewaktu-waktu ada orang yang mengganggu. Pasalnya, taekoweondo juga melatih reflek dan kekuatan tubuh misalnya dari cara berdiri dengan sikap kuda-kuda yang benar.

  • Muay Thai

Bela diri ini adalah seni beladiri dengan menggunakan tangan kosong kuno yang berasal dari Thailand. Gerakan dasar dari Muay Thai yaitu melakukan serangan ke kepala, badan dan kaki lawannya dengan menggunakan kepalan, sikut, lutut dan tulang kering.

Berasal dari kata mayva (muay) dan Thai yang merupakan nama dari suku di Thailand. Berkembang kurang lebih sekitar 1 abad yang lalu dan sekarang menjadi olahraga nasional negara Thailand. Bela diri Thailand ini menjadi sangat populer ketika Film Ong Bak naik daun beberapa waktu lalu. Muay Thai mempunyai bentuk pukulan yang hampir sama dengan jenis pukulan tinju ala barat. Muay Thai pada masa sekarang juga popular dengan nama lain “Thai Boxing “.

  • Aikido

Seni bela diri untuk wanita yang satu ini berasal dari Jepang. Aikido merupakan gerakan bela yang diajarkan untuk mengalihkan kekuatan penyerang dan menggunakannya untuk melawannya. Aikido bermanfaat bagi wanita karena tidak mengharuskan kamu untuk menjadi lebih kuat.

Bela diri ini bertujuan untuk memanfaatkan energi lawan untuk melemahkan mereka. Cara melindungi diri yang diajarkan oleh Aikido adalah bagaimana kita yang hendak diserang orang jahat dan dapat mengunci gerakannya kemudian melemparnya.

  • Krav Maga

Dalam bahasa ibrani, krav maga berarti pertarungan kontak. Ini adalah sebuah bela diri militer tangan kosong yang dikembangkan di Israel. Teknik dari Krav Maga menekankan pada netralisasi ancaman maksimum dalam konteks “kehidupan nyata”. Dalam seni beladiri Krav Maga tidak ada peraturan, namun dalam teknik membela diri dalam pertarungan, Krav Maga harus menekankan keselamatan diri namun sambil melumpuhkan lawannya dengan cara apapun.

Ada beberapa prinsip dalam Krav Maga yaitu tidak boleh terluka, menetralkan penyerang secepat mungkin, melakukan transisi dari teknik bertahan ke teknik menyerang secepat mungkin, eksploitasi semua reflek alami dalam tubuh, eksploitasi semua bagian tubuh yang mudah diserang termasuk mata, tenggorokan, selangkangan dan lain-lain.

  • Kempo

Seni bela diri lain yang juga masih berasal dari Jepang adalah Kempo, olahraga ini menekankan pada gerakan halus. Awalnya, Kempo merupakan seni bela diri yang dipelajari oleh para Biksu. Seni beladiri ini melarang penggunanya untuk membunuh, menyakiti ataupun menyerang lawan terlebih dahulu.

Karena itulah bela diri ini lebih banyak menggunakan permainan tangan untuk bertahan. Olahraga ini pun banyak dipertandingkan secara nasional dan internasional sehingga kamu pun dengan mudah menjumpai tempat latihan Kempo di kota kamu.

  • Jeet Kune Do

Jeet Kune Do didirikan oleh seniman bela diri terkenal Bruce Lee. Jeet Kune Do mengajarkan penggunanya untuk menghadapi serangan dengan cara yang paling efisien. Mereka diajarkan untuk mencapai target terdekat dengan senjata terdekat yang mereka miliki.

Nah buat para perempuan-perempuan wajib baca nih ya agar terhindar dari bahaya. Kalian harus mempelajari beberapa ilmu bela diri yang sudah disebutkan di atas ya ladies. Semoga informasi ini bermanfaat ya ….