Monday, 23 October 2017
kuliner

Cheese Tea, Menikmati Sensasi Teh Rasa Keju

Suka makan keju? Tikus dong kamu, hehehe. Siapa sih yang gak tau dan gak suka dengan makanan yang satu ini, secara enak gimana gitu. Berbagai macam makananpun banyak yang dicampur dengan bahan keju mulai dari cake sampai es krim. Nah sekarang tidak hanya itu saja guys, ada inovasi terbaru yang diberi nama cheese tea. Penasaran kan? Silahkan lihat penjelasannya di bawah ini.

Pengolahan Keju

Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Pembuatan keju pada dasarnya sama walaupun ada ratusan jenis keju yang diproduksi di seluruh dunia. Keju memiliki gaya dan rasa yang berbeda-beda, tergantung jenis air susu yang digunakan, jenis bakteri atau jamur yang dipakai dalam fermentasi, lama proses fermentasi maupun penyimpanannya.

Kepopuleran keju dikenal di seluruh dunia. Namun, ada yang mengatakan bahwa keju pertama kali dikenal di daerah sekitar Timur Tengah yang tanpa sengaja ditemukan oleh pengembara dari Arab. Secara garis besar ada dua jenis keju, yaitu keju lembut (soft cheese)dan keju keras (hard cheese). Soft cheese merupakan jenis keju lembut seperti cream cheese dan ricotta cheese. Sementara hard cheese seperti parmesan, edam, gouda dan lain-lain.

Selain cokelat, keju adalah salah satu jenis bahan makanan yang memberi rasa berbeda untuk dinikmati sebagai santapan favorit. Jangan bohong deh, kamu pasti sangat menikmati makanan yang ada kejunya kan? Keju memang begitu lezat, selain itu juga keju memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Keju mengandung banyak nutrisi yang hampir sama dengan kandungan nutrisi pada susu. Dalam satu pon keju, terdapat kandungan nutrisi yang sama dengan satu gallon susu. Berikut kandungan gizi yang terdapat pada keju:

Mineral

Mineral yang terkandung dalam keju antara lain kalsium, fosfor dan seng. Kandungan kalsium pada setiap keju tidaklah sama. Tergantung pada proses penggumpalan pada keju, keju yang digumpalkan menggunakan enzim akan memiliki kandungan kalsium lebih besar dua kali lipat daripada keju yang digumpalkan menggunakan asam.

Protein

Keju mengandung protein yang cukup tinggi, bahkan jika mengonsumsi keju sebanyak 100 gram maka akan mampu mencukupi 25% dari kebutuhan protein tubuh.

Vitamin

Keju juga mengandung beberapa vitamin seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6 dan Vitamin B12.

Laktosa

Laktosa pada keju hanya sebesar 4,5% sampai 7,5%.

Racikan Teh Dengan Keju

Jangan pikir hanya makanan saja ya yang bisa dicampur dengan bahan keju. Ternyata sekarang sudah ada minuman yaitu teh yang diracik dengan keju, yap “cheese tea”. Mungkin minum teh udah menjadi kebiasaan setiap orang, bahkan ada orang yang mengkonsumsi teh setiap pagi untuk menggantikan kopi. Tapi, bagaimana dengan teh rasa keju ya?

Cheese tea dibuat seperti kebanyakan bubble tea pada umumnya, bedanya teh ini ada campuran keju. Bukan keju serut apalagi keju mozarela, tapi cheese foam yang dibuat dari campuran keju dan susu yang diaduk sampai berbentuk busa. Minuman ini sedang tren di Taiwan dan berhasil merebut perhatian pengguna internet khususnya di Malaysia.

Minuman ini mulai populer setelah salah satu food blogger asal Malaysia, Ethan Wong menulis di blognya. Ia menyebut bahwa “cheese tea ini patut dicoba. Jumlah keju dan teh yang terdapat di minuman ini menghasilkan rasa yang kompleks dan lezat.” ungkapnya.

Dari berbagai macam merek yang ada di Taiwan, namun yang terkenal dengan kelezatannya adalah merek Regiustea. Kenapa? Ini semua karena cheese tea dari Regiustea dibuat dengan menggunakan keju krim Australia. Dicampur dengan susu kental manis dan bahan lainnya. Sebelum disajikan, daun teh secara khusus direndam di dalam air dingin selama 8 jam untuk mengurangi kadar kafein di dalamnya ataupun teh diseduh dengan cara cold brewed. Setiap gelas cheese tea mengandung 80% keju. Minuman ini menawarkan lapisan krim keju sedikit manis yang dicampur dengan rasa teh hijau. Rasa minuman dingin ini gurih, manis dan menyegarkan. Nyami banget kan.

Regiustea juga memiliki sejumlah varian cheese tea yang lainnya seperti signature choco cheese dan sakura strawberry cheese tea dan satu lagi untuk kamu yang suka durian, ada varian durian cheese yang terbuat dari buah durian dan hanya tersedia di Regiustea.

Nah, itu dia minuman segar teh rasa keju, gimana menurut kamu? Apa kamu udah gak sabar dengan kehadiran minuman tersebut di cafe-cafe Indonesia? Hmmm penasaran juga sih gimana rasanya…