Thursday, 21 June 2018
kuliner

“Bakpao”, Makanan Tradisional Tionghoa Yang Banyak Varian Di Indonesia

Mana nih suaranya yang punya hobi makan? Wah pastinya banyak banget nih para pecinta kuliner yang ada di dunia ini danpastinya  udah gak asing lagi dengan yang namanya bakpao. Kue yang berasal dari Tionghoa ini udah terkenal sejak lama dan rasanya juga sangat enak. Nah untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi tentang kue lezat ini, mari kita simak sama-sama artikel di bawah ini.

Mengulas Tentang Bakpao

Bakpao adalah makanan tradisional Tionghoa dan dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yaitu bak (daging) dan pao (bungkusan) sehingga secara harfiah bakpao berarti bungkusan daging. Kue yang satu ini merupakan salah satu jenis jajanan yang cukup mengenyangkan. Bentuknya yang bulat dengan warna putih dan tekstur yang lembut serta isian yang beraneka ragam membuatnya disukai oleh banyak orang.

Nah seiring berkembangnya zaman, ternyata kue bakpao memiliki berbagai jenis dan bentuk. Kue bakpao juga memiliki aneka rasa menggugah selera yang terus dikembangkan di berbagai negara di dunia. Saat ini berbagai varian isi dari bakpao telah dikenal oleh masyarakat Indonesia mulai dari bakpao isi kacang hijau, isi ayam, isi coklat hingga berbagai jenis isian lainnya. Pada dasarnya pembuatan bakpao ini tidak berbeda dan yang membedakan hanyalah cara membuat isiannya saja.

Berikut adalah macam-macam bakpao yang enak banget dan populer di dunia:

Selain memiliki berbagai bentuk dan rasa, bakpao juga memiliki berbagai sebutan yang berbeda sesuai bentuk dan rasanya lho seperti berikut ini:

  • Shaobao

Bakpao jenis ini umumnya berisi daging ayam dan udang yang telah dicincang halus dan dibumbui. Selain itu, beberapa bakpao jenis ini berisi telur asin setengah matang yang akan meleleh saat dimakan. Ukuran untuk bakpao ini cukup besar dengan diameter mencapai 10 cm. Shaobao biasanya berisi ayam atau udang cincang yang telah dibumbui. Selain itu, telur asin juga digunakan sebagai isian.

  • Doushabao

Rasanya yang manis berasal dari isian pasta kacang merah. Selain kaya serat dan gizi, bakpao ini juga nikmat dikonsumsi saat hangat. Banyak tuh pedagang kaki lima yang jual doushabao ini, biasanya ada tanda titik merah di permukaan bakpaonya. Umumnya, bakpao jenis ini memiliki tekstur lembut sehingga disukai anak-anak. Dengan isian berupa pasta kacang merah yang enak, bakpao ini disukai karena mengandung nutrisi yang baik buat kesehatan.

  • Xiaolongbao

Bakpao jenis ini umumnya berisi daging yang masih terasa juicy saat dikunyah. Tak seperti bakpao-bakpao lain yang berukuran cukup besar, Xiaolongbao memiliki ukuran cukup mini dengan diameter tak lebih dari 5 cm.

Kaya-baozi

Ini merupakan bakpao yang berisi selai srikaya. Rasanya manis dan disukai anak-anak hingga remaja.

  • Naihuangbao

Bakpao jenis ini memiliki warna dan ukuran yang bermacam-macam. Berisi custard manis berwarna kuning, rasanya begitu nikmat dan menggugah selera.

  • Shengjian Mantao

Jika biasanya bakpao dimasak dengan cara dikukus, bakpao jenis Shengjian Mantao dimasak dengan cara digoreng. Isinya adalah daging cincang bisa daging sapi bisa juga daging babi.

  • Yacaibao

Bakpao ini memiliki ciri khas dari lezatnya bumbu rempah khas Negeri Tirai Bambu. Rasa sedapnya makin lengkap dengan tambahan isian daging serta sayuran yang dibumbui itu.

Bakpao varian lainnya:

  • Kacang tanah: Ada satu jenis kacang lagi yang bisa kamu jadikan isian bakpao, yakni kacang tanah. Cara mengolah kacang tanahnya pun beragam. Kamu bisa mengolahnya menjadi pasta atau jika ingin isian yang lebih bertekstur, kamu bisa mencincang kasar kacang tanah tersebut dan memasaknya bersama gula atau coklat.
  • Kelapa: Jika suka isian bakpao yang manis, gurih dan bertekstur, kamu bisa coba bakpao dengan isi parutan kelapa. Ada dua jenis isian kelapa yang bisa kamu pilih, yaitu isian kelapa putih yang terbuat dari campuran kelapa parut dan gula pasir, ada juga enten yang terbuat dari campuran kelapa parut dan gula merah.
  • Cokelat: Biasanya cokelat dibuat menjadi pasta kental agar lebih mudah diisi ke dalam adonan bakpao. Rasa cokelat yang manis dan pekat akan nikmat sekali dipadukan dengan roti bakpao yang empuk dan kenyal.
  • Isian modern: Tak hanya isian yang sudah disebutkan di atas saja, kamu juga bisa coba memodifikasi bakpao dengan berbagai isian modern seperti telur asin, keju, aneka selai buah, pasta ubi, tumis bakso sosis, ragout dan masih banyak lainnya sesuai selera kamu.

Cara Membuat Bakpao

Dalam membuat bakpao, ada baiknya kamu memilih jenis tepung protein rendah yang akan memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tepung terigu protein tinggi. Pada umumnya sih cara pembuatan bakpao itu sama semua, hanya beda di isinya saja. Nah di bawah ini adalah contoh salah satu cara membuat bakpao yang berisi ayam:

Bahan Kulit Bakpao:

  • Tepung terigu protein rendah sebanyak 300 gram
  • Tepung maizena sebanyak 60 gram
  • Ragi instan secukupnya (sekitar 2 sendok teh atau sekitar 8 gram)
  • Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Mentega putih sebanyak 30 gram
  • Gula halus sebanyak 100 gram
  • Air dingin atau air es sebanyak 150 ml

Bahan Isian Bakpao Ayam:

  • Daging ayam sebanyak 200 gram digiling sampai halus
  • Daun bawang 1 batang
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Nah itu dia penjelasan tentang bakpao beserta jenis-jenis isinya, gimana? Benar-benar enak bukan? Cara pembuatannya juga sangat mudah dan tidak ribet. Meski pun bakpao ini adalah makanan tradisional Tionghoa, tapi jangan khawatir guys karena bakpao ada yang berisi kacang merah, kelapa dan cokelat kok buat kamu yang beragama muslim. Sekian dulu ya pembahasan kita kali ini dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Bye bye….