Sunday, 19 August 2018
Info

Tak Hanya Indonesia, Ternyata Arab Saudi Juga Punya Lembah Yang Indah

Hallo sahabat semua apa kabarnya nih? Kali ini kita akan membahas tentang suatu yang ada di Arab Saudi, ya Arab Saudi. Apa yang kamu ketahui tentang negara tersebut? Tentu saja yang terkenal disana adalah gurun pasirnya. Tapi, tahukah kamu kalau disana terdapat lembah yang indah? Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak sama-sama artikel di bawah ini.

Apa Itu Lembah?

Lembah adalah suatu cekungan yang ukurannya panjang di permukaan bumi yang terbentuk dari air dan es yang mengikis pegunungan. Lembah juga sering disebut sebagai bidang daratan yang terperosok. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis.

Lembah gletser yang umumnya berbentuk U terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu akibat erosi gletser. Dan selain berbentuk-U, lembah juga dapat berbentuk-V. Lembah merupakan wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi.

Beberapa contoh lembah yang terkenal di dunia diantaranya:

  1.  Grand Canyon (Amerika Serikat)
  2. Death Valley (Amerika Serikat)
  3. Lembah Indus (Pakistan)

Lembah-Lembah Yang Ada Di Indonesia

Indonesia memang kaya akan tempat wisata terindah yang banyak mendatangan wisatawan mancanegara. Selain memiliki pantai-pantai yang indah, gunung-gunung yang menakjubkan, pulau yang eksotis, Indonesia juga dipenuhi dengan beberapa lembah terindah seperti berikut ini:

  • Lembah Harau

Lembah ini adalah salah satu lembah paling indah di Indonesia yang terletak di kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Lembah ini diapit oleh dua buah bukit cadas terjal dengan ketinggian sekitar 150 meter. Lembah Harau dilingkungi oleh batu pasir warna warni yang terjal dengan ketinggian 100 hingga 500 meter.

  • Lembah Baliem

Lembah Baliem adalah kawasan dataran yang dikelilingi oleh pegunungan Jayawijaya. Lembah Baliem dikenal juga sebagai Grand Baliem Valley dan merupakan tempat tinggal dari Suku Dani yang terletak di Desa Wosilimo, 27 kilometer dari kota Wamena, Papua.

Kawasan lembah ini masih sangat alami sejak pertama kali ditemukan dahulu. Suku-suku lokal seperti Suku Dani yang mendiami kawasan ini terus menjaga Lembah Baliem agar terus alami dan tidak mengizinkan adanya modernisasi yang dianggap merusak alam secara menyeluruh.

Lembah Baliem yang memiliki panjang sekitar 80 kilometer dan lebar 20 kilometer setiap tahunnya selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan untuk menyaksikan Festival Lembah Baliem yaitu sebuah festival adu kekuatan antar suku yang telah berlangsung selama bertahun-tahun secara turun temurun namun aman untuk kamu saksikan.

  • Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah terindah di Indonesia yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai ke Nagari Sianok Anam Suku dan berakhir di Kecamatan Palupuh. Ngarai ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang layak untuk kamu nikmati pesonanya.

  • Lembah Dieng

Objek Wisata Lembah Dieng adalah salah satu Wisata Andalan Kota Malang, Jawa Timur yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di lembah ini kamu akan merasakan suasana yang sejuk, tenang dan nyaman jauh dari kebisingan kota. Di Lembah Dieng telah disediakan tempat reflesing yang disebut dengan Club House Istana Dieng yang dilengkapi dengan sarana olahraga lapangan tenis, tempat fitnes, kolam renang, arena bowling dan biliard.

Lembah Indah Di Arab Saudi

Mendengar tentang Arab Saudi tentu saja tidak jauh-jauh dari padang pasir atau gurun pasir. Yap, Arab Saudi memang sangat lekat dengan citra padang pasir yang panas dan kering. Jika di sana terdapat sebuah lembah yang penuh rerumputan hijau, sungai yang mengalir dan suasana yang sejuk seperti itu yang tidak mungkin.

Jika kamu berpikiran seperti itu, maka kamu salah besar. Di Arab Saudi terdapat lembah yang indah bernama Wadi al-bardani yang memiliki rumput hijau dan sungai yang mengalir. Sungai di sana mengalir sepanjang tahun dari desa Al-Mashbah dan area lain di Asir menuju Wadi Baqrah. Wadi Al-Bardani terletak diantara dua kota, Bin Otyafa dan Al-Asrat.

Pemandangan hijau di sana tampak sempurna dengan struktur area yang berbukit-bukit. Sebagian besar wilayah dimanfaatkan untuk lahan pertanian juga peternakan domba. Pemandangan seperti di negeri tropis yang hijau ini menjadi primadona di negeri padang pasir Arab Saudi.

Seiring berjalannya waktu, Wadi Al-Bardani mulai banyak dikenal. Baik oleh pelancong domestik maupun internasional. Seorang fotografer Arab Saudi ternama, Abdullah bin Shalwan telah mengambil banyak foto di lembah tersebut dan mempublishnya di akun media sosialnya. Amer al-Zein, fotografer terkemuka lainnya juga telah mengambil banyak foto yang memberitahukan keindahan lembah ini.

 

 

 

Yap, itu dia kurang lebih penjelasan mengenai lembah yang ada di Indonesia beserta lembah yang indah di Arab Saudi. Hmm gimana? Lumayan lah ya bisa menambah wawasan kamu setelah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat….