Tuesday, 11 December 2018
Info

“T-Cash”, Uang Digital Yang Mempermudah Pembayaran

Di zaman yang semakin canggih ini, tentu saja teknologi semakin berkembang. Semua hal yang ada di dunia ini dibuat simple dan semakin sederhana, misalnya saja untuk alat pembayaran. Nah, ada sebuah perusahaan yang menciptakan uang digital yang mempermudah para penggunanya. Alat pembayaran tersebut adalah T-cash yang diciptakan oleh Telkomsel. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Silahkan simak artikel di bawah ini.

Apa Itu T-Cash?

T-Cash merupakan uang digital Telkomsel yang menjadi salah satu layanan digital lifestyle yang dikembangkan Telkomsel. Hingga akhir 2016 lalu, T-Cash diklaim telah dipakai lebih dari sejuta pelanggan Telkomsel. Alat pembayaran ini adalah layanan e-money atau uang elektronik di mana kamu bisa menyimpan uang tak usah di dompet aja tapi juga di handphone.

Ya, cukup dengan kamu membawa handphone dengan simcard produk Telkomsel maka kamu sudah otomatis membawa dompet di dalam handphone. Layanan uang elektronik T-Cash ini telah mendapat izin penerbitan dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, T-Cash dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti belanja, membayar tagihan, membayar merchant, isi pulsa dan kirim uang.

Jangan heran lagi di zaman sekarang ini banyak metode pembayaran baru, karena memang teknologi semakin canggih. Dan mungkin kamu yang awalnya suka membawa dompet berisi kartu-kartu mulai dari kartu kredit atau kartu ATM,  sekarang kamu bisa simpan saja dompet di rumah dan mulai beralih ke e-money seperti T-Cash yang sangat bermanfaat.

Ada dua jenis T-Cash, yakni Basic dan Full Service. Kamu hanya bisa menggunakan fitur berbagi uang dan tarik saldo hanya dengan menjadi pengguna T-Cash Full Service. Dan sekarang, T-Cash sudah bisa dipakai oleh pengguna kartu prabayar dan pascabayar dari Telkomsel.

Sampai sekarang ini, T-cash memiliki pelanggan setia telkomsel sekitar kurang lebih 13 juta pelanggan. Selain itu, tidak hanya pelanggan saja yang memiliki T-cash ini, ada sekitar 350 perusahan yang ingin bekerja sama dengan T-Cash ini khusus pelanggan Telkomsel. Makanya sekarang ini Telkomsel tidak hanya memiliki layanan sms, telepon dan Internet saja.

Bagaimana cara registrasi T-Cash?

Yang paling utama adalah pastikan kamu pengguna Telkomsel dan jangan lupa bawa uang buat top-up nanti. Kamu harus tahu terlebih dahulu di mana dan bagaimana kamu bisa memperoleh T-Cash. Berikut ini langkah-langkah mendaftarnya:

  1. Datang ke GraPARI terdekat untuk mendapatkan stiker NFC (T-Cash TAP). Karena nantinya stiker NFC inilah yang akan menjadi sarana kamu untuk bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan T-Cash.
  2. Selanjutnya, tempel stiker tersebut di handphone kamu karena nomor rekening T-Cash berasal dari nomor ponsel yang kamu gunakan, maka sebaiknya stiker NFC ditempelkan di perangkat yang menggunakan nomor ponsel yang terhubung dengan T-Cash.
  3. Aktifkan T-Cash kamu dengan menghubungi *800*88*6 digit PIN# Contoh: *800*88*123456# Selain melalui *800#, kamu juga bisa mengaktifkan T-Cash dengan menginstall aplikasi T-Cash Wallet melalui App Store atau Play Store, lengkapi formulir pendaftaran dan tentukan 6 digit PIN T-Cash kamu.
  4. Nah sebelum menggunakan T-Cash, kamu harus mengisi saldonya terlebih dahulu. Pengisian saldo dapat langsung dilakukan di GraPARI, Transfer Bank, Indomaret dan Alfamart.
  5. Top-Up TCash Perdana. Untuk pertama kali top-up kamu bisa lakukan di Customer Service Grapari atau stand T-Cash. Nanti CS akan menanyakan berapa jumlah saldo yang ingin kamu isi untuk pertama kali.
  6. Cek Saldo Tcash kamu. Untuk cek saldo T-cash kamu bisa akses dengan ketik *808# lalu pilih Cek/Isi Saldo.

Setelah T-Cash kamu aktif dan sudah terisi saldo, kini saatnya kamu mencoba untuk menggunakan T-Cash. Perlu kamu ketahui bahwa pengisian saldo T-Cash juga bisa dilakukan dari bank yang mendukung ATM Bersama. Bahkan, kita bisa mengisi T-Cash melalui layanan mobile dan internet banking. Sampai saat ini, Telkomsel T-Cash telah bekerjasama dengan 26 merchant food&beverages dan entertainment.

Setelah itu, pengguna bisa langsung menggunakan layanan T-Cash di merchant-merchant pilihan Telkomsel seperti McDonald’s, The Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendy’s, Seven Eleven, Cinema XXI, Blanja.com, Gramedia dan lainnya. Gak rugi deh pakai T-Cash karena promo T-Cash yang ditawarkan selalu ada tiap bulannya dan selalu menarik. Adapun saldo yang bisa kamu isi dalam layanan T-Cash Telkomsel ini cukup banyak juga dengan nilai rata-rata rupiah sampai 5 juta. Tentunya layanan sekelas T-Cash Telkomsel ini terbilang banyak juga bukan?

Cara Menggunakan T-Cash

Setelah T-Cash kamu aktif dan sudah terisi saldo. Kamu bisa menggunakannya di merchant pilihan telkomsel, berikut cara penggunaannya:

Bayar dengan QR Code

Cara membayar cepat dengan T-Cash menggunakan QR Code. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Download dan install aplikasi T-Cash Wallet di smartphone kamu
  • Buka aplikasi dan pilih menu QR Scanner
  • Letakkan kamera kamu agar pas pada kode T-Cash QR Signage merchant yang hendak dibayar
  • Masukkan PIN T-Cash kamu
  • Cek rincian pembayaran dan konfirmasi jika nilai pembayaran sudah benar kamu akan menerima notifikasi pembayaran berhasil melalui aplikasi dan SMS

Belanja Online

Hampir semua orang pernah berbelanja di toko online. Apalagi saat ini sudah banyak situs belanja online yang besar dan terpercaya di Indonesia. Manfaatkan T-Cash sebagai alat pembayaran jika kamu tidak memiliki rekening bank atau kartu kredit.

Terdapat 2 cara yang bisa kamu pilih untuk melakukan pembayaran, yakni dengan web checkout dan tanpa web checkout. Berikut adalah cara menggunakan T-Cash untuk belanja online menggunakan Web Checkout:

  • Lakukan proses pembayaran di online merchant
  • Pada metode pembayaran pilih T-Cash
  • Masukkan nomor HP, PIN T-Cash kamu dan Captcha
  • Ponsel kamu akan menerima SMS berupa kode verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam kolom yang tersedia di layar situs belanja online
  • Apabila pembayaran telah berhasil dilakukan, maka kamu akan memperoleh SMS konfirmasi.

Cara menggunakan T-Cash untuk membayar sesuatu di merchant yang bekerja sama dengan T-Cash adalah dengan menempelkan stiker NFC di perangkat kamu ke mesin EDC khusus yang ada di merchant. Setelah itu, saldo T-Cash akan terpotong sesuai jumlah pembelian kamu di merchant tersebut. Jadi, kamu tidak perlu membawa uang tunai ke mana pun kamu pergi. Satu buah stiker NFC T-Cash dibandrol dengan harga Rp 5.000.

Cara Mengisi Saldo T-Cash

Buat kamu yang masih baru menggunakan T-cash dan bingung bagaimana mengisi saldonya, berikut ini caranya:

Cara Pertama adalah dengan datang langsung ke GraPARI terdekat di Kota kamu. Beritahukan informasi nomor telkomsel yang kamu miliki ke petugas untuk diisikan sesuai dengan nominal yang kamu inginkan. Hal ini dipastikan akan sangat memudahkan kamu karena kamu pasti dilayani secara langsung oleh pihak Telkomsel. Sebelumnya pastikan nomor Telkomsel kamu sudah terdaftar untuk menjadi pelanggan T-cash.

Jika kamu merasa repot mengisi saldo T-cash dengan harus mengunjungi GraPARI, mungkin akan lebih mudah bagi kamu untuk mengisi saldo dengan cara isi T-cash melalui Indomaret. Sebelum kamu melakukan pengisian saldo T-cash di Indomaret, pastikan juga nomor kamu sudah terdaftar untuk menggunakan T-cash.

Setelah itu langkah pertama kamu yaitu mengetikan sms dengan format: TOKEN (spasi) PIN. Contohnya: TOKEN 123456 lalu kamu bisa kirimkan sms tersebut ke 2828. Setelah selesai mengirimkan sms, maka kamu akan mendapatkan balasan sms berupa kode pin untuk melakukan pengisian saldo TCash di Indomaret. Setelah kamu mendapatkan sms ini, segeralah kamu mengunjungi Indomaret terdekat untuk melakukan pengisian.

Sebelum menunjukan nomor atau kode token, sebelumnya katakanlah kepada pihak kasir Indomaret bahwa kamu ingin melakukan pengisian saldo T-cash. Setelah itu, informasikan jumlah atau nominal saldo yang ingin kamu isi ke dalam T-cash kamu kepada petugas Indomaret.

Mengisi saldo T-Cash bisa melalui jaringan ATM Bersama ( ATM yang ada Logo ATM BERSAMANYA ) dengan cara:

  • Masuk ke Menu Transfer antar Bank
  • Masukkan kode bank tujuan yakni 911 TCASH
  • Masukkan rekening tujuan yakni Nomor Tcash yang akan diisi
  • Masukkan nominal rupiah yang kamu inginkan

Operator Lain Bisa Pakai T-Cash

Telkomsel semakin serius mengembangkan unit bisnis uang digital T-Cash. Cita-cita besarnya menjadikan T-Cash sebagai layanan pembayaran digital nomor satu di Tanah Air. Berbagai strategi pun digencarkan untuk menghadapi ketatnya kompetisi di sektor ini. Salah satunya, T-Cash akan terbuka untuk semua operator atau diistilahkan “agnostik”.

T-Cash bakal bisa digunakan oleh pengguna operator lain seperti Indosat, XL, Smartfren, Tri dan lain-lain. Hal ini ditargetkan bakal terwujud pada awal Maret 2018. CEO T-Cash, Danu Wicaksana, mengatakan bahwa pihaknya siap ‘keluar dari zona nyaman’ dengan menjadi “operator agnostik” atau terbuka pada semua operator. Hal ini ditargetkan bakal terwujud pada awal Maret 2018. Dengan demikian, pengguna operator apapun di luar Telkomsel tetap bisa menggunakan uang elektronik TCash untuk bertransaksi.

Lanjutnya, Danu menjelaskan sistem ‘Operator Agnostic’ ini adalah upaya dari T-Cash untuk membangun industri digital finansial, salah satu caranya adalah dengan melakukan peningkatan skala bisnis dan keberagaman penawaran.
Danu menerangkan saat ini ada 20 pemain mobile money yang dibagi menjadi dua, yaitu server based dan card based. T-Cash sendiri adalah layanan berbasis server based dan mereka ingin unggul di pasar uang elektronik Tanah Air.

Semua prosedur diharapkan siap dan dapat langsung digunakan boleh publik. Nantinya sistem ini dapat digunakan untuk seluruh layanan T-Cash seperti pengisian saldo, pembelian pulsa dan pembayaran di lebih dari 50 ribu partner merchants yang telah berkaborasi.

T-Cash saat ini menduduki posisi yang sejajar dengan Go-Pay yang menggunakan server based dengan tingkat keamanan resiko yang rendah karena uang tersimpan di server. Sedangkan card based seperti e-money berisiko tinggi. Dengan berkolaborasi dengan operator lain, T-cash membantu operator pesaing untuk menjangkau pengguna melalui jaringannya. Hal itu tentunya tak hanya bakal menguntungkan T-Cash tetapi juga operator lain.

Salah satu tolak ukur operator kan penjualan pulsa. Lewat T-Cash, kami bantu mereka jualan pulsa ke pelanggan operator lain. T-Cash membagi dua segmentasi pengguna yaitu pengguna lifestyle dan mikro. Saat ini pelanggan T-Cash tercatat 10 juta orang, dengan pengguna aktif sekitar 30 persen. Selama setahun, T-Cash mencatat 60 juta transaksi dengan pemakaian pengguna rata-raya Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per bulan.

Ya begitulah kira-kira penjelasan tentang T-Cash di atas tersebut, semoga dapat dimengerti ya….