Sunday, 18 February 2018
Info

Selain Bermanfaat, Ternyata Ada Pula Efek Negatif Dari Permen Karet

Hampir semua orang menyukai permen karet, selain rasanya yang berbagai macam, katanya mengunyah permen karet dapat menghilangkan stres. Tapi tahukah kamu kalau mengunyah permen karet terlalu sering berbahaya untuk kesehatan? Nah, untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak artikel di bawah ini.

Apa Sih Itu Permen Karet?

Permen karet merupakan permen kunyah yang memiliki ciri khas dapat dibuat mengembangkan gelembung mirip balon. Permen karet memiliki warna serta rasa yang bermacam-macam. Sebagian anak-anak menyukai permen karet karena strukturnya yang kenyal sehingga bisa dikunyah-kunyah dan bisa dijadikan hiburan menjadi balon. Umumnya permen karet memiliki sifat mudah lengket dan ketika gelembung terkembang mencapai batas tertentu, maka gelembungnya akan pecah serta mengenai wajah.

Sejarah awal penemuan permen karet tidak terlalu jelas. Ada bukti bahwa orang-orang Yunani kuno telah mengunyah substansi yang mirip permen karet. Substansi ini dibuat dari resin pohon damar wangi yang ditemukan di Turki. Suku Indian di Amerika Utara juga mengunyah suatu zat yang terbuat dari resin pohon cemara mirip dengan permen karet modern.

Permen karet modern versi awal sulit untuk dikunyah dan rasa manisnya tidak bertahan lama. Produksi massal permen karet pertama dilakukan oleh Adams New York Chewing Gum Company pada pertengahan abad ke-18. Pada tahun 1928, formula permen karet yang tidak menempel di wajah ketika ditiup ditemukan oleh Walter Diemer.

Kualitas permen karet yang disarankan adalah jenis yang tidak mengandung gula. Pada permen karet jenis ini, rasa manisnya berasal dari pemanis buatan, seperti aspartam, sorbitol, atau xylitol. Pemanis buatan ini cenderung tidak menyebabkan lubang-lubang kecil pada gigi atau kavitas. Selain itu, permen karet jenis bebas gula mengandung kurang dari 5 kalori, sedangkan permen karet biasa yang mengandung gula memiliki 10 kalori.

Tidak banyak perusahaan yang terbuka mengenai apa yang mereka gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat permen karet. Sejauh yang dapat diketahui, ternyata bahan utama pembuatan permen karet adalah seperti berikut ini:

  • Asparatam

Asparatam adalah pemanis buatan yang digunakan sebagai bahan pengganti gula yang digunakan dalam permen karet. Asparatam ini akan sangat berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi dan dalam jangka waktu yang lama karena dapat merusak kesehatan.

  • Butyl Hidroksi Toluene (BHT)

BHT adalah suatu bahan yang memberian rasa, bau dan warna. Bahan ini bersifat karnisogen yang disinyalir dapat menimbulkan penyakit gagal ginjal.

  • Kandungan kalsium kasein pepton/kalsium fosfat

Bahan ini digunakan sebagai pemutih pada permen karet. Jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menimbulkan efek samping seperti alergi dan gangguan pada pencernaan.

  • Titanium Oksida

Titanium Oksida dapat menyebabkan penyakit asma dan gangguan penyakit lainnya. Bahan yang satu ini sering digunakan sebagai bahan pemutih dalam pembuatan permen karet. Para ahli menyebutkan jika Titanium Dioxide sama berbahayanya dengan bahan – bahan pembuat permen karet lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas.

Manfaat Permen Karet Untuk Kesehatan

Tahukan kamu bahwa mengunyah permen karet dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan? Ada banyak manfaat dari kebiasaan mengunyah permen karet seperti:

  • Mengurangi Stres

Banyak psikolog menyatakan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi tekanan pikiran dan membantu mengatasi rasa stres yang dialami. Gerakan pada rahang saat mengunyah permen karet dapat memberikan efek mengurangi stress dan menciptakan perasaan rileks dan puas. Beberapa guru di sekolah tertentu malah menganjurkan mengunyah permen karet ketika ujian. Hal ini bertujuan agar siswanya mampu meningkatkan konsentrasi, rileks dan dapat menjaga kewaspadaan semasa ujian.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat mengunyah permen karet yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Hal ini dikarenakan ketika mengunyah permen karet, aliran darah di otak dan denyut jantung akan meningkat serta akan membuat peredarah oksigen ke otak menjadi lebih lancar.

  • Menyegarkan Bau Mulut

Bagi beberapa orang yang punya masalah seperti bau mulut, dapat dikurangi dengan cara mengunyah permen karet. Khususnya bagi orang-orang yang suka mengkonsumsi makanan yang beraroma tajam seperti bawang putih maupun bawang merah. Permen karet terbukti sangat efektif dalam hal menetralisir bau mulut.

  • Membuat Wajah Menjadi Terlihat Lebih Segar

Manfaat mengunyah permen karet yang selanjutnya juga dapat bermanfaat untuk kecantikan, yaitu membuat wajah kamu terlihat lebih segar secara alami. Hal ini dikarenakan mengunyah permen karet sama halnya dengan melakukan senam wajah yang melatih kekencangan pada bagian kulit wajah yang selanjutnya dapat membuat aliran darah pada wajah akan lebih lancar.

  • Mencegah Keluarnya Air Mata Saat Mengiris Bawang

Buat kamu yang seringkali menangis saat mengupas bawang, maka cara yang bisa kamu tempuh dan lakukan adalah dengan mengunyah permen karet. Dengan mengunyah pemen karet maka otot wajah kamu akan teralihkan khususnya pada area mata kamu. Oleh karena itu, buat kamu yang seringkali menangis ketika mengupas atau memotong bawang cobalah untuk menguyah dan mengkonsumsi permen ketika proses mengupas sedang berlangsung.

  • Mengatasi Rasa Mual

Mengunyah permen karet setelah makan juga dapat membantu mengatasi rasa mual dengan cara mengurangi asam lambung. Saat mengunyah permen karet, produksi air liur menjadi meningkat sehingga dapat membersihkan zat asam dengan cepat saat ditelan. Dengan produksi air liur yang meningkat dan turun ke dalam perut dapat mencegah terjadinya asam lambung yang menyebabkan rasa mual.

  • Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Permen karet sangat baik buat kamu yang ingin berhenti merokok. Hal ini dikarenakan ketika kamu mengunyah permen karet, tidak hanya dapat menahan keinginan mengonsumsi makanan berlebih atau ngemil, tetapi juga dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi zat stimulan adiktif seperti kandungan nikotin dan kafein pada rokok.

  • Menyehatkan Pencernaan

Dengan mengunyah permen karet maka produksi air liur akan semakin meningkat. Selain itu mengunyah permen karet juga akan menjaga keasaman organ pencernaan sehingga akan memperlancar proses mencerna makanan.

  • Membantu Produksi Air Liur

Dengan mengkonsumsi permen karet selama 15 menit setiap harinya produksi air liur dalam mulut kamu tersebut semakin banyak. Dengan banyaknya produksi saliva atau air liur ternyata itu membantu menjaga kelembaban dari mulut dan bagi penderita asam lambung mengunyah permen karet sangat membantu dalam mengurangi refluks atau asam lambung yang naik.

  • Meredakan Sakit Telinga

Ketika kamu melakukan perjalanan menggunakan pesawat, kamu mungkin akan mengalami sakit telinga. Hal ini dikarenakan perubahan tekanan udara selama penerbangan yang membuat perasaan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengunyah permen karet untuk memicu produksi air liur dan menelan air liur tersebut untuk menyamakan tekanan udara di sekitar dengan telinga.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengunyah permen karet cenderung makan dengan kalori yang lebih sedikit pada saat makan siang dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi permen karet. Dengan kata lain, berkat mengunyah permen karet, nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Di samping itu, keinginan untuk ngemil atau mengonsumsi makanan ringan juga menjadi berkurang. Namun untuk menurunkan berat badan, tetap diperlukan pola makan sehat dan seimbang yang diiringi dengan rutin berolahraga.

Bahaya Jika Terlalu Banyak Makan Permen Karet

Meskipun di atas tadi sudah disebutkan manfaat dari permen karet, namun sayangnya permen karet yang terlalu banyak dikonsumsi akan menimbulkan masalah. Apa saja ya kira-kira? Simak di bawah ini:

  • Menyebabkan Kerusakan Pada Gigi

Jika permen karet yang kamu kunyah mengandung gula, maka secara tidak langsung kamu ‘membanjiri’gigi – gigi kamu dengan gula. Kondisi ini bisa menyebabkan gigi membusuk bahkan jika kamu mengunyah permen karet dengan label ‘sugar-free’ atau bebas gula, masih besar risiko kamu terkena kerusakan gigi. Karena di dalam permen karet sugar-free sekalipun bisa menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan bahkan perasa asam buatan. Bahan – bahan tersebut bisa mengarah pada terjadinya erosi gigi.

  • Menyumbat Saluran Pencernaan

Menelan permen karet merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan. Rupal Christine Gupta, MD menyatakan bahwa permen karet yang tertelan dapat menyumbat saluran pencernaan kamu. Permen karet membutuhkan waktu panjang, setidaknya 3 hari untuk dicerna dalam tubuh akibat efek lengket dan enzim yang sulit untuk mencerna. Waktu yang panjang tersebut akan menghambat metabolisme kamu.

  • Sakit Kepala

Seseorang yang mengunyah permen karet membutuhkan tenaga yang berlebih pada rahang. Otot-otot rahang yang mengencang terlalu sering dapat menyebabkan sakit kepala kronis. Selain itu, otot-otot yang tegang akibat mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemungkinan kamu untuk stres.

  • Menghancurkan Tambalan Gigi

Jika kamu pernah melakukan penambalan pada gigi dengan menggunakan merkuri, penting untuk ketahui jika mengunyah permen karet bisa menimbulkan pelepasan neurotoksin dari tambalan gigi yang terbuat dari merkuri. Neurotoksin tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dan menurut sebuah penelitian hal tersebut sangat berbahaya untuk Kesehatan kita karena neurotoksin bisa sangat beracun di dalam darah manusia.

  • Tubuh Kekurangan Nutrisi

Ada mitos mengatakan jika mengunyah permen karet dapat membantu menurunkan berat badan. Namun ternyata mitos tersebut salah besar. Orang yang mengkonsumsi atau mengunyah peremen karet akan kehilangan selera makannya. Sehingga ia akan cenderung untuk tidak makan. Bahkan malah dia cenderung hanya mengunyah peremn karet yang artinya tubuh akan kekurangan banyak nutrisi yang padahal sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

  • Menyebabkan TMJ Pada Tulang Rahang

Apa itu TMJ? TMJ merupakan singkatan dari Temporomandibular Joint Disorder yang artinya yaitu gangguan yang terjadi pada sendi. TMJ ini bisa menyerang sendi – sendi pada tulang rahang kamu jika kamu terlalu sering mengunyah permen karet. TMJ yang sudah parah bisa terasa sangat menyakitkan bahkan pada level tertentu, gangguan rahang sendi yang satu ini bisa menyebabkan sakit kepala, sakit telinga hingga sakit gigi.

  • Mengurangi Nafsu Makan

Dengan keseringan mengkonsumsi permen karet maka kamu akan menjadi pribadi yang malas mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur atau buah-buahan, kamu akan cenderung lebih suka makan makanan yang instan seperti kripik misalnya, hal tersebut dampat dari keseringan kunyah permen, selanjutnya lambung menjadi bermasalah.

  • Tidak Baik Untuk Penderita Diabetes

Pantangan diabetes yang paling harus diperhatikan salah satunya adalah makanan atau minuman yang terlalu manis. Terutama yang manisnya terbuat dari pemanis buatan yang pasti terdapat pada permen karet. Hindari permen karet agar terhindar dan tidak menambah kronis penyakit diabetes kamu.

  • Diare

Hati-hati kalau kamu kerap mengalami diare. Diare bisa jadi salah satu dampak makan permen karet terlalu sering. Sebuah penelitian laboratorium di Jerman yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menguak bahwa permen karet bahkan yang jenisnya bebas gula, mengandung pemanis buatan yang dikenal dengan sebutan sorbitol. Jika kamu mengonsumsi pemanis buatan ini dalam dosis yang tinggi, efeknya pada tubuh sama seperti obat pencahar. Kamu pun berisiko mengalami diare dan dehidrasi.

  • Menyebabkan Permasalahan Gastrointestinal

Mengunyah permen karet bisa menyebabkan kembung. Ini karena saat mengunyak permen karet akan banyak udara yang masuk ke dalam perut yang bisa menyebabkan sakit perut, kembung hingga iritasi pada usus. Selain itu, saat kita mengunyah saat itu juga enzim – enzim pencernaan akan dilepaskan guna mencerna makanan.

Namun saat mengunyah peremn karet, enzim–enzim pencernaan sudah terlanjur keluar tanpa ada makanan yang dicerna. Hal tersebut bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan produksi asam di perut menjadi berlebihan. Gejala – gejala yang mungkin ditimbulkan saat seseorang mengalami permasalahan gastrotestinal ini adalah berupa diare.

Apa Yang Terjadi Jika Menelan Permen Karet? Saat mengunyah permen karet, terkadang tidak sengaja menelan permen karet. Lalu apa yang akan terjadi pada tubuh jika menelan permen karet? Ada mitos yang sering digunakan untuk menakuti anak-anak yang menyebutkan bahwa menelan permen karet dapat membuatnya tetap berada di dalam usus selama 7 tahun sebelum akhirnya dicerna. Sebuah kisah menakutkan bahkan menceritakan bahwa permen karet yang tertelan bisa membungkus jantung dengan sendirinya. Benarkah seperti itu?

Permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis, pewarna dan penambah rasa. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan lilin. Perut memang tidak dapat memecah permen karet sebagaimana yang dilakukan terhadap makanan lain. Namun sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang kamu telan.

Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan. Jadi, permen karet bisa berakhir di kamar mandi satu atau dua hari kemudian. Meskipun permen karet lengket, tapi biasanya tidak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus. Kamu juga bisa minum air putih yang banyak untuk mengatasinya.

Fakta unik tentang permen karet:

  • William F. Semple Dikenal Sebagai Orang Pertama yang Memiliki Paten Permen Karet

Kamu pasti tahu kan siapa penemu telepon ataupun bola lampu? Tapi kamu sudah tahu belum siapa yang pertama kalinya memperkenalkan permen karet kunyah? Nah, mulai sekarang ingatlah nama William F. Semple, beliau merupakan perintis dari permen karet, walaupun pada waktu itu masih berupa chewing gum.

  • Dikeluarkan Pertama Kalinya untuk Membantu Masalah Gigi

Jadi sang penemu chewing gum menciptakannya bukan untuk keren-kerenan ya guys. Permen karet pertama kalinya justru diluncurkan untuk menolong persoalan kerusakan gigi serta menguatkan rahang karena di sana terdapat kandungan bubuk licorice dan charcoal. Wah, kamu pasti belum tahu kan soal fakta permen karet yang satu ini?

  • Turki Adalah Negara Dengan Pabrik Chewing Gum Terbanyak Se-Dunia

Walau Indonesia terkenal dengan karakter Lupus yang digambarkan jago mainan permen karet, ternyata Turki menjadi negara yang memilki pabrik permen karet terbanyak diantara negara-negara lain.

  • Peraturan Aneh

Bagi kamu yang belum tahu, Singapura melarang makan permen karet lho. Kalau kamu ketahuan mengunyah permen karet apalagi sampai membuangnya di jalanan, kamu akan dikenakan denda sebesar SG$ 1.000 (sekitar 10 juta rupiah) atau bahkan konsekuensi yang lebih buruk. Namun sejak 2004, Wirgley bekerja sama dengan Singapore untuk membentuk persetujuan bahwa permen karet boleh dikonsumsi asal dengan resep dokter. Meski begitu, membuangnya sembarangan tetap dilarang. Jangan coba-coba ya guys.

  • Meninggal Karena Letupan Gelembung Permen Karet

Vladimir Likhonos, mahasiswa Kimia berusia 25 tahun ditemukan meninggal di rumah orangtuanya setelah para tetangganya mengatakan bahwa mereka mendengar suara letupan cukup keras. Ia ditemukan dalam keadaan bagian bawah wajahnya terluka parah dan rahangnya nyaris terlepas. Ternyata ia suka bereksperimen dengan bahan kimia eksplosif karena mencoba membuat gelembung permen karet sebesar mungkin saat ditiup.

  • Bertahan Hidup Hanya Dengan Permen Karet

Mungkin kamu pernah menyadari bagaimana Jake Gyllenhaal di film Nightcrawler bisa begitu kurus dibandingkan penampilannya di film lain. Di Festival Film Toronto 2014, aktor Ritz Ahmal mengungkap rahasia Gyllenhaal bahwa ia hanya makan permen karet dan minum teh setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang seperti itu. Gyllenhaal akan menyugesti dirinya telah makan setiap kali mengunyah permen karet.

  • Mempertaruhkan US$ 14.000 Demi Segumpal Permen Karet

Permen karet ini bukan permen karet biasa, tapi merupakan permen karet bekas kunyahan Britney Spears. Pada tahun 2004, permen karet bekas yang diambil dari salah satu konser Britney ini dilelang di eBay dan berhasil terjual seharga US$ 14.000 (sekitar 187 juta rupiah) pada seorang pria.

Nah, itu dia ulasan tentang permen karet di atas guys mulai dari manfaat, bahaya serta fakta uniknya. Gimana? udah cukup jelas lah ya? Maka dari itu, sampai sini dulu deh pembahasan kita… Bye bye…