Tuesday, 13 November 2018
Info

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Spirulina

Pernahkah kalian mendengar spirulina? Mungkin untuk sebagian orang ini masih terdengar asing. Spirulina ini adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi, mari kita simak artikel berikut untuk lebih mengenal tanaman yang satu ini.

Penjelasan Tentang Spirulina?

Spirulina adalah ganggang hijau-biru yang tumbuh secara alami di lautan atau danau asin pada wilayah dengan iklim subtropis. Spirulina adalah sumber nutrisi terbaik abad ini yang kandungannya 100% berasal dari alam. Spirulina bernama latin Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima.

Diberikan nama spirulina karena bentuknya yang menyerupai spiral. Mungkin sebagian besar dari kita masih asing jika mendengar kata Spirulina. Spirulina merupakan makhluk hidup bersel satu yang hidupnya di dalam air dan masuk dalam keluarga Cyanobacteria atau mikroalga.

Awalnya spirulina diklasifikasikan sebagai tanaman karena kaya akan pigmen tanaman dan mampu berfotosintesis. Itulah mengapa banyak yang menyebutnya sebagai tanaman ganggang hijau biru. Spirulina ini biasanya diambil sebagai bahan dasar untuk membuat suplemen atau bahan makanan super. Spirulina sendiri telah menghuni bumi sejak 3,5 miliar tahun yang lalu.

Saat ini, ganggang biru-hijau mikroskopis dibudidayakan terutama di Amerika Serikat, India, Cina, Myanmar, Thailand dan Pakistan karena manfaat spirulina yang jempolan. Seiring dengan kesadaran penduduknya mengenai kebutuhan supleman dan gizi yang terdapat di dalamnya.

Sebenarnya ada banyak jenis spesies spirulina, tetapi hanya tiga spesies yang dipelajari secara ekstensif karena nilai gizinya yang tinggi. Mereka adalah Spirulina platensis, Spirulina maxima dan Spirulina fusiformis. Jika dipanen dengan benar dari perairan yang tidak tercemar, kandungan spirulina merupakan sumber nutrisi yang paling potensial dari semua sumber yang ada. 65% kandungan spirulina adalah protein dan asam amino termasuk asam lemak essensial gamma-linolenic acid (GLA)yang memiliki khasiat anti inflammatory, mengandung semua asam amino essensial.

Spirulina kaya akan kalsium, potasium dan magnesium. Spirulina juga diklaim mampu meningkatkan kesehatan seseorang, bahkan dapat membantu proses detoksifikasi hingga merawat kulit dan melindunginya dari kerusakan. Spirulina terkenal akan kandungan gizinya yang sangat tinggi, sehingga mendapat gelar “Super Food”.

Kandungan nutrisi dalam 1 gram spirulina sama dengan kandungan nutrisi pada 500 gram sayuran dan buah-buahan, dengan kata lain asupan 8 gram spirulina dapat memenuhi asupan nutrisi untuk 40 hari. Biasanya spirulina sebagai suplemen kesehatan berwujud bubuk hijau. Kamu dapat mencampurkannya ke dalam jus atau air minum dan ada pula spirulina yang berwujud kapsul.

Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Manfaat spirulina mungkin memang masih cukup asing di telinga masyarakat awam. Meski begitu, bahan alami yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa khususnya bagi kesehatan. Warna biru-hijau pada spirulina disebabkan karena adanya pigmen khusus yang disebut phycocyanin. Pigmen ini lah yang menjadi ini dari spirulina dalam memberikan sejumlah manfaat kesehatan seperti berikut ini:

  • Sebagai suplemen alami

Sekitar 62% spirulina terdiri dari asam amino, sehingga dalam spirulina terkandung banyak protein dan juga nutrisi lain. Oleh sebab itu, manfaat spirulina bisa dijadikan sebagai suplemen alami bagi mereka yang tidak mendapatkan asupan kalori dan protein. Biasanya suplemen spirulina digunakan oleh para atlit dan oleh mereka yang sedang menjalani diet.

  • Menurunkan kolesterol tinggi

Menurut sebuah studi yang memberikan 1 gr spirulina perhari pada sekelompok orang berkolesterol tinggi, spirulina telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat sekaligus menaikan kolesterol baik di dalam darah. Selain itu, spirulina mampu menjaga agar kolesterol LDL di dalam darah tidak teroksidasi sehingga mampu menurunkan resiko terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

  • Mengurangi diabetes

Penderita diabetes mudah kekurangan gizi karena banyaknya pantangan makanan dan minuman. Spirulina mengandung gizi yang kaya sehingga dapat membantu penderita diabetes untuk mencukupi kebutuhan gizi hariannya. Spirulina dapat membantu memelihara keseimbangan nutrisi penderita diabetes (tipe 2) tanpa efek samping. Spirulina yang berkualitas unggul juga memiliki khasiat untuk membantu pengobatan diabetes.

  • Sebagai anti kanker

Spirulina mampu membantu fungsi kardiovaskular dan keseimbangan kolesterol, meningkatkan fungsi detoksifikasi, memperbaiki pencernaan. Dan yang paling penting adalah meminimalisir terkena kanker dengan cara melindungi tubuh dari radikal bebas.

  • Sebagai antioksidan

Selanjutnya adalah spirulina mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan memiliki efek antiperadangan bagi DNA dan sel tubuh yang mengalami keruksakan oksidatif. Ganggang biru alami ini juga mampu mengurangi gejala peradangan yang terjadi pada saluran udara di hidung atau rhinitis.

  • Mengatasi anemia

Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada 40 orang lanjut usia yang sebelumnya atau saat ini menderita anemia, membuktikan bahwa suplementasi spirulina dapat meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendukung temuan ini. Spirulina juga dapat meningkatkan hematopoiesis atau pembentukan sel darah merah. Hal ini karena banyaknya manfaat zat besi yang terkandung dalam spirulina, sangat berguna untuk mengatasi anemia.

  • Menurunkan berat badan

Spirulina memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, pastikan bahwa kamu mengkombinasikannya dengan diet yang konsisten dan seimbang dalam program penurunan berat badan, disertai dengan olahraga yang teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Manfaat Spirulina Untuk Kecantikan

Kalau tadi kita sudah membahas manfaatnya untuk kesehatan, maka sekarang kita akan membahas manfaat spirulina untuk kecantikan wajah. Manfaat masker spirulina khususnya untuk kecantikan wajah sangatlah melimpah dan tak perlu di ragukan lagi seperti berikut ini:

  • Menghilangkan kantung mata hitam

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata tak jarang mengganggu penampilan. Penggunaan masker spirulina berfungsi untuk mendetoksifikasi kulit dan menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

  • Membuat kulit kencang

Banyaknya aktivitas serta usia yang semakin bertambah mampu membuat kulit nampak mengendur. Dan jika dibiarkan, maka dapat membuat penampilan kita nampak semakin lebih tua dari usia yang sebenarnya. Sebagai alternatif untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan masker spirulina untuk mengencangkan kulit muka yang kendur dan membuat kulit nampak awet muda.

  • Mencerahkan kulit wajah

Spirulina memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin E, kalsium, zat besi dan fosfor yang sangat vital untuk kesehatan kulit. Spirulina melindungi kulit dari radikal bebas. Menggunakan masker Spirulina mampu mencerahkan kulit wajah, menyegarkan dan membuat kulit tampak awet muda.

  • Menghambat penuaan dini

Spirulina kaya akan tirosin yang memperlambat penuaan sel-sel kulit. Masker wajah ini sangat ampuh untuk mencegah penuaan kulit yang terlalu cepat. Melakukan perawatan ini secara rutin akan menyamarkan garis-garis halus di wajah.

  • Mengangkat sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang tidak diangkat dan dihilangkan dapat membuat kulit wajah menjadi namnpak kusam dan hitam. Adapun untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bercahaya, kamu bisa menggunakan masker spirulina secara rutin sebagai alternatifnya. Spirulina sendiri memiliki peranan dalam mendetoksifikasi kulit serta mengembalikan kesehatan kulit.

  • Mencegah pertumbuhan jerawat

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam spirulina diketahui mampu melawan bakteri dan jamur penyebab jerawat. Gunakan masker spirulina pada wajah berjerawat secara teratur. Spirulina akan menjaga kulit tetap bersih, sehat dan bebas jerawat.

  • Menghilangkan bekas jerawat

Kandungan spirulina juga mampu menghilangkan noda hitam dan mempercepat pertumbuhan sel kulit yang rusak akibat jerawat. Dan dengan begitu, bekas jerawat pun dengan mudah akan dihilangkan dengan masker spirulina.

  • Mengembalikan kelembapan kulit

Kondisi kulit wajah yang kering, membuat tanda-tanda penuaan di kulit wajah lebih nampak. Menggunakan masker spirulina di percaya mampu mengembalikan kelembapan pada kulit yang kering, sehingga kulit nampak lebih segar dan awet muda.

Selain itu, masker spirulina juga baik untuk menguatkan kuku, menghilangkan ketombe di kepala dan menjaga kesehatan rambut. Masker spirulina juga bisa di kolaborasikan dengan bahan alami lainnya seperti putih telur, madu, jeruk nipis, minyak zaitun dan masih banyak lagi.

Cara Memakai Masker Wajah Spirulina Yang Benar :

  1. Persiapkan Diri. Pakailah pakaian yang nyaman dipakai dan yang simple karena masker wajah spirulina bisa saja menodai pakaian kamu
  2. Gunakan jepit rambut, bondu atau karet untuk menjaga rambut kamu kena wajah langsung.
  3. Cucilah Wajah Sebelumnya. Hal ini penting, karena setiap makeup, kotoran dan minyak dapat mencegah kamu mendapatkan semua manfaat masker wajah spirulina ini. Gunakanlah air hangat untuk mencuci muka karena bermanfaat untuk membuka pori-pori wajah.
  4. Cara lain untuk membuka pori-pori wajah. Tuang air mendidih kedalam mangkuk besar dan rendam kain atau handuk dan letakkan langsung pada wajah. Lakukan hal ini selama lima menit lalu keringkan wajah kamu.
  5. Menyiapkan Masker Spirulina. Siapkan mangkuk kecil tempat dimana serbuk isi dari kapsul spirulina ditaburkan (cukup 1-2 kapsul). Tambahkan sedikit air hangat kedalam mangkuk yang sudah terisi serbuk spirulina (kurang lebih 1 sendok makan). Aduk sampai mengental.
  6. Oleskan merata keseluruh bagian wajah kamu selain bagian mata dan bibir memakai kuas masker
  7. Tunggu dan Relaks. Diamkan sekitar 15-20 menit sampai masker spirulina di wajah kamu mengering.
  8. Basuh dengan air hangat dahulu lalu percikkan air dingin untuk menutup pori-pori wajah kamu kembali dan keringkan memakai handuk.

Dampak Jika Memakai Masker Spirulina Palsu

  1. Perih: Kebanyakan merasakan perih di kulit wajahnya setelah menggunakan beberapa kali masker spirulina palsu tersebut.
  2. Gatal berlebihan: Gatal biasa terjadi saat pemakaian pertama kali masker spirulina asli, tapi kalau sampai gatalnya kebangetan kamu perlu waspada. Bisa jadi kamu pakai masker spirulina palsu.
  3. Berminyak berlebihan: Spirulina asli cocok digunakan jenis kulit wajah kering dan normal.
  4. Jerawat makin banyak: Banyak produk perawatan wajah dengan proses detoksifikasi saat pertama kali penggunaan sampai 7 hari setelahnya. Detoksifikasi ini adalah proses pembuangan kotoran-kotoran dari dalam kulit. Biasanya tidak terlalu lama prosesnya. Jika lebih dari 7 hari kamu pun perlu waspada.
  5. Kulit jadi kering: Bisa jadi jenis kulit kamu sensitif dan salah mencampurkan masker spirulina dengan bahan yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah kamu. Coba konsultasikan lagi ke ahlinya untuk mendapatkan solusi terbaik.

Banyak penjual mempromosikan produk-produknya, akan tetapi jangan pernah tergiur dengan harga murahnya. Banyak efek samping yang ditimbulkan pastinya jika kita salah memakai produk perawatan kecantikan yang palsu. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah sebelum membeli produk.

Nah demikianlah penjelasan mengenai apa itu spirulina beserta manfaatnya, semoga dapat bermanfaat untuk semua para pembaca. Sekian dulu dan sampai jumpa lagi…