Tuesday, 16 January 2018
Info

Jangan Takut Lagi, Ternyata Nonton Film Horor Baik Untuk Kesehatan Lho

Banyak orang yang tak suka menonton film horor, apalagi penyebabnya kalau bukan karena takut. Nonton film horor bisa buat terkejut dan buat kamu yang memang penakut, gak usah nonton deh ntar jantung kamu copot hehehe. Tapi, tahu gak sih kamu kalau menonton film horor itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Gak percaya? Yuk, langsung aja kita simak sama-sama penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Nonton Film Horor

Siapa nih di antara kamu yang suka nonton film horor? Dari sisi hiburan, film horor memang dimaksudkan untuk menghibur diri. Kamu akan mendapatkan sensasi berdebar-debar campur ngeri saat menyaksikannya. Tapi, jika film itu tidak membuat kamu takut, mungkin kamu justru akan kecewa.

Seorang profesor komunikasi dari Purdue University mempelajari dampak film horor pada fisiologi orang yang menontonnya. Hasilnya adalah saat kamu menonton film horor, denyut jantung akan meningkat sebanyak 15 kali per menit, telapak tangan berkeringat, suhu tubuh turun beberapa derajat, otot-otot menegang dan tekanan darah meningkat.

Semua ini mungkin akibat dari respon fight-or-flight, respon yang biasanya terjadi saat kamu stres. Aliran darah ke bagian tubuh lain selain jantung dan otot mungkin akan menurun sehingga suhu tubuh kamu menurun dan kamu merasa merinding dan ketakutan. Lalu apa hubungannya dengan kesehatan? Ya memang sih ketika nonton film tersebut, jantung kita akan terasa berdetak lebih cepat sangking takutnya. Namun dibalik film yang seram tersebut, ada manfaat baik untuk kesehatan seperti di bawah ini:

  • Meningkatkan Aktivitas Otak

Sebuah riset menyebutkan ketika seorang wanita menonton film horor, otak pemancar saraf mengeluarkan dopamin, glumatat dan serotonon. Dengan demikian, peningkatan aktivitas otak membuat keadaan waspada di pikiran. Ini merupakan hal baik untuk kesehatan mental kamu karena dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan kamu.

  • Membakar Kalori

Sebuah studi dari Universitas Westminster menemukan bahwa 90 menit adrenalin yang terpompa ke tubuh, dapat membakar hingga 113 kalori. Inilah yang dilakukan film menegangkan yang dapat membuat denyut nadi berdetak lebih kencang dan darah terpompa yang membuat kalori di tubuh terbakar.

Penelitian lain yang memantau denyut jantung, pasokan oksigen dan keluaran karbon dioksida pada penonton film yang terlibat dalam penelitian juga menunjukkan bahwa denyut jantung penonton terpantau meningkat saat menonton film menakutkan dan hal ini menyebabkan hormon adrenalin juga meningkat. Hormon adrenalin dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sehingga energi yang tersimpan dalam tubuh kamu lebih cepat untuk terbakar atau digunakan. Hal ini membuat menonton film horor dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

  • Memperkuat Sistem Imun

Setelah menonton film horor selama 1 setengah jam. Sistem tubuh akan tenang dan sistem pertahanan menjadi semakin kuat. Itulah saat sistem imun di tubuh menjadi kuat beberapa waktu. Sebuah penelitian dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari partisipan sebelum, selama dan setelah mereka menonton film horor. Hasilnya adalah kadar sel darah putih meningkat. Sel darah putih biasanya meningkat karena respon terhadap infeksi. Hal ini dapat memicu pelepasan hormon adrenalin, di mana adrenalin dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh kamu.

  • Melawan Stres

Ketika menonton film horor sendirian pada malam hari, kamu mungkin mengalami “pemompaan adrenalin”, itu sangat bagus untuk menolak stres. Adrenalin yang mendorong ke seluruh tubuh membuat kelenjar adrenalin aktif sehingga meningkatkan energi. Keantusiasan dan ketidakpastian emosi kamu mengaktifkan kelenjar adrenal untuk memompa adrenalin yang akan menghasilkan semburan energi dan dapat melepas senyawa-senyawa yang menghasilkan mood baik ke otak kamu.

  • Lebih Siap Menghadapi Kenyataan

Film seram dapat menolong kamu menyiapkan diri dan mental akan sebuah keadaan yang tiba-tiba yang bisa kamu terapkan di kehidupan nyata. Kamu menjadi lebih waspada terhadap situasi sekitar. Jadi gimana, masih takut nonton film horor gak nih?

Meskipun memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi film horor juga mungkin dapat menyebabkan seseorang meninggal karena ketakutan, terlebih lagi jika ia sudah memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya. Ketakutan dapat menyebabkan beberapa orang mengalami serangan jantung karena efek samping dari respon fight-or-flight.

Ketakutan atau stres saat menonton film horor dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon adrenalin. Hal ini menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga jantung harus bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk memompa darah. Jika seseorang sudah mempunyai masalah pada jantungnya dan mengalami ketakutan saat menonton film horor, maka peningkatan hormon adrenalin dapat membahayakan kesehatannya.

Tak hanya membahayakan jantung, tetapi menonton film horor juga dapat meningkatkan risiko pembekuan darah. Sebuah penelitian dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari 24 orang sebelum dan setelah menonton film horor. Hasilnya, terjadi peningkatan produksi protein pembekuan darah yang disebut dengan faktor VIII sehingga risiko pembekuan darah juga meningkat.

Namun, menonton film horor tidak berkaitan dengan faktor pembekuan darah lainnya. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa rasa takut sementara dapat memicu pembekuan darah, tapi tidak dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah. Pembekuan darah dalam merespon ketakutan mungkin terjadi sebagai cara tubuh untuk mengantisipasi kehilangan darah berat selama situasi berbahaya. Jadi, menonton film horor tidak benar-benar dapat membahayakan kesehatan kamu. Respon peningkatan pembekuan darah tampaknya normal terjadi saat kamu merasa ketakutan yang dipicu oleh menonton film horor.

Ya itulah ulasan mengenai perihal film horor untuk kesehatan dan gimana menurut kamu? Apa kamu tertarik terus-terusan menonton film horor demi kesehatan? Dan buat kamu yang selama ini takut menonton film tersebut, udah berani gak sekarang nontonnya? Ya itu sih tergantung kamu juga sih hehehe, nah sampai di sini dulu ya pembahasan kita kali ini dan sampai ketemu lagi di lain hari. See you bye bye….