Wednesday, 23 May 2018
Info

Bukan Hanya Rempah Biasa, Cengkeh Juga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Siapa yang tak tahu tanaman cengkeh, rempah yang sangat terkenal di Indonesia. Tanaman cengkeh ini memiliki wangi yang khas. Selain terkenal sebagai bumbu masakan, cengkeh juga baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat yang diberikan tanaman cengkeh untuk kesehatan? Yuk, langsung aja kita simak sama-sama artikel berikut ini.

Tanaman Cengkeh

 

Cengkeh adalah salah satu jenis rempah yang tumbuh di negara Indonesia yang digunakan sebagai bumbu. Cengkeh merupakan jenis rempah sejak zaman sejarah dan telah dicari oleh banyak pedagang, di Indonesia sendiri cengkeh lebih dikenal sebagai tembakau. Budidaya cengkeh saat ini semakin dilirik, khususnya dari kalangan para petani karena memang komoditas ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi kalau dibandingkan dengan rempah-rempah yang lain.

Dalam bahasa Inggris, cengkeh yang dikenal dengan nama ‘Cloves’ ini memang cukup populer. Tanaman ini merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dengan tinggi 10-20 m. Cengkeh dalam keadaan segar berwarna merah ketika mekar dan berwarna coklat kehitaman apabila dikeringkan, berbentuk seperti bunga kecil dan beraroma wangi. Cengkeh banyak dijual dalam bentuk kering atau bubuk. Sangat jarang ditemui cengkeh yang dijual dalam keadaan segar.

Cengkeh (Syzygium aromaticum) termasuk jenis tumbuhan perdu yang dapat memiliki batang pohon besar dan berkayu keras cengkeh mampu bertahan hidup puluhan bahkan sampai ratusan tahun, tingginya dapat mencapai 20 -30 meter dan cabang-cabangnya cukup lebat.

Cengkeh ini merupakan tanaman asli Maluku. Saat ini, produsen terbesar cengkeh adalah Zanzibar. Selain itu, tanaman ini juga banyak dibudidayakan di Sumatera, Jamaika, Brazil, India, Hindia Barat, Madagaskar dan daerah tropis lainnya. Di India dan Cina, cengkeh telah digunakan untuk menyingkirkan bau mulut sejak lebih dari 2000 tahun lalu.

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil rempah cengkeh. Tak heran kalau kamu dengan mudah menemukan aneka sajian khas Nusantara yang menggunakan cengkeh sebagai salah satu bumbu utama. Tangkai bunga kering ini mengandung sejumlah senyawa menyehatkan yang bisa kamu dapatkan. Kandungan alaminya berupa beberapa vitamin seperti vitamin C dan A, zat besi, kalium, natrium, fosfor, senyawa eugenol dan masih banyak lagi. Nah berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan:

  • Sebagai sumber energi

Cengkeh mengandung sumber energi yang kaya akan nutrisi serta vitamin seperti kalsium dan magnesium dan juga mampu mensuplai sumber energi dalam jumlah yang banyak serta merupakan serat makanan.

  • Mengobati sakit gigi

Minyak cengkeh telah digunakan berabad-abad lamanya untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempatkan atau mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

  • Mencegah inflamasi 

Kandungan flavonoid yang terdapat pada minyak cengkeh memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat bagi penyandang penyakit rematik. Cengkeh juga bisa digunakan sebagai ekspektoran untuk mencegah peradangan serta memperbaiki saluran pernapasan.

  • Melancarkan pencernaan

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah cocok digunakan untuk kamu yang mengalami pencernaan tidak lancar. Rempah sehat yang satu ini bisa kamu jadikan obat alami untuk membuat pencernaan lancar tanpa adanya penyakit penyumbatan pencernaan. Namun, pengunaannya harus diperhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat sehingga dapat mengiritasi lambung.

  • Melindungi fungsi hati

Benzen bekerja menstimulasi sejumlah enzim dalam liver untuk mendorong kemampuannya dalam menetralisir toksin dalam tubuh. Selain dalam cengkeh ditemukan kaempferol dan rhamnetin yang membantu menekan iritasi dan peradangan yang mungkin muncul pada fungsi hati. Kandungan anti oksidan yang demikian beragam dalam cengkeh memang bekerja efektif mengatasi toksin dalam tubuh sehingga meringankan kerja hati.

  • Memberi efek hangat

Cengkeh merupakan tanaman herbal yang kaya akan khasiatnya, baik dikunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskannya pada tubuh yang dingin karena cengkeh bisa memberikan efek yang hangat pada tubuh.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Eugenol yang terkandung pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah dan mencegah stroke. Sampai saat ini, para peneliti masih melakukan riset untuk mengetahui manfaat lain dari tanaman cengkeh bagi kesehatan jantung.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan sebuah studi yang diteliti, cengkeh memiliki efek yang cukup signifikan dalam mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

  • Sebagai antiseptik

Cengkeh memiliki kandungan eugenol yang dapat dijadikan pembersih kuman. Caranya yaitu dengan merebus sekitaran 15-20 lembar daun cengkeh, setelah itu air rebusan cengkeh campurkan ke dalam bak mandi. Pakai air yang telah dicampur air rebusan daun cengkeh untuk mandi dengan menggosoki badan kamu sampai bersih.

  • Melawan kanker

Meskipun belum benar-benar bisa dipastikan, namun studi menunjukkan bahwa cengkeh dapat menangkal penyakit kanker terutama kanker kulit, paru-paru dan juga saluran pencernaan.

  • Mengatasi sinusitis

Ada beberapa peneliti yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan masalah sinusitis. Cara pengobatannya untuk mengatasi sinusitis yaitu dengan memanfaatkan bubuk cengkeh kemudian meletakkannya pada bagian dalam hidung.

  • Antibakteri dan jamur

Cengkeh dapat menjadi cara yang alami untuk melawan bakteri yang membahayakan perut dan melawan kuman pada mulut. Selain itu, eugenol yang terdapat pada cengkeh telah terbukti memiliki kandungan anti jamur, serta efektif dalam melawan penyakit kulit yang disebabkan oleh cacing cincin.

Demikianlah kurang lebih penjelasan mengenai beberapa manfaat dari tanaman cengkeh untuk kesehatan. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian semua. Sekian dan sampai jumpa lagi…