Tuesday, 16 January 2018
Info

Benarkah Di Dalam Komedo Berisi Cacing Hidup? Simak Penjelasannya Di Sini

Hai guys apa kabarnya nih, sehat dong ya cyinnn. Bukan perempuan kalau tak memperhatikan penampilan dari atas sampai bawah, terutama untuk bagian wajah. Maka dari itu, ketika ada muncul komedo di wajah pasti mereka akan sibuk untuk menghilangkannya dengan berbagai cara. Ngomongin soal komedo, ada yang tahu gak cara alami untuk menghilangkan komedo? Dan benarkah bahwa komedo itu dalamnya cacing? Nah buat yang gak tahu, silahkan deh simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Komedo?

Komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di leher, dada, bahu punggung dan lengan. Hal ini karena ada banyak folikel rambut di daerah tersebut. Rambut tumbuh dari folikel rambut yang terletak di pori-pori. Nah, ada kelenjar khusus yang menghasilkan sebum atau minyak alami kulit di bawahnya.

Ketika pori-pori ini tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati, sel kulit mati yang berada di pori-pori tersebut dapat bereaksi dengan oksigen dan berubah warna menjadi hitam. Namun, bila kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat ini menutup, sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen dan akan berwarna putih.

Komedo ada dua jenis, yakni komedo hitam dan komedo putih. Penyebab munculnya komedo adalah akibat dari pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan. Selain itu memiliki minyak berlebih pada wajah juga menjadi penyebab munculnya komedo ini. Hal ini mungkin terjadi bila kamu termasuk orang yang jarang membersihkan muka, terutama setelah kamu menggunakan make up.

Sebenarnya ada dua faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya komedo pada wajah, yaitu usia dan perubahan hormon. Komedo sering muncul saat pubertas, di mana peningkatan hormon pada saat ini dapat memicu produksi minyak di bawah kulit. Produksi hormon androgen yang meningkat saat pubertas (baik pada laki-laki maupun pada perempuan) memicu produksi minyak atau sebum dan sel kulit mati lebih banyak

Benjolan komedo yang berukuran sangat kecil dan berwarna hitam pada permukaan kulit akan mudah terlihat oleh kita secara kasat mata. Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. Komedo bisa mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.

Komedo biasa muncul di wajah dengan ciri-ciri bintik kecil berwarna gelap. Warna gelap ini terbentuk dari pigmen melanin (yang dihasilkan sel-sel kulit) yang sudah kena paparan udara atau sinar matahari sehingga mengalami proses oksidasi.

Apa bedanya komedo dengan jerawat? Kamu mungkin tidak bisa membedakan antara komedo dengan jerawat. Padahal, keduanya adalah hal berbeda dan butuh penanganan yang berbeda pula. Jerawat biasanya berwarna putih karena nanah atau merah saat meradang, sedangkan komedo dapat berwarna hitam atau putih.

Warna merah pada jerawat ini bisa muncul karena terjadi peradangan pada kulit. Sementara komedo bukan terjadi karena peradangan, melainkan karena proses oksidasi. Dilihat dari ukuran, biasanya komedo berbentuk lebih kecil bahkan kadang mungkin kamu tidak menyadari bahwa kamu memiliki komedo. Sementara itu, jerawat bisa mempunyai ukuran yang cukup besar.

Faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah:

  • Penggunaan kosmetik yang dapat menutupi pori-pori kulit
  • Banyak mengeluarkan keringat
  • Bercukur yang dapat membuat folikel rambut terbuka
  • Stres atau kondisi lain yang berhubungan dengan perubahan hormon, seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dan PCOS
  • Penggunaan obat steroid seperti kortikosteroid

Bolehkah memencet komedo? Mungkin kamu pernah menghilangkan komedo dengan berbagai cara seperti memencet komedo atau menggunakan plester khusus. Bukannya hilang malah komedo semakin terlihat jelas pada hidung. Belum lagi memencet komedo dapat mengakibatkan hidung menjadi merah dan sakit.

Selain itu, memencet komedo juga akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah kamu. Pemencetan yang terus menerus dan dengan cara yang tidak tepat bisa menimbulkan bekas yang tidak sedap dipandang dan kerusakan pada kulit.

Akan tetapi, kalau dibiarkan komedo akan menjadi parah. Penyumbatan di pori-pori kulit membuat minyak terus menumpuk di bawah kulit. Ditambah lagi wajah yang kotor, berminyak dan kebiasaan memegang wajah membuat kuman mudah menempel di kulit. Hal ini kemudian membuat pori-pori kulit yang tersumbat menjadi iritasi dan membesar. Lama-kelamaan, pori-pori kulit tersebut akan pecah, sel darah putih masuk dan pori-pori menjadi merah dan bengkak.

Komedo Dalamnya Berisi Cacing

Pernahkah kamu mendengar bahwa komedo isinya cacing dan benarkah komedo merupakan rumah cacing? Komedo merupakan benda mati, namun di dalamnya bisa hidup cacing (bentuknya mirip cacing). Kutu atau cacing ini bernama Demodex SP yang memiliki ukuran 0,3-4 milimeter saja.

Sama seperti cacing lainnya, Demodex ini memiliki tubuh yang panjang, kakinya kira-kira berjumlah 8 dan pendek. Bentuk tubuhnya transparan dan bersegmen dua. Demodex ini masih termasuk dalam golongan jenis kutu atau tungau namun tidaklah berbahaya walaupun bertahan hidup di folikel rambut di pori-pori.

Mikroorganisme satu ini dapat berkembang baik dan cara perkembangbiakkannya adalah dengan bertelur dan akan bertelur pada saat usia tiga hingga empat hari kemudian akan mati pada usia seminggu. Dan jika cacing ini sudah mati maka akan terurai ke dalam pori-pori kulit dan menyatu dengan pori-pori kulit.

Sudah jelas bukan penjelasan tentang komedo yang katanya isinya cacing? Jadi, komedo cacing tersebut hanyalah kutu yang bisa hidup di kulit manusia yang menyatu dengan komedo. Lagipula ini sangat jarang terjadi, karena demodex yang dianggap sebagai cacing ini umumnya ditemukan hidup di bagian tubuh yang berbulu seperti folikel rambut, alis atau hidung.

Cara Menghilangkan Komedo

Munculnya komedo adalah akibat dari kebiasaan yang kurang menjaga kebersihan kulit wajah. Jadi disarankan agar lebih sering mencuci dan membersihkan wajah apalagi ketika hendak tidur malam. Masih menempelnya sisa make up di wajah bisa menyebabkan munculnya komedo. Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan komedo:

  • Putih Telur

Menggunakan putih telur adalah salah satu bahan perawatan komedo alami. Berdasarkan penelitian putih telur mengandung beberapa bahan berguna seperti protein juga asam amino. Fungsi protein dan asam amino ini adalah dapat menyempitkan atau mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi minyak tidak dilakukan berlebihan.

Produksi minyak yang berkurang akan menekan pertumbuhan komedo. Kandungan bahan lainnya yang dimiliki putih telur adalah asam folat. Fungsi asam folat ini bagi kulit adalah menghaluskan kembali kulit yang kasar karena tumbuhnya komedo.

Pakai saja 1 putih telur yang kemudian bisa dikocok lebih dulu hingga hasilnya mengembang, lalu oles putih telur yang sudah dikocok tersebut pada wajah. Bila ingin mengolesnya hanya pada bagian yang terdapat komedo saja pun sangat boleh.

Setelah itu, tunggulah sekitar 10-15 menit atau diamkan sampai larutan putih telur tersebut kering di kulit kamu. Ketika sudah kering atau didiamkan selama 15 menit, wajah bisa dibersihkan dengan cara membasuhnya memakai air hangat. Sesudah membersihkan dengan air hangat, tak lupa terakhir basuh menggunakan air dingin agar pori-pori yang terbuka bisa menutup kembali.

  • Lemon

Lemon juga dikenal memiliki sifat antiseptik dan antioksidan, dengan ini menjadikan obat rumahan populer untuk menghilangkan komedo dari hidung dan wajah, karena lemon cukup asam. Campurkan perasan jeruk lemon dengan sedikit air dalam mangkuk. Tambahkan garam ke dalam campuran untuk membuatnya lebih efektif. Oleskan campuran pada wajah dan hidung.

Biarkan semalam dan cuci di pagi hari dengan air hangat. Garam dan kemampuan asam alami dari lemon membuat kombinasi sempurna dalam mengeringkan komedo. Seketika, kamu akan merasa bahwa komedo kamu akan berkurang. Kulit kamu akan menjadi lebih bersih dan bercahaya.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut kepala. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang seringkali mengganggu tampilan kulit wajah kamu. Kandungan mineral yang ada pada lidah buaya diindikasi mampu mengangkat dan menghilangkan komedo pada kulit wajah. Gunakan daging lidah buaya yang dioleskan pada wajah kamu.

Jangan lupa untuk melakukan pijatan-pijatan lembut setiap kali kamu oleskan lidah buaya ke kulit wajah kamu. Lakukan pijatan terutama pada daerah yang banyak ditumbuhi komedo. Pijatan ini akan membuat komedo mudah terangkat saat nanti dilakukan pembilasan pada wajah. Diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air hangat. Kamu akan merasakan sendiri khasiat lidah buaya dalam menghilangkan komedo pada kulit wajah kamu.

  • Tomat

Bahan alami lain yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo adalah tomat. Selain mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran kulit, tomat juga mengandung vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah.

Gunakan tomat sebagai masker wajah dengan menghaluskannya dan dicampurkan dengan minyak zaitun. Oleskan masker tomat pada wajah terutama daerah yang berkomedo sampai masker mengering. Lakukan bilasan untuk merasakan hasil perawatan cara menghilangkan komedo secara alami, cepat dan ampuh menggunakan tomat.

  • Telur Dan Madu

Kamu dapat membuat masker penghilang komedo yang efektif dengan mencampur putih telur dan madu. Terapkan pada seluruh wajah, berkonsentrasi pada daerah hidung di mana komedo terlihat. Diamkan masker selama tiga puluh menit atau sampai wajah kamu terasa kencang lalu bersihkan masker menggunakan air hangat. Perawatan ini akan menghilangkan komedo dan juga akan membuat wajah kamu akan menjadi mulus dan bersinar setelah kamu melakukan pengobatan alami ini.

  • Baking Soda

Membuat pasta baking soda dengan menambahkan sedikit air sampai terlihat seperti es krim meleleh. Menggosokannya hanya ke daerah-daerah di mana komedo berada. Pastikan menggosokan dengan gerakan lembut untuk tidak membahayakan kulit lalu bilas dengan air hangat setelahnya. Campuran baking soda akan mengeringkan komedo. Baking soda juga memiliki sifat pemutihan yang membuat kulit bersinar dan mencerahkan serta menghilangkan komedo dari hidung dan wajah.

  • Daun Teh Hijau

Teh hijau paling efektif untuk menyingkirkan komedo. Sifat antioksidan akan membantu kulit dalam menyingkirkan kotoran dan bakteri penyebab segala bentuk jerawat, termasuk komedo. Bila kamu menggunakannya sebagai pelembap alami sehari-hari, bisa dibawa dalam perjalanan kamu untuk bebas komedo di hidung dan wajah.

  • Uap Air Panas

Uap dari air panas efektif dalam membuka pori-pori kulit wajah yang kemudian akan mendukung keluarnya komedo. Panaskan air secukupnya yang kemudian bisa dituang ke sebuah wadah berupa mangkok atau baskom. Wajah bisa diposisikan tepat berada di atas wadah air panas tersebut, lalu uap bisa disapukan pada wajah.

Proses penguapan ini bisa dilakukan sekitar 3-5 menit, namun pastikan bahwa kamu juga melakukannya sambil memberi pijatan lembut pada kulit yang berkomedo. Saat komedo berhasil dikeluarkan, langsung pakai saja handuk bersih untuk membersihkan wajah kamu.

  • Banyak Minum Air Putih

Minum air putih tak sekadar demi mencegah dehidrasi, karena lebih dari itu air putih mampu memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit secara alami. Percaya atau tidak, air putih mampu mendorong supaya cacing komedo dapat keluar melalui keringat yang keluar dari kulit. Jadi, saat minum air putih 8-10 gelas setiap harinya tak hanya akan terhindar dari bahaya dehidrasi tapi juga terhindar dari komedo mengganggu.

  • Minyak Kelapa Dan Gula

Selain di dagu dan hidung, ternyata komedi juga bisa tumbuh di tubuh kamu. Whitney Bow, seorang dermatolog di New York menyarankan untuk melakukan eksfoliasi pada tubuh menggunakan minyak kelapa dan gula. Scrub yang terbuat dari minyak kelapa dan gula tersebut dapat menyingkirkan sel kulit mati, menghilangkan komedo di badan dan membuat kulit terasa lebih halus.

  • Kunyit Kasturi

Di samping fungsinya sebagai bumbu rempah makanan tradisional, kunyit juga bisa digunakan sebagai masker penghilang komedo. Tapi perlu diingat juga kalau jenis kunyit biasa dapat menodai kulit, dampaknya kulit bisa berwarna kuning jingga. Kunyit yang bisa digunakan dalam membuat masker adalah kunyit kasturi.

Caranya, ambil satu sendok makan kunyit kasturi ke dalam campuran minyak kelapa hingga teksturnya seperti pasta. Oleskan ke bagian wajah yang terdapat komedo, diamkan sampai 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin untuk mencegah komedo datang lagi.

  • Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dimiliki jeruk nipis teruji klinis mampu menghilangkan komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit. Karena itu beberapa kosmetik menggunakan bahan baku jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kulit terutama kulit berminyak yang sering bermasalah dengan komedo. Lakukan perawatan kulit kamu yang berkomedo menggunakan jeruk nipis dengan memotong buahnya menjadi dua dan peras airnya. Perasan jeruk nipis ini gunakan sebagai masker yang dioleskan pada kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo.

Setiap kali kamu menerapkan atau mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit wajah kamu, lakukan pijatan lembut pada daerah yang berkomedo. Tujuan pijatan ini adalah untuk memudahkan komedo terangkat dari pori-pori kulit. Diamkan 10-15 menit atau tunggu hingga kering jeruk nipis yang kamu oleskan pada wajah. Lakukan bilasan dengan air hangat pada wajah kamu. Komedo akan terangkat dan luruh bersama air saat kamu membilas wajah. Kulit wajah kamu akan terasa lebih halus dan tanpa komedo.

  • Minyak Pohon Teh

Dikenal karena sifat antiseptik yang efektif menyembuhkan noda kulit, minyak pohon teh dapat menjadi pengobatan terbaik terhadap komedo. Terapkan ini setiap hari pada wajah, kamu harus memberi perhatian ekstra ke daerah hidung yang rentan terhadap komedo. Ini tidak hanya akan menghilangkan komedo, juga akan mencegahnya datang kembali.

  • Mengonsumsi Banyak Sayuran Dan Buah

Buah dan sayur merupakan sumber makanan yang mampu menjaga kesehatan tubuh serta kulit kita. Kandungan nutrisi di dalamnya pun berefektivitas tinggi dalam melawan masalah kulit berupa komedo. Sayur serta buah dengan kandungan tinggi vitamin C, vitamin A dan vitamin B adalah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi.

Tips lain Untuk Menghilangkan Komedo:

  • Kunjungi dokter kulit jika komedo masih ada.
  • Jangan memakai terlalu banyak make up.
  • Jangan mencuci wajah menggunakan pembersih wajah yang keras.
  • Kamu harus memiliki kesabaran saat menggunakan metode ini karena membutuhkan waktu untuk memperoleh hasil terbaik dan tergantung pada daerah yang terinfeksi, tetapi menggunakan salah satu metode secara teratur akan memberikan hasil untuk jangka panjang.
  • Jangan memilih untuk memijit komedo untuk mengeluarkannya karena dapat menambah lebih banyak bakteri pada kulit.
  • Jangan menyentuh wajah kamu setiap menit untuk menghindari bakteri.

Pencegahan Timbulnya Komedo

Cuci muka secara teratur. Mencuci muka sebelum dan setelah tidur dapat membuang penumpukan minyak yang menyebabkan komedo, terutama jika sebelumnya kamu mengonsumsi makanan-makanan berminyak (minyak dari makanan dapat menyumbat pori-pori). Gunakan sabun yang ringan dan lembut. Usahakan untuk tidak mencuci muka lebih dari dua kali sehari karena hal tersebut berisiko memperburuk jerawat yang ada dan membuat kulit mengalami iritasi.

Menggunakan produk pengupas kulit mati. Cobalah menggunakan produk pengupas kulit seperti scrub dan masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Cari produk yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Sebaiknya tanyakan kepada dokter mengenai produk yang aman.

Mencuci rambut tiap hari. Cucilah rambut kamu tiap hari, terutama ketika rambut kamu berminyak. Minyak rambut dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang akhirnya mengakibatkan komedo.

Gunakan produk yang tidak mengandung minyak. Pilih riasan, losion dan tabir surya yang tidak mengandung minyak. Beberapa produk kecantikan yang mengandung minyak bisa memperparah komedo.

Demikianlah penjelasan di atas tentang komedo tersebut ya serta penjelasan tentang komedo yang berisi cacing. Nah karena sudah dijelaskan semua, maka sekian dulu ya pembahasan kita kali ini dan semoga artikel ini bermnafaat…