Monday, 20 November 2017
Info

Bagaimana Bisa Ada Orang Memiliki Jari Lebih Dari Lima? Yuk, Lihat Disini Jawabannya

Pernahkah kamu melihat orang yang memiliki jari lebih dari lima? Ya, tentu aja pernah dong. Sebagian orang memiliki jari tangan dan kaki yang lebih dari lima. Lalu kira-kira apa nama penyakit tersebut ya dan apa penyebabnya? Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Polidaktili?

Fenomena memiliki jari tangan dan kaki yang lebih banyak dari lima disebut dengan istilah polidaktili. Polidaktili adalah kelainan fisik bawaan pada manusia yang ditandai dengan memiliki jari tangan atau jari kaki tambahan sehingga tampilannya lebih banyak dari lima. Polydactyly berasal dari bahasa Yunani “polys” yang berarti “banyak” dan “daktylos” yang berarti “jari”.

Kelebihan jari ini ada yang bentuknya sempurna tapi ada juga yang dempet dengan jari lainnya. Jari tambahan tersebut biasanya terletak di sisi ibu jari (radial), kelingking (ulnar) atau di tengah (central). Jari tambahan ini umumnya kecil dan berkembang tidak normal tapi ada beberapa orang yang jari tambahannya sempurna seperti jari lainnya. Bila jumlah jarinya enam disebut seksdaktili dan bila tujuh disebut heksadaktili. Polidaktili terjadi pada 1 dari 1.000 kelahiran.

Kemungkinan penyebab polidaktili terjadi bila ada kesalahan dalam proses ini sehingga terbentuklah jari tambahan dari satu jari yang terbelah lagi menjadi dua. Selama perkembangan embrio dalam kandungan, tangan yang awalnya berbentuk dayung mirip kaki bebek akan terbelah menjadi lima jari yang terpisah satu sama lain. Berikut ini penyebab lainnya yang membuat tangan memiliki jari lebih dari lima:

Cacat lahir

Kelainan fisik ini bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor yang menyebabkan anak lahir dengan cacat fisik, misalnya terkena paparan radiasi nuklir, sinar gamma dan sinar rontgen. Foto rontgen yang terlalu sering dan berulang pada kehamilan kurang dari 12 minggu dapat memberikan gangguan berupa kecacatan lahir pada janin.

Banyak pula zat dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit tertentu juga berisiko tinggi menyebabkan cacat lahir pada anak jika dikonsumsi saat hamil dan alkohol adalah salah satunya. Ibu hamil yang mengonsumsi minuman keras terutama di trimester pertama dapat menyebabkan kecacatan fisik pada janinnya, juga meningkatkan risiko kelainan yang dikenal dengan sebutan fetal alcoholic syndrome.

Terkena paparan virus gawat selama kehamilan seperti TORCH, toksoplasma, rubella, cytomegalovirus, sipilis dan herpes juga bisa meningkatkan risiko anak kamu memiliki banyak jari lebih dari lima. Infeksi TORCH dapat menimbulkan berbagai kecacatan lahir, keguguran sampai kematian janin dalam kandungan.

Kelainan genetik dan kromosom

Polidaktili bisa diturunkan secara genetik (autosomal dominan). Jika salah satu pasangan suami atau istri memiliki polidaktili, maka akan sangat besar kemungkinannya anak akan mengalami hal yang sama. Kelainan genetik pada ayah atau ibu kemungkinan besar juga akan berpengaruh pada polidaktili yang dialami anak.

Selebriti Yang Memiliki Kelainan Pada Jari

Semua orang pasti punya selebriti favorit, apalagi mereka memiliki penampilan yang menawan, suara yang indah serta akting yang memukau tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi setiap orang. Namun pada kenyataannya, para selebriti juga tetap seorang manusia. Dibalik kesempurnaan yang terlihat, ternyata mereka juga memiliki kekurangan pada fisik. Berikut ini adalah selebriti-selebriti tersebut:

Hritik Rosan

Siapa yang tidak mengenal selebriti Bollywood yang satu ini? Meski sempat dipermalukan saat kecil akibat jempol kembar pada tangan kanannya, kini Hrithik tak lantas membuang salah satunya. Justru sepertinya di situlah letak keberuntungannya.

Asthon Kutcher

Apakah kamu melihat ada yang tampak aneh dari wajah Asthon Kutcher? Mungkin jawabannya tidak. Tak banyak orang yang tahu jika bintang film jOBS ini memiliki jari kaki yang bercabang. Akan tetapi, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi ketampanan dan kemampuan aktingnya.

Gemma Arterton

“Aku lahir dengan banyak kekurangan,” ujar bintang James Bond “Quantum of Solace” itu. Ada beberapa ketidaksempurnaan yang dimilikinya, salah satunya jari-jari berlebih di kaki dan tangannya. Gemma terlahir dengan enam jari di setiap tangannya. Telingannya sebenarnya juga memiliki bentuk yang tidak biasa, namun kini aktris cantik itu telah melakukan operasi pada telinganya tersebut.

Jennifer Garner

Tidak banyak orang yang menyadari kalau bintang serial “Alias” ini memiliki ketidaksempurnaan pada kakinya. Jennifer lahir dengan jari kaki kelingking yang bertindihan dengan jari manis. Kondisi ini dalam dunia medis disebut brachymetatarsia, di mana satu dari lima tulang di kaki lebih pendek dari yang lainnya.

Megan Fox

Sejak lahir, Megan sudah memiliki ibu jari yang bentuknya pendek. Kondisi tersebut disebut brachycdactyly, di mana ibu jari berbentuk pendek dengan kuku yang lebar. Meski begitu jari bintang “Transformers” tersebut tetap bisa digunakan dengan baik. Kondisi itu biasanya terjadi karena keturunan atau bisa juga disebabkan kecelakaan saat kecil.

Oprah Winfrey

Mirip dengan Jennifer Garner, Oprah juga mempunyai ketidaksempurnaan pada kakinya. Presenter yang sering dinobatkan sebagai selebriti terkaya di dunia itu memiliki enam jari kaki.

Ya itulah penjelasan tentang apa itu polidaktili serta selebriti yang mengalami kelainan pada jari mereka. Ya meskipun memiliki kekurangan, namun hal tersebut tidak mengahalangi mereka dalam berkarir. Sampai sini dulu ya pembahasan kita…