Sunday, 17 December 2017
Info

Apa Yang Menyebabkan Tindak Kriminalitas Semakin Tinggi? Berikut Ini Faktornya

Tingginya tingkat kriminalitas bukan lagi hal yang asing lagi di beberapa negara, bahkan anak-anak remaja sudah berani melakukan tindakan kriminal. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan semua hal yang menyangkut kriminal tersebut bisa terjadi? Untuk mendapatkan jawaban yang lenih jelas lagi, mari kita simak sama-sama artikel di bawah ini.

Apa Itu Tindak Kriminal?

Tindak kriminal adalah segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Pelaku kriminalitas disebut seorang kriminal. Biasanya yang dianggap kriminal adalah seorang pencuri, pembunuh, perampok atau teroris. Tidak bisa dipungkiri, kriminalitas sudah menjadi bagian dari kehidupan bersosial dan bermasyarakat. Kriminalitas pun tidak dilakukan dengan sendirinya, melainkan karena ada niat dan kesempatan untuk melakukannya bahkan tindak kriminalitas yang melibatkan kalangan usia remaja juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Apalagi kalau menjelang hari raya Idul Fitri maka aksi kriminalitas marak terjadi belakangan. Bahkan pelaku tidak segan untuk melukai dan menembak korbannya hingga tewas. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara dan bahkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia. Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan data dari tahun 1997, Indonesia sudah menempati posisi tersebut di bawah China, India dan Amerika Serikat. Hal ini sangat memilukan mengingat semakin banyaknya penduduk maka kepadatan penduduk pun juga tinggi.

Apa hubungan kepadatan penduduk dengan tindak kriminalitas? Sebenarnya dampak kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia yaitu karena jumlah pengangguran menjadi meningkat akibat kurangnya lapangan pekerjaan sehingga memicu peningkatan angka kemiskinan. Dengan kondisi yang bisa dibilang kepepet, akhirnya orang akan mempunyai cara tersendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menghalalkan segala cara. Seperti kegiatan mencuri, menipu, pencopetan dan perampokan yang disertai dengan kekerasan yang belakangan ini masih sering terjadi. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkan tindak kriminalitas semakin bertambah:

Faktor Ekonomi

Faktor pertama ini memang sangat berpengaruh terhadap tingginya angka kriminalitas, kenapa? Kondisi bangsa Indonesia yang perekonomiannya semakin merosot menimbulkan banyak penderitaan bagi rakyat Indonesia. Meningkatnya angka kriminalitas di Indonesia bisa dilihat dari faktor ekonomi. Banyaknya pengangguran yang terjadi di mana-mana dikarenakan kurangnya keterampilan atau pendidikan seseorang atau dikarenakan masih terbatasnya lapangan pekerjaan di Indonesia.

Tuntutan akan kebutuhan membuat sejumlah orang yang tertekan keadaan ekonominya menjadi lebih agresif lagi dalam hal mencari nafkah. Ditambah lagi keinginan untuk mendapatkan penghasilan secara instan menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang mempunyai kenekatan dan nyali untuk melakukan aksi kejahatan.

Ketergantungan Narkoba

Tidak menutup kemungkinan dan memang banyak fakta di lapangan yang menjadi faktor mengapa banyak orang mulai nekat untuk melakukan aksi kejahatannya juga didasari oleh kebutuhan dalam mencukupi efek ketagihan obat–obatan terlarang bagi mereka yang sudah menjadi pecandu.

Tidak peduli dengan kebutuhan sehari hari selain bagaimana mereka bisa mendapatkan uang secara instan lalu bisa membeli obat – obatan yang sudah menjadi kebutuhan utamanya sejak ia menjadi pecandu. Seseorang yang sudah kecanduan atau seseorang yang memiliki mentalitas yang labil pasti akan mempunyai jalan pikiran yang singkat tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Layaknya seorang preman jika ingin memenuhi kebutahannnya mungkin dia hanya akan menggunakan cara yang mudah seperti meminta pungutan liar, pemerasan dan lain sebagainya.

Faktor Lingkungan

Hal yang juga sangat mendukung dan membentuk karakter seseorang, mengapa mereka menjadi berani melakukan bermacam tindak kejahatan adalah pengaruh dari lingkungan juga. Lingkungan yang baik akan membentuk banyak pribadi yang baik dan begitu pula sebaliknya. Entah itu dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar. Mereka yang sudah terdoktrin oleh lingkungan bahwa seorang saja tidak melakukan tindakan kriminal di lingkungan itu akan dianggap sebagai minoritas.

Faktor Agama

Angka kriminalitas yang tinggi di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak? Seseorang mampu melakukan kejahatan disebabkan pula karena kurangnya iman dan takwa kepada Tuhan sehingga seseorang dengan gampang melakukan perbuatan kriminal. Di tengah kondisi bangsa Indonesia yang kritis seperti sekarang ini, seseorang harus lebih banyak mendekatkan diri kepada Tuhan dan lebih banyak beribadah sehingga dapat memperkuat iman dan takwa agar dijauhkan dari segala perbuatan-perbuatan dosa. Namun banyaknya aliran-aliran sesat yang dapat menyesatkan manusia ke jalan salah dan membuat seseorang tertipu dan dapat menuruti semua ajaran-ajaran yang sesat itu.

Gaya Hidup

Banyak orang ingin semakin bersaing dalam hal kesejahteraan materi dan banyak orang juga tidak lagi mengenal bagaimana mendapatkan sebuah penghasilan dengan cara yang benar karena yang terpenting adalah menghasilkan. Mereka menilai bahwa penghasilan dapat didapatkan dengan mudah ketika bisa mengimbangi gaya hidup orang lain. Banyak faktor yang dapat menyebabkan tindakan kriminal ataupun kejahatan namun perlu disadari, faktor kemiskinanlah yang menjadi modal awal terjadinya tuntutan kebutuhan hidup. Pasalnya dengan hidup dalam keterbatasaan maupun kekurangan akan mempersulit seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya. Baik dari segi kebutuhan sandang (pakaian), pangan (makanan), papan (tempat tinggal) dan juga pendidikan serta kesehatan.

Pengaruh Minuman Keras

Seseorang yang tadinya mempunyai kondisi psikis yang baik maka selanjutnya orang juga akan mempunyai dampak psikis yang mengarah kepada perilaku kriminal jika meminum minuman keras. Biasanya minuman beralkohol akan membuat orang menjadi lebih sensitif dan mudah marah.

Minum minuman keras (miras) merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan, menimbulkan suatu tindak pidana serta menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Minuman keras atau miras akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian seperti adanya miras oplosan, tingginya kecelakaan lalu lintas di bawah pengaruh alkohol, banyaknya tindak pidana yang bermula karena pengaruh miras sehingga perlu adanya perhatian khusus dalam mengatasi miras.

Ya, demikianlah beberapa faktor yang dianggap sangat berpengaruh terhadap tingginya tingkat kriminalitas. Diharapkan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan masyarakat agar tidak terjadi lagi yang namanya tindakan kriminalitas di negara ini.