Sunday, 8 December 2019
history

Sejarah Boneka Barbie Dan Kisah Menariknya

Siapa sih yang gak tau apa itu boneka Barbie, setiap perempuan yang cantik selalu diidentikkan dengan Barbie. Ya, walaupun gak semua perempuan memainkan boneka ini tetap aja boneka ini sangat dikenal oleh semua orang. Nah dibalik kecantikan dan keanggunan boneka ini, ternyata ada kisah menariknya lho guys. Ternyata bukan hanya sekedar boneka, penasaran? Yuk, kita simak sama-sama.

Sejarah Boneka Barbie

Boneka ini merupakan mainan terkenal yang diproduksi perusahaan Amerika yaitu Mattel. Diperkenalkan pada bulan Maret 1959 dan pembuat boneka ini adalah Ruth Handler. Wanita ini mendapatkan inspirasi dari sebuah boneka asal Jerman yang bernama Bild Lilli. Awalnya ia memperhatikan anak perempuannya yang bernama Barbara sedang bermain boneka yang dibuatnya dari kertas dan dia melihat bahwa anaknya bermain dengan boneka yang dibuatnya tersebut layaknya berbicara dengan orang dewasa.

Pada saat itu, kebanyakan boneka yang beredar untuk anak-anak adalah yang berbentuk bayi. Menyadari hal tersebut akan menjadi suatu masalah dalam pemasaran, Ruth memiliki ide untuk membuat boneka dewasa dan ia pun menyampaikan keinginannya pada sang suami Elliot, co-founder dari perusahaan mainan Mattel.

Suatu ketika dalam perjalanannya ke Eropa pada tahun 1956 bersama dengan anaknya Barbara dan Kenneth, Ruth Handler melewati toko yang menjual sebuah boneka di Jerman yang bernama Bild Lilli. Akhirnya Ruth pun membeli tiga boneka tersebut, salah satunya diberikan kepada anak perempuannya dan kedua boneka yang lain diberikan ke Mattel.

Kembali ke Amerika Serikat, Ruth mendesain ulang boneka tersebut dengan bantuan Jack Ryan dan diberikan nama baru, yap diberi nama Barbie. Boneka Barbie muncul pertama kali dalam ajang American International Toy Fair di New York pada 9 Maret 1959. Tanggal ini juga ditetapkan sebagai ulang tahun boneka tersebut. Keren kan bonekanya punya tanggal ulang tahun, gak mau kalah sama manusia hehehe.

Mattel mengakuisisi hak cipta dari boneka Lilli pada 1964 dan produksi dari boneka Lilli pun dihentikan. Boneka Barbie yang pertama tampil menggunakan pakaian renang berwarna hitam putih dan rambut menyerupai bentuk ekor kuda serta tersedia dalam warna pirang atau coklat. Boneka tersebut dikenal sebagai “tren anak remaja” dengan baju yang didesain oleh fashion designer dari Mattel, Charlotte Johnson. Boneka Barbie yang pertama diproduksi di negara Jepang, sekitar 350.000 boneka terjual dalam tahun pertama masa produksi. Lumayan banyak juga ya guys.

Bagian Penting Dalam Pemasaran

Ruth Handler berpendapat bahwa Barbie harus tampil dalam versi dewasa dan menurut analisa pasar menunjukkan beberapa orang tua merasa tidak senang dengan bentuk dada dari boneka tersebut karena tidak memiliki buah dada. Penampilan Barbie terus diperbarui, cukup terlihat pada 1971 ketika boneka Barbie sudah memiliki tampilan mata yang cukup tegas dibandingkan model sebelumnya dan Mattel mengklaim sekitar tiga boneka Barbie terjual setiap detiknya.

Ukuran standar dari boneka Barbie dan aksesorisnya adalah skala 1/6 dan biasa disebut playscale. Ukuran boneka yang standar berkisar 11½ inchi. Namun boneka cantik ini tidak hanya berfokus pada produksi boneka dan aksesorisnya saja, melainkan juga memproduksi buku, pakaian, make up bahkan sampai permainan videonya pun ada. Barbie juga sudah muncul dalam serial animasi sebagai karakter pendukung dalam Toy Story 2 dan Toy Story 3.

Barbie telah menjadi bagian penting dalam penjualan di pasar boneka dan telah menjadi mainan yang banyak kontroversi. Akan tetapi, boneka ini sudah terjual sampai miliaran sehingga perusahaan pun menjadi besar dan mendapatkan banyak keuntungan. Sayangnya penjualan boneka ini mengalami penurunan sejak tahun 2014. Boneka tersebut merubah bisnis mainan di komunitas makmur seluruh dunia. Dia memiliki dampak signifikan terhadap nilai-nilai sosial dengan menyampaikan karakteristik kemandirian perempuan dan dengan banyak aksesorisnya.

Barbie sudah menjadi ikon kultural dan diberikan penghormatan tersendiri. Tahun 1974, bagian dari Times Square di New York City diubah namanya menjadi Barbie Boulevard dalam beberapa minggu. Tahun 1985, pelukis Andy Warhol membuat lukisan mengenai Barbie. Dan tahun 2013 di Taiwan, sebuah restoran bertema Barbie yang pertama bernama “Barbie Cafe” dibuka untuk umum.

Dibalik Kecantikan Boneka Barbie

Barbie merupakan mainan pertama di dunia yang latar belakang dibuat secara khusus dan dipublikasikan oleh media. Pada tahun 1960, penerbitan Random House membuat serangkaian novel yang menceritakan tentang riwayat hidup boneka ini. Bukan hanya sekedar boneka, boneka barbie ini dikisahkan memiliki nama lengkap Barbra Millicent Roberts yang terlahir dari pasangan suami istri George dan Margaret Roberts yang tinggal di kota Willows, Wisconsin.

Sebagai gadis cantik, Barbie disukai banyak pria di kotanya. Namun dari sekian banyak pria, satu-satunya pria yang berhasil merebut hatinya adalah Ken dan nama lengkapnya Ken Carson. Kisah cinta mereka dimulai pada tahun 1961. Hubungan Barbie dan Ken tidak berjalan mulus dan sering mengalami putus-sambung. Hubungan mereka berakhir tahun 2004, ketika Mattel menyatakan secara resmi bahwa Barbie dan Ken memutuskan untuk berpisah. Namun bulan Februari 2006, Mattel menyatakan kisah asmara Barbie dan Ken terjalin kembali.

Barbie memiliki 6 bersaudara, yaitu :

1. Skipper Roberts (biasa dipanggil Skipper, diperkenalkan oleh Mattel pada tahun 1964)yang merupakan adik perempuan Barbie.
2. Sepasang saudara kembar, Todd dan Tutti (kedua karakter ini diperkenalkan tahun 1960. Pada tahun 1990, Tutti berganti nama menjadi Stacie).
3. Kelly Robertson (disebut juga Kelly atau Shelly. Karakter ini diperkenalkan pada tahun 1995) yang merupakan adik bungsu Barbie. Kelly biasanya tampil dalam wujud anak berusia 4 tahun.
4. Krissy Roberts (diperkenalkan Mattel pada tahun 1999) yang juga salah satu adik Barbie yang kurang populer. Karakter Krissy ditarik dari peredaran pada tahun 2001.
5. Chelsea (diperkenalkan Mattel pada tahun 2011) adalah adik Barbie yang muncul di pertengahan tahun 2011.

Kenapa bernama Barbie? Nama Barbie sendiri terinspirasi dari nama anak perempuan Ruth dan Elliot Handler yaitu Barbara. Sementara nama Ken kekasih Barbie adalah nama anak laki-laki mereka yaitu Kenneth. Jika dikonversi menjadi seukuran manusia, maka postur Barbie adalah : Berat : 49 kg, Tinggi : 161 cm dan Ukuran vital : 29 – 46 – 84cm.

Demikianlah cerita Barbie ini untuk kalian ketahui, tidak hanya sekedar boneka kan tapi boneka itu punya kisah yang unik? Paling tidak kalian udah mengetahui sedikit tentang boneka cantik ini. Sampai sini dulu ya pembahasan kita, see you…