Thursday, 19 July 2018
health

Pengertian Nutrisi Beserta Fungsinya Untuk Tubuh

Setiap orang membutuhkan nutrisi agar tubuh tetap berenergi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Nah kamu sebenarnya tahu gak apa itu nutrisi dan apa saja fungsinya untuk tubuh serta bagaimana kita mendapatkan nutrisi tersebut? Untuk mengetahuinya lebih jelas lagi, mari kita simak sama-sama artikel di bawah ini.

Pengertian Nutrisi

Nutrisi atau gizi adalah zat yang dibutuhkan mahluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan dan untuk berlangsungnya fungsi normal pada setiap jaringan dan organ tubuh. Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti membutuhkan nutrisi atau gizi untuk keberlangsungan hidupnya. Karena nutrisi merupakan substansi organik yang berperan dalam semua sistem kerja pada tubuh agar prosesnya berlangsung secara normal.

Nutrisi juga dapat dikatakan sebagai suatu proses organisme yang menggunakan objek utamanya yaitu makanan yang sering dikonsumsi dalam kondisi yang normal, dengan menggunakan proses degesti, absorsi serta metabolisme yang pada nantinya akan membuang beberapa zat yang memang tidak digunakan oleh tubuh atau dengan kata lain cara perolehan nutrisi yaitu melalui pemecahan sari-sari makanan oleh sistem pencernaan.

Jenis-Jenis Nutrisi

Setiap nutrisi atau gizi tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Tubuh kita menggunakan nutrisi untuk mendapatkan energi bagi pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Setiap hari, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Nah karena itu kamu juga harus tahu jenis-jenis dari nutrisi yang baik untuk tubuh:

  • Lemak

Lemak atau lipid diperlukan tubuh karena berfungsi menyediakan energi sebesar 9 kilokalori/gram. Lemak juga menjadi peranan yang cukup penting di dalam membentu membrane yang mengelilingi sel di dalam tubuh sehingga dapat membantu untuk pembekuan darah.

Saat dicerna dan juga diserap oleh tubuh, lemak sendiri membantu untuk penyerapan vitamin tertentu seperti A, D, E, K dan lemak sendiri disimpan di dalam bantalan organ penting yang ada di dalam tubuh sehingga membantu untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin yang berlebihan.

Lemak merupakan unit penyimpanan yang baik untuk energi dan kelebihan energi dari makanan yang kamu makan diubah menjadi lemak dan disimpan untuk digunakan di lain waktu. Berdasarkan struktur kimianya, lemak dibedakan menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh biasanya cair pada suhu kamar. Minyak nabati dan lemak yang ditemukan dalam biji merupakan contoh dari lemak tak jenuh. Lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar dan ditemukan dalam daging, susu, keju, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah molekul yang terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Sumber makanan utama karbohidrat adalah biji-bijian, susu, buah-buahan dan sayuran bertepung seperti kentang. Sayuran yang bukan tepung juga mengandung karbohidrat, tetapi dalam jumlah yang lebih rendah.

Satu gram karbohidrat menghasilkan empat kilokalori energi untuk sel-sel dalam tubuh untuk melakukan pekerjaan. Selain memberikan energi dan berfungsi sebagai bahan penyusun untuk makromolekul lebih besar, karbohidrat sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf, jantung dan ginjal.

Tubuh kamu akan menggunakan karbohidrat untuk memproduksi glukosa yang dapat segera digunakan atau menyimpannya sebagai cadangan energi. Jumlah glukosa yang diproduksi berlebihan akan disimpan oleh tubuh kamu sebagai lemak. Terdapat dua jenis karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana dapat ditemui dalam gula, sedangkan karbohidrat kompleks terdapat pada pati maupun serat.

Glukosa ini kemudian diangkut dan disimpan ke semua sel-sel, digunakan untuk membuat energi atau digunakan untuk membangun makromolekul. Serat juga merupakan karbohidrat yang lambat dilepaskan, tetapi tidak dapat dipecah dalam tubuh manusia dan melewati saluran pencernaan tercerna kecuali bakteri yang menghuni usus memecahnya.

  • Protein

Protein juga dibutuhkan sebagai penghasil energi yang berfungsi untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak, pembuat enzim dan hormon serta pembentuk antibodi. Tak hanya itu, Senyawa ini juga berfungsi untuk memproduksi hormon yang berguna bagi tubuh. Seperti halnya karbohidrat, kelebihan dari konsumsi protein akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak.

Protein merupakan molekul besar yang terdiri atas sejumlah asam amino. Asam amino terdiri atas karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang-kadang ada belerang. Protein yang kamu makan dapat berasal dari hewan (protein hewani) dan tumbuhan (protein nabati).

  • Mineral

Mineral berfungsi untuk proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh serta pembentukan dan pemeliharaan tulang. Beberapa mineral dibutuhkan tubuhmu dalam jumlah yang sangat sedikit, meskipun sebagian yang lain cukup banyak. Akan tetapi, mineral tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Beberapa macam mineral yang dibutuhkan tubuh diantaranya kalsium, zat besi, posfor, yodium dan Fluor. Mineral ini juga sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan juga tulang. Selain itu juga untuk menjaga keseimbangan cairan, membangun jaringan tulang, mensintesis hormon, mengirimkan impuls saraf, kontrak dan mengendurkan otot dan melindungi terhadap radikal bebas berbahaya.

  • Air

Ada satu nutrisi lain yang harus kita miliki dalam jumlah besar, yaitu air. Air penting bagi tubuh kamu untuk menjaga kelangsungan hidup. Di samping itu, nutrisi yang masuk ke tubuh kamu tidak dapat digunakan oleh sel-sel tubuhmu bila tidak terlarut dalam air.

Air tidak mengandung karbon, tetapi terdiri dari dua hidrogen dan satu oksigen per molekul air. Lebih dari 60 persen dari total berat badan kamu adalah air. Tanpa itu, tidak ada yang bisa diangkut dalam atau keluar dari tubuh, reaksi kimia tidak akan terjadi, organ tidak akan empuk dan suhu tubuh akan berfluktuasi secara luas.

Rata-rata, orang dewasa mengkonsumsi lebih dari dua liter air per hari dari makanan dan minuman. Seseorang dapat bertahan tiga menit tanpa oksigen, tiga hari tanpa air dan tiga minggu tanpa makanan. Karena air sangat penting untuk proses dasar kehidupan, jumlah masukan dan pengeluaran air amat penting. Itulah makanya kenapa manusia lebih dapat menahan lapar daripada menahan haus. Karena sel-sel tubuh kamu membutuhkan air untuk beraktivitas.

  • Vitamin

Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh dari berbagai penyakit karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bila kita kekurangan Vitamin akan menderita Avitaminosis ( menyebabkan ganguan metabolisme tubuh). Jika kelebihan vitamin akan menyebabkan Hipertaminosis.

Fungsi vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme adalah perputaran zat pada makluk hidup yang mencakup proses Fisika dan kimia (proses perputaran tubuh). Metabolisme merupakan sejumlah sel reaksi kimia yang mendorong aktivitas sel.

Setiap vitamin yang kamu konsumsi tentu memiliki manfaat berbeda-beda bagi tubuh. Bahkan terdapat beberapa vitamin yang berkhasiat untuk meminimalisir risiko terserang penyakit tertentu. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K). Khusus vitamin D dapat terbentuk ketika kulit terkena sinar matahari, karena di dalam tubuh ada pro vitamin D.

  • Serat

Serat berperan untuk membantu proses pencernaan. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air sehingga menjadi padat dan sulit di keluarkan dan mengakibatkan sembelit.

Beberapa fungsi serat bagi tubuh antara lain:

  1. Melancarkan buang air besar yang akan mencegah terjadinya konstipasi dan wasir.
  2. Membuat agar makanan yang tidak terserap di usus dapat segera dikeluarkan sehingga mengurangi kemungkinan terserapnya racun yang terdapat dari sisa makanan yang tidak terserap.
  3. Menjaga berat badan tetap ideal karena sifat serat yang dapat mencegah penyerapan lemak dan memberi rasa kenyang yang akan membantu keinginan untuk mengkonsumsi makanan.
  4. Menjaga kolesterol dan gula darah pada angka yang stabil. Kestabilan kolesterol dan gula darah dapat mencegah berbagai penyakit yang membahayakan seperti diabetes atau penyakit jantung.

Fungsi Nutrisi

Nutrisi memang memiliki banyak sekali manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, untuk memperjelas lagi fungsi dari nutrisi di atas tersebut maka di bawah ini uraiannya:

  • Pemeliharaan Kesehatan

Memenuhi semua kebutuhan gizi kamu memungkinkan sistem tubuh kamu berjalan lancar setiap hari. Protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral semua memainkan peran dalam tugas pemeliharaan kesehatan penting. Misalnya, vitamin C memegang sel bersama-sama dan memperkuat dinding pembuluh darah, protein membentuk enzim dan hormon dan kalsium membangun tulang.

  • Sumber Energi

Tubuh kamu tentu saja membutuhkan energi setiap hari untuk melaksanakan fungsi internal dan kamu juga membutuhkan energi untuk aktivitas fisik dan fokus mental. Karbohidrat adalah sumber utama energi tubuh, karena mereka terurai menjadi gula yang bertindak sebagai bahan bakar untuk kegiatan sehari-hari. Cara sehat untuk menyediakan tubuh kamu dengan energi yang dibutuhkan adalah melalui alam, sumber karbohidrat yang kaya nutrisi termasuk biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

  • Makanan Bernutrisi

Meskipun kamu bisa mendapatkan vitamin, mineral dan nutrisi dari suplemen tetapi makanan utuh adalah sumber terbaik. Untuk memenuhi semua kebutuhan gizi kamu, konsumsilah produk harian protein tanpa lemak, rendah lemak atau tanpa lemak susu, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Sebelum kamu mengubah diet kamu dalam cara yang besar, dapatkan persetujuan dari dokter kamu.

  • Mengontrol Berat Badan

Makanan yang kaya gizi juga menyediakan senyawa penting yang tidak bisa oleh multivitamin, termasuk serat makanan. Serat bantu pengendalian berat badan karena mengisi kamu dan membuat kamu kenyang lebih lama dibandingkan makanan lainnya.

  • Mencegah Penyakit

Makan dengan makanan kaya nutrisi juga membantu menjaga kesehatan kamu dan untuk masa depan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan mencegah penyakit. Makan buah-buahan dan sayuran sehari-hari pada dasarnya menyediakan nutrisi yang diperlukan untuk memotong risiko kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes tipe 2, stroke, batu ginjal, serangan jantung, kanker dan keropos tulang.

Apa Yang Terjadi Jika Kekurangan Gizi?

Adanya nutrisi akan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia, nah bagaimana kalau tubuh kekurangan nutrisi? Apa yang akan terjadi? Berikut ini adalah akibat dari kekurangan gizi pada manusia:

  • Tenaga Berkurang

Untuk masalah yang satu ini kamu pasti sudah pahamkan? Jika diibaratkan seperti mesin yang tidak diberi bahan bakar maka tidak dapat berjalan. Nah, dengan kamu mengkonsumsi makanan fungsinya yaitu untuk mensuplai energi tubuh. Sedangkan energi berfungsi untuk menggerakkan tubuh manusia.

Jika kamu kekurangan energi maka dapat menyebabkan kekurangan tenaga untuk bergerak, bekerja dan beraktivitas. Dengan demikian orang akan menjadi malas, lemah dan produktifitas kerja pun akan menurun.

Secara umum kamu menyadari bahwa banyak orang yang mengatakan jika seseorang makan dengan porsi banyak sering disebut makanan porsi kuli atau tukang becak. Memang benar, karena kuli dan tukang becak membutuhkan energi yang lebih banyak untuk bekerja sehingga asupan makanan yang mereka butuhkan juga lebih banyak.

Pada anak atau orang dewasa yang sedang mengalami sakit, umumnya asupan gizi yang mereka terima lebih sedikit daripada saat kondisi sehat. Nah, mereka pasti akan mengalami lemas dan tidak bertenaga. Mengapa sih orang sakit kebanyakan mereka diberi pesan agar banyak makan? Inilah salah satu manfaatnya, yaitu agar mereka tidak sampai kekurangan gizi dan segera dapat memproduksi energi lebih banyak.

  • Pertumbuhan Tidak Normal

Masa pertumbuhan pada anak sangat penting diperhatikan. Anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan, semua organ tubuh mengalami pengembangan dengan cepat. Semakin tinggi asupan gizi yang diperoleh maka semakin tinggi pula tumbuh kembang anak.

Anak-anak yang tidak tumbuh sesuai dengan normalnya, bisa jadi anak kekurangan suatu zat gizi. Contoh, jika anak mengalami kekurangan protein, maka akan memiliki otot-otot yang lembek dan rambutnya mudah rontok. Secara umum, anak-anak yang berasal dari keluarga tingkat sosial ekonomi menengah ke atas rata-rata lebih tinggi daripada anak-anak yang berasal dari keluarga dengan tingkat sosial ekonomi rendah.

Usia anak-anak merupakan masa terbaik untuk memberikan nutrisi yang cukup dan sempurna agar anak dapat tumbuh secara optimal. Sel-sel tubuh yang dimiliki anak dapat berkembang secara pesat dan sempurna jika mendapatkan nutrisi pendukung yang cukup.

Ketika usia telah dewasa, perkembangan sel-sel tidak lagi secepat perkembangan sel ketika masih anak-anak. Maka dari itu jika boleh memilih, lebih baik kamu memberikan nutrisi yang labih banyak ketika anak kamu masih usia pertumbuhan karena manfaatnya akan lebih banyak.

Pada orang dewasa mungkin bukan lagi mengganggu fungsi pertumbuhan, namun kekurangan gizi akan berhubungan dengan estetika. Ketika kamu kurus, mungkin orang lain akan memberikan pandangan negatif pada kamu, yaitu kamu kekurangan asupan makanan.

  • Struktur Otak Tidak Berkembang Dan Fungsi Otak Terganggu

Jika struktur otak tidak berkembang secara sempurna akibatnya fungsi dari otak terganggu. Jika membicarakan soal otak itu menyangkut pada diri anak-anak dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Salah satu fungsi dari asam folat adalah berguna untuk janin salah satunya untuk perkembangan syaraf otak dan struktur otak janin dalam kandungan.

Kekurangan gizi dan asam folat dapat mengakibatkan otak bayi atau anak-anak menjadi terganggu fungsinya. Anak yang fungsi otaknya yang terganggu akan berisiko mengalami cacat mental, daya ingat lemah, kurang konsentrasi, kecerdasan di bawah rata-rata dan masih banyak lagi lainnya.

Jangankan untuk nutrisi otak, untuk memenuhi kebutuhan energi saja tidak cukup kemudian nutrisi apa yang akan dikirimkan ke otak. Sayang sekali kan jika anak kamu mengalami kekurangan nutrisi otak. Nah, maka dari itu usahakan agar anak kamu dapat terpenuhi kebutuhan gizinya.

  • Daya Tahan Menurun

Akibat kekurangan gizi yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan daya tahan manusia menjadi menurun dan mengakibatkan anak menjadi mudah sakit. Daya tahan tubuh yang menurun akan membuat tubuh tidak dapat menangkal berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diakibatkan oleh turunnya sistem imun ini adalah flu, batuk dan diare. Penyakit ini kebanyakan disebabkan oleh bakteri, kuman dan virus yang mampu menginfeksi tubuh.

  • Gelisah

Kekurangan gizi baik pada anak-anak maupun orang dewasa dapat membuat mereka tidak tenang dalam berperilaku atau gelisah. Mereka akan menjadi mudah tersinggung, cengeng dan apatis. Hal ini dapat terjadi bisa jadi karena mereka merasa lapar, sehingga kestabilan emosinya tidak terjaga. Ketika manusia kekurangan gizi tentu saja akan berpengaruh pada perilakunya sehari-hari. Otak tidak mampu menangkap hal-hal di sekitarnya sehingga sikap tanggapnya berkurang.

Jika mereka terus-menerus mengalami hal seperti ini, maka dapat merugikan dirinya. Karena seiring berjalannya waktu lingkungan sosial mereka juga akan terkena dampak dari ketidakstabilan emosi mereka. Sehingga mereka akan mengalami masalah dalam bersosialisasi.

Tubuh lesu dan lemas membuat seseorang mengalami perubahan perilaku. Mereka lebih banyak mengurung dirinya daripada keluar untuk mencari berbagai pengalaman lain. Pada akhirnya, orang tersebut tidak bisa berkembang dan hanya diam karena kondisinya lemas. Asupan gizi yang kurang membuat tubuh tidak memiliki tenaga dan tidak bersemangat untuk bergerak, apalagi melakukan berbagai aktivitas.

Nah demikianlah penjelasan di atas tersebut, sudah cukup jelas bukan untuk dimengerti? Kamu tentu saja harus memahami nutrisi untuk tubuh kamu agar kesehatan atau pun daya tahan terjaga serta tetap berenergi dalam menjalani hidup sehari-hari. Oke sampai disini dulu ya pembahasan kita, sampai bertemu di artikel-artikel selanjutnya…