Sunday, 17 December 2017
health

Mood Swing, Suasana Hati Yang Berubah Dalam Waktu Singkat

Siapa nih diantara kamu yang perasaannya suka berubah-ubah? Emangnya bunglon kali ya bisa berubah-ubah hehehe. Nah kamu tau gak sih perasaan yang berubah-ubah itu disebut apa? Yap, Mood Swing. Mau tau penjelasannya lebih lanjut lagi? Yuk, langsung aja kita simak sama-sama.

Apa Itu Mood Swing?

Mood Swing adalah suasana hati atau perasaan yang suka berubah-ubah yang bisa dirasakan baik itu wanita atau pun pria. Suasana hati adalah ungkapan atau kondisi psikologis dasar sebagai reaksi tubuh terhadap situasi tertentu. Suasana hati seseorang bisa dipengaruhi oleh banyak sekali faktor termasuk kondisi lingkungan atau pun juga kondisi di dalam keluarga.

Kita bisa merasa sangat bahagia, tetapi tidak lama kemudian kita mendadak diselimuti kesedihan. Lalu kita bisa merasa bersemangat menjalani hari namun kemudian di hari yang sama, kita bisa merasa sangat jenuh dan lelah dengan semua rutinitas dan hal ini mungkin wajar bagi sebagian besar orang. Ya intinya Mood Swing adalah perubahan suasana perasaan dalam waktu singkat.

Sementara perubahan dalam suasana hati dapat dilihat sebagai kurangnya kontrol atas banyak aspek kehidupan seseorang, perubahan suasana hati kronis atau drastis mungkin tanda masalah potensial yang mungkin perlu ditangani oleh seorang profesional medis.

Mood swing umumnya terjadi kepada wanita yang sedang atau menjelang menstruasi dan sedang hamil walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria. Perubahan suasana hati ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi begitu cepat sampai akhirnya mempengaruhi kondisi psikologi seseorang.

Rasa tidak nyaman yang terjadi saat menjelang menstruasi akan membuat wanita sering bad mood. Namun beberapa saat kemudian, hal tersebut bisa berubah. Perasaan jadi lebih sensitif sehingga gampang sekali terpengaruh suasana serta terbawa emosi.

Namun kamu harus waspada jika mengalami perubahan suasana hati yang serius dan berlangsung sangat cepat sampai emosi itu menganggu hidup kamu. Misalnya saja Mood Swing berlangsung beberapa hari atau lebih sehingga kamu menjadi sangat senang atau sedih secara tidak terkontrol.

Kamu juga harus hati-hati jika Mood Swing yang kamu alami telah mencapai tingkatan yang lebih parah seperti menimbulkan rasa ingin melukai diri sendiri atau mengakhiri hidup kamu. Hal itu berarti menjadi pertanda kepada gangguan kesehatan yang lebih serius.

Penyebab Mood Swing

Mood Swing memang keadaan yang membuat diri kita mendadak tidak nyaman melakukan apapun. Kalau di atas tadi sudah disebutkan salah satu penyebab Mood Swing adalah wanita yang menjelang menstrusi atau sedang hamil, nah yang berikut ini adalah penyebab lain terjadinya perubahan suasana hati yang begitu cepat:

  • Kelelahan

Ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari entah main dengan teman, entah jalan dengan gebetan atau acara apapun itu yang menyenangkan, kita cenderung menguatkan diri meskipun fisik sudah lelah tetapi pikiran kita tetap ingin melanjutkan aktivitas tersebut. Nah keadaan ini yang secara tidak sadar akan membuat kita mendadak Mood Swing ketika sudah mencapai limit kita.

  • Kafein Yang Berlebihan

Salah satu penyebab mood swing adalah kafein. Zat ini memang dikenal sebagai penenang pikiran dan stimulan, tetapi kalau terlalu banyak bisa membuat kamu jadi moody. Kalau sudah begini, bukan hanya diri sendiri yang capek tapi orang-orang di sekeliling kamu juga malas menghadapi sikap tidak jelas semacam ini.

  • Keinginan Tidak Tercapai

Coba ngaku, siapa disini yang sepenuhnya ikhlas ketika keinginan kita tidak tercapai. Memang sih kita akan selalu bilang ‘enggak apa-apa’ dan berusaha ikhlas. Tapi tanpa kita sadar, rasa penasaran itu justru mengundang Mood Swing jika benar-benar tidak kesampaian dalam waktu dekat.

  • Gangguan Fisik Dan Mental

Keadaan ini juga menjadi faktor yang mendasari kemunculan Mood Swing. Gangguan fisik tersebut dikaitkan dengan kesehatan paru-paru, sistem kardiovaskular, tiroid dan sistem saraf pusat. Perubahan emosi yang terkait dengan kondisi mental ini disebabkan oleh terganggunya kondisi emosi atau inkonsisten dengan keadaan sebenarnya.

  • Kurang Istirahat

Kurang istirahat jelas akan mengganggu kualitas tubuh kita. Kualitas tubuh yang menurun tersebut akan ikut mengganggu suasana perasaan kita juga. Soalnya saat tidur, alam bawah sadar kita telah terprogram untuk menghapus sebagian memori buruk pada hari sebelumnya. Bagaimana tidak mengalami Mood Swing kalau kita masih mengingat kejadian buruk kemarin?

Cara Mengatasinya

Buat kamu yang sering mengalami Mood Swing mungkin akan tidak tenang dengan hal tersebut, maka dari itu kamu bisa mengatasinya dengan hal seperti di bawah ini:

  • Olahraga

Bukan obat penenang atau obat lainnya yang bisa mengatasi mood swing, justru obat yang paling ampuh adalah dengan berolahraga. Dengan olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, sekaligus membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga suasana hati pun akan lebih terjaga.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulai dari mencegah kulit kering, mempercepat proses detoks tubuh, hingga mengurangi Mood Swing. Minum air putih 8 gelas sehari akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membuang hormon-hormon negatif yang menyebabkan Mood Swing dan kamu bisa menjadi lebih fokus dalam beraktivitas sehari-hari.

  • Jalan Di Pagi Hari

Cobalah untuk membiasakan diri membuka hari dengan berjalan kaki di pagi hari, minimalnya selama 30 menit. Dengan kegiatan sederhana ini, tubuh akan terasa lebih ringan dan segar sehingga suasana hati pun akan semakin meningkat. Selain itu, jalan di pagi hari dipercaya ampuh untuk meningkatkan produktivitas.

  • Kurangi Kafein

Percaya atau tidak, Mood Swing sangat dipengaruhi oleh tingkat konsumsi kafein. Selama ini, zat yang dikenal berada dalam kopi dan cokelat ini dikenal sebagai penenang pikiran dan stimulan, akan tetapi kalau kadarnya melebihi ambang batas, justru kafein bisa menyebabkan perubahan suasana hati secara tiba-tiba.

  • Bisa Terjadi Pada Siapa Saja

Mood Swing tidak mengenal batasan usia bahkan si kecil yang notabene masih lugu bisa mengalaminya. Kalau orang dewasa, cara mengatasinya cukup mudah karena tinggal tarik nafas dalam-dalam kapan pun kamu merasakan perubahan mood. Namun kalau hal ini terjadi pada si kecil, kamu harus sabar menenangkannya ya.

Demikianlah penjelasan di atas tersebut, nah buat kamu yang perasaannya suka berubah-ubah wajib baca ini deh hehehe. Semoga kamu dapat memahaminya dan dapat menambah pengetahuan kamu. Oke sampai di sini dulu ya pembahasan kita dan sampai ketemu di lain kesempatan. See you again….