Friday, 15 November 2019
health

Masak Nasi Dengan Minyak Kelapa Itu Sehat Lho, Gak Percaya?

Jangan ngaku warga negara Indonesia ya kalau gak tau nasi, ups kan gak cuma Indonesia aja ya yang makanan pokoknya nasi, sebagian negara tetangga juga makanan pokoknya nasi. Hayo ngaku siapa yang merasa perutnya belum kenyang kalau gak makan nasi walaupun udah makan yang lain? Wah pasti banyak nih orang yang seperti itu. Oke kita lupain aja masalah kenyang itu ya, yang akan kita bahas kali ini adalah nasi yang dicampur dengan minyak kelapa. Aneh sih tapi menyehatkan lho guys, penasaran? Yuk, langsung aja kita capcus lihat artikel di bawah ini.

Apa Itu Nasi?

Nasi adalah beras yang telah direbus dan ditanak, proses perebusan beras dikenal juga sebagai tim. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air yang berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya.

Nasi adalah makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan kalori di dalamnya. Jika asupannya tidak dibatasi, dikhawatirkan karbohidrat dan kalori yang masuk ke tubuh pun akan berlebih. Alhasil, ini bisa meningkatkan berbagai risiko kesehatan seperti risiko obesitas, diabetes hingga jantung.

Nah agar tetap sehat, sangat penting untuk memasak nasi dengan cara yang tepat. Salah satu cara tepat tersebut adalah dengan mencuci beras yang hendak dimasak hingga benar-benar bersih. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam air yang digunakan untuk memasak nasi.

Para peneliti menemukan jika nutrisi pada minyak kelapa bisa mengikat senyawa tidak sehat dalam nasi. Kandungan nutrisi pada minyak kelapa ini juga dipercaya bisa membuat nasi jadi lebih sehat serta enak. Tekstur nasi pun bisa semakin lembut juga lebih mengenyangkan.

Bagaimana caranya?

Ambil satu cangkir nasi putih dan bersihkan lalu tambahkan dua gelas air, bisa menggunakan penanak nasi listrik. Tambahkan satu sendok makan minyak kelapa murni atau biasa kita sebut VCO dan masak selama 25 menit. Simpan nasi yang telah jadi di lemari es selama 10-12 jam. Metode ini bisa mengurangi kalori di dalam nasi hingga 10-50 persen, tergantung varietas beras yang digunakan. Semakin bagus beras yang digunakan seperti beras merah, maka kalori yang terkandung di dalamnya bisa berkurang lebih banyak.

Bagaimana Bisa Membantu?

Minyak kelapa adalah lemak sehat. Mengapa menambahkannya pada nasi saat memasak itu baik? Nah nasi putih menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Tapi menambahkan minyak kelapa bisa mengurangi lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Menambahkan minyak kelapa tak hanya berlaku pada nasi putih saja, ini juga berlaku pada nasi hitam dan nasi merah. Usahakan agar sering mengaduk nasi hingga minyak kelapa tercampur dengan baik.

Memasak nasi dengan cara ini sangat baik bagi mereka yang sedang berjuang memerangi diabetes dan obesitas. Cara ini bisa mengurangi kadar pati resisten hingga 10 kali. Cara memasak nasi dengan minyak kelapa dan proses pendinginannya selama berjam-jam setelah memasak bisa mengubah komposisi kimia nasi. Cara ini dikatakan bisa mengubah pati yang mudah dicerna menjadi pati tahan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dimetabolisme. Begitulah cara ini dikatakan membantu mencegah akumulasi lemak yang tidak diinginkan.

Manfaat Untuk Kesehatan

Begitu banyak manfaat yang dihasilkan dari minyak kelapa, beberapanya sudah disebutkan di atas. Selain itu, masih banyak manfaat dari minyak kelapa untuk kesehatan seperti berikut ini:

Meredakan stres

Aroma alami dari minyak kelapa dapat membantu menurunkan tingkat stres. Jika kamu merasa lelah setelah bekerja seharian maupun menghadapi masalah yang membuat kamu tertekan, cobalah oleskan sedikit minyak kelapa dan pijat kepala kamu dengan gerakan melingkar. Kamu pun dapat mencoba mencampurnya dengan aromaterapi favorit kamu yang lain.

Mengatasi masalah pencernaan

Minyak kelapa mengandung asam lauric dan asam capric yang termasuk dalam lemak jenuh trigliserida rantai sedang. Lemak ini digunakan untuk membentuk antibodi, sistem pertahanan utama tubuh dalam melawan infeksi dan virus. Lemak ini pun dapat membantu mengontrol bakteri dan jamur penyebab masalah pencernaan dan sistem gastro intestinal, serta sindrom iritasi usus besar.

Meningkatkan energi

Kandungan asam laurat yang termasuk dalam trigliserida rantai sedang sangat melimpah dalam minyak kelapa. Lemak ini dikirim langsung oleh tubuh ke hati untuk diproses sebagai energi. Inilah yang membuat minyak kelapa bermanfaat sebagai sumber energi instan untuk tubuh. Fungsi ini sangat dibutuhkan dalam diet karbohidrat sederhana sehingga cocok digunakan buat kamu yang ingin tetap berenergi tanpa menambah banyak kalori.

Membantu proses penyembuhan

Seperti dijelaskan sebelumnya, asam lauric dan capric bermanfaat dalam pembentukan antibodi dalam tubuh. Antibodi ini tak hanya melindungi tubuh dari infeksi dalam, melainkan juga infeksi luar. Saat mengobati luka tergores atau parut, minyak kelapa dapat membentuk lapisan kimia tipis yang melindungi luka dari bakteri, debu dan virus. Minyak kelapa mempercepat proses penyembuhan luka dengan memperbaiki jaringan yang rusak. Ditambah lagi, minyak kelapa memiliki aroma yang jauh lebih baik daripada obat-obat luka yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Melembabkan kulit

Minyak kelapa merupakan pelembab yang sangat baik digunakan untuk segala jenis kulit, terutama kulit kering dan mengalami tanda-tanda penuaan. Minyak kelapa dapat menyegarkan kulit, membuatnya tampak awet muda dan sehat dalam jangka waktu lama. Kandungan lemak dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengurangi munculnya keriput tanpa menyebabkan iritasi.

Gimana guys, banyak kan manfaat dari minyak kelapa? Mulai dari sekarang, kamu udah bisa mencampurkan nasi yang mau dimasak dengan minyak kelapa biar kamu makin sehat. Semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan kamu makin bertambah ya.