Monday, 23 April 2018
health

Mandi Saat Demam, Boleh Atau Tidak?

Saat sedang sakit demam, kebanyakan orang memilih untuk tidak mandi dengan alasan takut memperparah sakit. Apakah memang benar kalau mandi bisa bikin tubuh semakin drop? Hal tersebut memang menjadi pertanyaan sampai sekarang ini. Untuk itu, dalam artikel ini kita akan membahasnya lebih dalam lagi. Yuk, silahkan disimak.

Penjelasan Mengenai Sakit Demam

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Suhu tubuh kita tidak selalu sama sepanjang hari. Bahkan, biasanya lebih tinggi di sore hari. Namun, jika suhu kamu lebih dari 38 derajat celcius, maka kamu mengalami demam. Demam terjadi karena adanya proses peradangan pada seluruh tubuh saat sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit.

Ketika demam melanda, biasanya tubuh akan menggigil dan itu adalah hal yang membuat kita tidak nyaman. Mungkin untuk sebagian orang demam adalah hal yang dibenci. Kita tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan. Pada umumnya, demam terjadi pada orang dewasa dan kondisi tersebut dianggap penting sebagai pertahanan tubuh. Biasanya demam lebih sering terjadi pada perempuan ketimbang laki-laki.

Gejala demam:

  • Sakit kepala
  • Berkeringat dingin
  • Menggigil
  • Dehidrasi
  • Sakit otot
  • Kehilangan selera makan
  • Merasa kelelahan
  • Batuk-batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit pada telinga
  • Diare dan muntah-muntah

Ketika kamu demam, tubuh sebenarnya sedang melawan bakteri atau mikroba yang menjadi penyebab demam. Tubuh akan meningkatkan suhunya untuk membunuh mikroba yang tidak tahan terhadap panas. Akibat proses peradangan tersebut, senyawa kimia khusus akan dilepaskan dan dibawa aliran darah menuju hipotalamus. Hipotalamus adalah sebuah struktur di otak yang mengatur suhu tubuh.

Di hipotalamus, senyawa kimia tersebut akan membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi (panas).Karena adanya senyawa ini, tubuh pun keliru menganggap bahwa suhu tubuh yang normal justru yang panas. Inilah yang menjadi penyebab kenapa kamu demam.

Bolehkah Mandi Saat Demam?

Banyak orang yang ragu apakah boleh mandi saat sakit demam karena takut memperparah kondisinya. Pada saat demam, hawa yang dirasakan tubuh pada saat itu hanyalah dingin. Meskipun suhu badan panas, tetapi yang dirasakan oleh penderita adalah dingin. Karena kondisi ini pula banyak orang atau masyarakat yang beranggapan bahwa mandi akan memperparah demam tersebut.

Sebenarnya, mandi saat demam itu boleh-boleh saja. Tetapi tak disarankan dalam kondisi demam, seseorang mandi dengan air dingin. Sebab, mandi dengan air dingin dalam kondisi demam justru bisa membuat tubuh menggigil. Jadi, sebisa mungkin disarankan mandilah dengan air hangat. Selain untuk tetap menjaga kebersihan tubuh, mandi saat sakit tetap dianjurkan karena bisa menghindari kamu terkena infeksi lainnya.

Tapi, jika pemikiran bahwa demam tidak boleh mandi juga benar. Hal ini karena mandi (dengan air dingin) ketika demam ini mengandung beberapa efek negatif seperti berikut ini:

  • Dikhawatirkan badan akan tambah menggingil karena terkena air dari mandi itu sendiri
  • Pada saat mandi ini terjadi pelebaran pori yang mengakibatkan naiknya suhu tubuh. Hal ini dikhawatirkan tubuh menjadi bertambah panas ketika mandi sudah selesai
  • Mandi menggunakan air dingin, terlebih ketika keramas akan menyebabkan penciutan pembuluh darah di kepala, sehingga dikhawatirkan penderita demam akan bertambah pusing setelah mandi dengan air dingin

Demam Tak Selamanya Berdampak Buruk

Demam memang tidak selamanya memberikan dampak buruk terhadap tubuh, jadi kamu tak perlu terlalu panik dan khawatir. Berikut ini beberapa manfaat demam yang perlu kamu ketahui:

  • Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh): Panas yang dihasilkan tubuh akan mempercepat metabolisme. Metabolisme tubuh yang meningkat akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lebih aktif. Karena itu, sistem imun pun lebih cepat mendeteksi dan membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem imun tubuh juga akan meningkat saat demam.
  • Membunuh kuman: Kadar zat besi di dalam darah juga akan menurun ketika demam. Demam akan meningkatkan produksi hormon hepsidin di hati yang menyebabkan berkurangnya zat besi pada aliran darah. Karena kelangsungan hidup virus atau bakteri bergantung pada zat besi, kurangnya zat besi dapat menyebabkan virus atau bakteri tersebut menurun.
  • Mencegah penyakit jantung, stroke dan penyakit ganas lainnya karena suhu panas pada tubuh ketika demam akan mampu melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah dan persendian.

Cara alami mengatasi demam

Ada beberapa obat demam tradisional yang dapat kamu lakukan untuk meredakan demam. Untuk menghindari adanya efek samping dan interaksi obat. Berikut ini beberapa cara tersebut:

  • Kompres air hangat

Kompres air dingin telah digunakan sebagai obat demam alami sejak zaman nenek moyang. Padahal, kompres dingin tidak dapat benar-benar menyembuhkan demam. Yang terjadi sebenarnya adalah tubuh menerjemahkan suhu dingin tersebut sebagai ancaman yang membuat tubuh jadi makin meningkatkan suhunya dan memperparah demam. Jadi, hal yang perlu dilakukan adalah kompres dengan air hangat.

  • Jahe

Jahe ternyata dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan suhu panas dari dalam tubuh dan dapat mengurangi demam. Selain itu, jahe merupakan agen antivirus dan antibakteri alami yang befungsi menjaga sistem kekebalan tubuh dan melawan segala jenis infeksi.

  • Perbanyak minum air putih

Obat demam alami yang paling ampuh adalah konsumsi cairan. Perbanyaklah istirahat dan minum air putih hangat atau minuman olahraga.

  • Jeruk

Perbanyaklah makan buah, salah satunya adalah jeruk. Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah energi. Itulah sebabnya buah ini dapat dijadikan sebagai obat demam tradisional.

Ya itulah kurang lebih ulasan di atas tersebut, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu dan semoga bermanfaat pastinya.