Sunday, 8 December 2019
health

Kanker : Pengertian, Jenis, Gejala Serta Faktor Penyebabnya

Kanker termasuk salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan bisa mengakibatkan kematian. Selain itu, orang yang terkena kanker tidak memandang usia, mulai dari anak-anak sama yang tua baik itu laki-laki maupun perempuan. Penyakit ini bisa muncul dibagian tubuh mana ajah. Namun faktor penyebabnya belum jelas dan untuk pencegahan dari penyakit inipun masih belum bisa di temukan. Nah, untuk informasi selanjutnya mengenai kanker, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Kanker

Kanker adalah penyakit paling berbahaya yang menyebabkan tingkat kematian tertinggi di dunia. penyakit ini muncul dimana saja pada bagian tubuh. dimana penyakit ini tumbuh dari dalam sel tubuh manusia itu sendiri. Hal tersebut yang mengakibatkan adanya beragam jenis penyakit kanker. Kanker juga dianggap sebagai penyebab kematian yang tersebar luas di dunia ini.

Kanker berkembang ketika mekanisme kontrol normal tubuh berhenti bekerja dengan baik. Sel-sel tua tidak mati dan malah tumbuh di luar kendali, membentuk sel-sel baru yang abnormal. Sementara sel kanker tidak akan mati dengan sendirinya. Sel inilah yang akan terus berkembang dan memperbanyak jaringan sel dengan jumlah yang sudah tak dapat dikendalikan. Perubahan ini yang mengakibatkan lahirnya sel kanker dalam tubuh seseorang.

Sel kanker tidak dapat dikontrol dikarenakan rusaknya deoxyribose nucleic acid atau biasa disebut dengan DNA. Sehingga mengakibatkan perubahan gen yang mengendalikan pembelahan sel dalam tubuh. Beberapa perubahan dapat mengubah sel normal menjadi sel kanker. Perubahaan ini diakibatkan gen kimia maupun fisik atau biasa disebut dengan karsinogen. perubahan mutasi gen ini dapat terjadi karena secara spontan maupun diwariskan dari orang tua penderita.

Jenis Kanker

Kanker terdiri dari beberapa jenis berdasarkan dimana kanker itu bermula, diantaranya adalah:

  1. Karsinoma. Karsinoma dimulai pada kulit atau jaringan yang menutupi permukaan organ dan kelenjar internal. Karsinoma biasanya membentuk tumor padat. Mereka adalah jenis kanker yang paling umum. Contoh-contoh karsinoma termasuk kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker kolorektal.
  2. Sarkoma. Sarkoma dimulai pada jaringan yang mendukung dan menghubungkan tubuh. Sarkoma dapat berkembang dalam lemak, otot, saraf, tendon, sendi, pembuluh darah, pembuluh getah bening, tulang rawan, atau tulang.
  3. Leukemia. Leukemia adalah kanker darah. Leukemia dimulai ketika sel darah yang sehat berubah dan tumbuh tak terkendali. Empat jenis utama leukemia adalah leukemia limfositik akut, leukemia limfositik kronis, leukemia myeloid akut, dan leukemia myeloid kronis.
  4. Limfoma. Limfoma adalah kanker yang dimulai pada sistem limfatik. Sistem limfatik adalah jaringan pembuluh dan kelenjar yang membantu melawan infeksi. Ada again jenis utama limfoma: limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin

Gejala Kanker

Berikut adalah beberapa gejala dari kanker :

  • Penurunan berat badan secara drastis.
  • Pucat, lemas, dan cepat lelah
  • Nyeri di salah satu bagian tubuh
  • Munculnya rasa sakit tanpa sebab
  • Demam yang terus berulang
  • Batuk kronis
  • Muncul benjolan
  • Gangguan buang air besar atau air
  • Memar dan mengalami perdarahan secara spontan
  • Masalah pada kelenjar getah bening.

Penyebab Kanker

Peyebab Kanker bisa terjadi dari perubahaan DNA genetik yang berasal dari orang tua ataupun nenek moyang kita, kondisi lingkungan hidup juga dapat mempengaruhi perubahan DNA genetik, seperti halnya yaitu :

  • Paparan zat kimia dan radiasi secara berlebihan.
  • Virus, seperti human papilloma virus (HPV).
  • Paparan sinar matahari terus menerus.
  • Obesitas, hormon, atau peradangan.
  • Kebiasaan merokok.
  • Gaya hidup tidak sehat.
  • Memiliki riwayat penyakit kanker dalam.
  • Berusia di atas 65 tahun.
  • Terinfeksi virus, seperti hepatitis B, hepatitis C dan HPV.
  • Terpapar hormon dalam kadar tinggi atau jangka panjang.
  • Kurang banyak bergerak dan tidak rutin berolah raga.
  • Menderita penyakit yang menyebabkan inflamasi kronis (peradangan jangka panjang), misalnya kolitis ulseratif.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh, misalnya akibat menderita HIV/AIDS.

Faktor yang Menyebabkan Resiko Kanker

Berikut adalah faktor penyebab resiko kanker :

  1. Faktor resiko kanker juga berdampak dari lingkungan sekitar kita. Kok bisa? Karena adanya zat kimia dilingkungan tersebut. Hal tersebutlah yang menjadi pemicu utama berkembangnya sel kanker. Untuk itu berikut adalah beberapa faktor yang dapat mengakitbatkan pertumbuhan sel kanker.
  2. Kondisi kesehatan tubuh : Kondisi tubuh yang tidak stabil atau kekebalan tubuh lemah akan lebih rentan terkena resiko kanker. Salah satunya adalah terjadinya radang usus kronis.
  3. Riwayat kesehatan keluarga : Kanker bisa juga diturunkan dari riwayat keluarga. Jika ada salah satu keluarga mengidap penyakit kanker, maka dampak resiko kanker untuk keturunannya akan lebih tinggi.
  4. Pengaruh lingkungan : Dilingkungan sekitar kita sangat banyak zat berbahaya, misalnya asap rokok, penguapan gas. Zat atau bahan tersebutlah yang mengakibatkan timbulnya kanker atau yang dinamakan karsinogen.
  5. Gaya hidup : Merokok, hubungan seks bebsan dan juga mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan resiko terkena kanker
  6. Sinar radioaktif : Ini adalah salah satu faktor utama sebagai pemicu kanker. Salah satunya faktor ini adalah penyakit kanker darah (leukimia) akan sangat jelas setelah menggunakan sinar radioaktif.
  7. Faktor genetik : Anak kecil dengan down’s syndrome akan lebih mudah terkena penyakit ini hingga 10 sampai 20 kali lipat mengalami leukimia daripada anak normal lainnya. Ada pula penyakit keturunan lainnya seperti Fanconi’s anemia dan Bloom syndrome, yang ditonjolkan terhadap ketidakstabilan genetik dan ketidakmampuan memperbaiki kerusakan DNA yang berhubungan dengan meningkatnya resiko leukemia.

Dengan gaya hidup sehat kita dapat terhindar dari segala penyaki terutama kanker, demikianlah ulasan sedikit mengenai penyakit kanker ini. Semoga dengan sedikit ulasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.