Thursday, 20 September 2018
health

Haid Tidak Teratur? Coba Lakukan Tips Sederhana Ini

Haiii ladies yang cantik, ketemu lagi kita ya. Kira-kira apa ya yang akan kita bahas di artikel kali ini? Hmm bagaimana kalau kita sekarang membahas tentang menstruasi atau haid. Masalah yang sering para ladies alami adalah haid yang tidak lancar atau pun tidak teratur. Nah jangan khawatir, karena sekarang kita akan memberikan tips agar haid datang secara teratur. Yuk ladies silahkan disimak ya penjelasannya di bawah ini.

Pengertian

Haid atau mestruasi adalah keadaan normal wanita sebagai siklus bulanan, yaitu berupa keluarnya darah dari Rahim setelah ovulasi secara berkala yang disebabkan oleh terlepasnya lapisan endometrium rahim. Menstruasi biasanya terjadi pada usia 11 tahun dan berlangsung sampai kamu menopause (biasanya terjadi sekitar usia 45 – 55 tahun). Normalnya, menstruasi berlangsung selama 3 – 7 hari.

Siklus menstruasi bervariasi pada tiap wanita dan hampir 90% wanita memiliki siklus 25 – 35 hari dan hanya 10-15% yang memiliki panjang siklus 28 hari, namun beberapa wanita memiliki siklus yang tidak teratur dan hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah kesuburan.

Proses menstruasi, yaitu :

  • Pada hari 1 adalah hari pertama keluarnya darah mens. Kejadian ini muncul setelah hormon turun secara drastis pada akhir siklus sebelumnya.
  • Hari ke 7 biasanya perdarahan berhenti. Pada saat ini, hormon mulai meningkat kembali yang mengakibatkan kantung berisi cairan (folikel) mulai berkembang pada ovarium. Di dalam kantung tersebut terdapat juga sel telur.
  • Antara hari ke 7 dan 14, 1 folikel akan bekembang dan menjadi matang, selain itu lapisan rahim menjadi menebal, menunggu sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan tersebut;
  • Kira – kira pada hari ke 14 (untuk siklus 28 hari) terjadilah ovulasi di mana folikel matang mengeluarkan sel telur dari ovum.
  • Selama beberapa hari, sel telur berjalan ke arah rahim melewati tuba falopi. Jika sel telur ini dibuahi di tuba falopi maka akan menempel di rahim.
  • Jika telur tidak dibuahi, hormon akan turun kembali yaitu kira – kira pada hari ke 25. Dengan tanda ini maka siklus menstruasi akan mulai kembali.

Kelainan yang timbul dalam siklus menstruasi:

  • Hipermenorea: yaitu mestruasi yang lebih lama dari normal dengan darah yang keluar sebanyak 26 – 40 ml.
  • Hipomenorea: yaitu menstruasi yang lebih sedikit dari normal disertai dengan waktu mens yang lebih singkat.
  • Polimenorea: yaitu siklus menstuasi yang lebih pendek dari normal atau kurang dari 21 hari.
  • Oligomenorea: yaitu menstuasi yang jarang terjadi atau lama siklus menstruasinya lebih dari 35 hari.
  • Amenorea: yaitu tidak mengalami menstruasi selama lebih dari 3 bulan berturut – turut.
  • Dismenorea: yaitu rasa sakit perut bagian bawah karena adanya kontraksi dari otot – otot Rahim pada saat menstruasi.

Tanda-Tanda Menstruasi Akan Datang

Walaupun wanita secara rutin mengalami menstruasi (haid). Seorang wanita akan mengalami beberapa tanda menstruasi. Tanda tersebut dapat berupa tanda fisik maupun psikis. Dengan mengetahui tanda haid akan memudahkan seorang perempuan untuk mengantisipasi hal tersebut jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Miss V Kering

Miss V menjadi kering sebelum periode menstruasi, biasanya wanita akan mengalami keluarnya cairan putih sebelum haid pada masa normal. Namun hal tersebut tidak akan terjadi pada beberapa wanita ketika akan mengalami masa haid.

Perubahan Fisik

Berbagai gejala fisik dapat terjadi hingga 10 hari sebelum menstruasi datang. Sebanyak 80 persen wanita akan mengalami perubahan fisik berikut sebagai tanda-tanda menstruasi akan datang:

  • Gangguan Pencernaan. Sebagian ada yang mengalami sering kembung, mual, kram perut, diare atau sembelit. Bahkan ada yang cenderung untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu.
  • Masalah Kulit. Salah satu tanda-tanda menstruasi yang menjengkelkan yaitu munculnya jerawat yang lebih banyak di wajah, lagi-lagi ini adalah pengaruh hormon.
  • Payudara terasa nyeri.
  • Nyeri pada sendi.
  • Nyeri pada punggung dan pinggang.

Perubahan Emosi Yang Ekstrem

Diantaranya kamu akan merasakan suasana hati yang kurang bersahabat dengan aktifitas, sensitif terhadap keadaan dan terkesan cengeng. Itu mungkin merupakan tanda bahwa haid akan segera datang. Kamu juga bisa menjadi lebih jengkel dengan suasana hati kamu dari biasanya atau memiliki masalah tidur. Dan dalam kasus yang parah, kamu memiliki kesulitan mengingat hal-hal dan berkonsentrasi pada hari-hari menjelang menstruasi.

Keputihan

Jika kamu melihat beberapa cairan berlendir berwarna putih dan tidak menimbulkan bau yang muncul dari area kewanitaan kamu, itu artinya keputihan. Pada awalnya berwarna putih, tetapi dalam beberapa waktu kemudian akan menjadi kecoklatan dan itu berarti bahwa keputihan telah dicampur dengan beberapa darah. Kamu disarankan untuk memakai pantyliners.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Penyebab tidak teraturnya haid memang bermacam-macam mulai dari hormon yang tidak seimbang, faktor stres sampai soal pola makan. Di bawah ini akan diuraikan lebih jelas lagi faktor yang menyebabkan haid tidak lancar:

  • Stres

Stres emosional yang berlaru-larut akan menyebabkan perdarahan yang tidak teratur. Saat kamu stres maka tubuh akan memproduksi hormon stres yang akan berpengaruh pada keluarnya hormon menstruasi. Kondisi stres yang sedang kamu alami akan berpengaruh pada Hypothalamus, padahal hytpothalamus merupakan bagian dari otak yang menjadi tempat berbagai hormon yang mengatur periode menstruasi.

  • Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi ketidakseimbangan pada tiroid, baik itu hipotiroid maupun hipertiroid, maka akan berpengaruh juga terhadap kelancaran siklus haid.

  • Berat Badan Turun Secara Drastis

Kondisi berat badan yang turun secara drastis akibat gangguan pola makan serius seperti pada anorexia dan bulimia bisa menjadi penyebab menstruasi datang tidak teratur. Sedangkan penurunan berat badan akan menyebabkan gangguan haid, gangguan ini dipengaruhi oleh kebutuhan lemak yang berkurang saat pembentukan hormon haid.

  • Aktivitas Berlebihan

Aktivitas berlebih yang menimbulkan rasa capek akan berpengaruh pada kelenjar hipotalamus yang nantinya juga mempengaruhi hormon menstruasi. Hal ini dapat mempengaruhi pelepasan LS dan FSH, yaitu hormon hipofisis yang memicu ovulasi (pelepasan sel telur). Ovulasi ini akan berpengaruh pada haid yang tidak lancar.

  • Alat Konstrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau sakit perut pada saat menstruasi. Adanya sedikit darah yang keluar pada awal penggunaan pil KB juga mungkin terjadi dan akan berhenti setelah beberapa bulan pertama.

  • Pola Hidup Sehari-Hari

Jika kamu melakukan diet atau olahraga yang berlebihan dan berat kamu turun drastis, hal itu bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Tidak hanya perubahan berat badan, stres juga bisa mempengaruhi siklus menstruasi kamu.

  • Tiroid

Pada bagian leher kamu terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Gangguan pada kelenjar tiroid terkadang dapat memengaruhi menstruasi kamu.

Tips Agar Haid Teratur

Nah di atas sudah dijelaskan beberapa faktor yang menyebabkan tidak teraturnya haid dan di bawah ini adalah tips agar haid lancar dan teratur:

  • Istirahat Yang Cukup

Istirahat memberikan peranan penting dalam menjaga kebugaran tubuh, selain itu istirahat juga dapat membantu dalam menghindari stres. Jangan memikirkan banyak hal yang dapat memicu strees, karena hal tersebut tidak baik untuk kelancaran haid. Istirahat yang cukup dilakukan untuk memberikan hak tubuh yang telah bekerja keras seharian.

  • Kontrol Berat Badan

Salah satu penyebab haid jadi tidak teratur itu bisa karena kegemukan. Jaringan lemak yang menumpuk di tubuh bisa menyebabkan perlepasan estrogen yang bisa mengakibatkan keluarnya darah haid yang berlebihan (heavy periods). Hal ini bisa terjadi dinding rahim dapat terstimulasi oleh estrogen yang dapat mempengaruhi ovulasi. Untuk mendapatkan haid yang rutin, penting untuk menjaga berat badan stabil. Dengan begitu kita bisa mengusahakan agar kadar estrogen serta kolesterol juga stabil.

  • Jaga Pola Makan

Penting untuk menjaga pola makan sehat agar haid teratur. Batasi konsumsi makanan olahan, makanan instan dan yang mengandung banyak pemanis. Perbanyak sayur dan buah dan dengan begitu gula darah bisa stabil dan produksi kortisol dalam tubuh tidak lagi berlebihan.

  • Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan membantu kamu mendapatkan kesehatan prima, termasuk juga dapat mengurangi masalah yang sedang kamu hadapi saat ini. Untuk itu hindari merokok, kurangi kafein, hindari alkohol dan yang lainnya yang dapat membuat hidup kamu tidak sehat.

  • Lakukan Gerakan Yoga

Pada dasarnya, olahraga bisa bantu redakan stres dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Salah satu jenis olahraga yang disarankan agar haid teratur adalah yoga. Standing pose seperti triangle dan half-moon bisa dilakukan untuk merilekskan otot panggul. Sejumlah gerakan yoga sederhana bisa dilakukan untuk membuat otot-otot tubuh rileks dan membantu siklus haid lebih lancar lagi.

  • Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Vitamin C yang dikonsumsi sebaiknya tak melebihi 60 mg per hari. Cukupi kebutuhan vitamin C setiap harinya untuk membantu melancarkan haid. Sumber vitamin C bisa diambil dari berbagai jenis buah-buahan dan sayuran. Imbangi juga dengan minum banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi.

  • Asam Jawa

Asam jawa berguna untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal sehingga dapat mengurangi rasa nyeri haid. selain itu asam jawa tersebut dapat melancarkan haid. Obat alami ini dapat kamu temukan di supermarket, baik yang berbentuk minuman ataupun permen.

  • Menghabiskan Waktu Dengan Wanita Yang Akan Haid

Sering menghabiskan waktu dengan wanita (misal teman kost, ibu atau saudara perempuan), biasanya kita akan memiliki siklus haid yang hampir bersamaan. Jadi, kalau ingin siklus haid on time atau bisa lebih cepat, habiskan waktu lebih banyak dengan wanita yang punya siklus teratur atau yang sebentar lagi akan haid.

  • Rajin Minum Air Mineral

Nah tips yang paling sederhana adalah rajin minum air mineral, air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh, maka haid akan turut lancar pula.

Ya demikianlah ulasan di atas tersebut untuk kamu pahami. Buat kamu yang sering mengalami haid yang tidak teratur, alangkah baiknya mencoba beberapa tips yang sudah disebutkan di atas ya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat untuk semua para pembaca.