Tuesday, 26 March 2019
electronic

“Modena Retrofridge”, Kulkas Dengan Seni Lukisan Yang Menakjubkan

Selama ini kita mengetahui kulkas dengan bentuk yang itu-itu aja, bener gak? Nah pernah kepikiran punya kulkas yang digabungkan dengan karya seni lukisan? Hayo penasaran kan gimana bentuknya? Kulkas tersebut diberi nama Retrofridge Modena. Yuk, langsung aja kita lihat artikel di bawah ini.

Pengertian Kulkas

Kulkas atau lemari es atau lemari pendingin adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk menolong pengawetan makanan. Sekitar 99,5% rumah di Amerika Serikat memiliki kulkas. Kulkas bekerja menggunakan pompa panas pengubah fase beroperasi dalam sebuah putaran refrigeration. Kulkas terdiri dari lemari pendingin atau lemari pembeku atau keduanya. Sistem dua lemari ini diperkenalkan pertama kali oleh General Electric pada 1939. Beberapa kulkas sekarang dibagi menjadi empat ruang untuk penyimpanan jenis makanan yang berbeda:

  • -18 °C (-64.4 °F) (pembeku)
  • 0 °C (32 °F) (daging)
  • 4 °C (39.2 °F) (pendingin)
  • 10 °C (50 °F) (sayuran atau untuk menaruh berbagai jenis makanan)

Kebutuhan orang akan kulkas atau lemari es dapat disejajarkan dengan kebutuhan orang akan barang penting lain seperti kompor, mesih cuci, komputer atau televisi dan hampir setiap rumah terutama di perkotaan telah menyediakan kulkas di dapurnya dengan tujuan utama sebagai sarana untuk mengawetkan bahan makanan. Sebagai alat rumah tangga yang dianggap penting, alangkah baiknya jika pemilik kulkas mengetahui lebih banyak hal-hal yang berkenaan dengan barang ini.

Metode Pendinginan Kulkas

Freezer: sesuai dengan namanya, bagian ini dipergunakan untuk menyimpan bahan yang membutuhkan suhu sangat dingin, pada ruang ini suhu bisa mencapai 0 derajat ceslsius yaitu temperature dimana air berubah menjadi es, pada ruang ini pula biasanya komponen pembuat es ( ice maker) di tempatkan.

Refrigerator: bagian ini biasanya memiliki ruang lebih luas dari yang lain, temperature di bagian ini biasanya di setting mulai dari 5 derajat Celsius ke bawah dimana mikroba tidak bisa berkembang biak. Walaupun ruang ini luas, sangat penting untuk diperhatikan dan jangan sampai menyimpan material disini terlalu penuh agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik sehingga penyebaran dingin bisa merata.

Chiller: bagian ini pada umumnya terdapat diruang yang sama dengan refrigerator hanya saja didesain sedemikian rupa sehingga terdapat sekat untuk memberikan kondisi temperature lebih dingin dari refrigerator, pada bagian ini biasanya material segar di tempatkan.

Kulkas Dengan Seni Lukis Bergaya Retro

Jika biasanya kulkas adalah mesin pendingin dengan bentuk tercanggih dan teranyar, tidak demikian dengan Modena. Produsen perkakas rumah tangga berkualitas Eropa ini hadir dengan kulkas bentuk retro yang unik. Sesuai namanya, maka inilah varian terbaru Modena yakni “Modena Retrofridge” dengan tujuh varian warna. Uniknya, tiga dari tujuh varian Retrofridge ini berhasil disulap menjadi sebuah karya seni yang mengagumkan hasil karya tiga seniman Indonesia.

Menikmati lukisan tak hanya di media kanvas saja, karena media lainnya seperti lemari pendingin alias kulkas juga dapat disulap menjadi karya seni berkat tangan terampil dari seniman seperti Hendra Harsono, Radi Arwinda dan Kemal Ezedine. Sungguh luar biasa bukan?

Modena sengaja memilih produk tersebut karena Retrofridge memang didedikasikan untuk desain. Sehingga kecantikannya dapat diberi nilai tambah dengan karya seni di badannya. Setiap seniman pun melukis dengan gayanya masing-masing. Dengan medium lemari pendingin yang tak biasa, hal ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi setiap seniman.

Hehe(panggilan akrab Hendra) misalnya, memilih untuk menceritakan beragam pengalamannya dengan kulkas dalam karya berjudul “Untitled”“Dulu waktu pertama punya kulkas, rasanya excited. Perasaan itulah yang ingin saya sampaikan,” ujar Hehe. Pada kulkas berwarna krem itu, Hehe menggambar karakter-karakter anomali dengan beragam warna cerah. Si Kecil pasti tertarik dengan karakter-karakter dalam lukisan tersebut.

Tidak kalah menggemaskan adalah karya garapan Radi Arwinda dari Jawa Barat yang berjudul “Kulakineko”. Radi mengubah total warna asal kulkas sehingga tidak ada lagi setitik pun warna dark blue dan mengisinya dengan gambar kucing ala anime. “Kulakineko itu bagaimana saya memasukkan kucing keberuntungan ke dalam kulkas dan bisa mengawetkan keberuntungan,” jelas Radi. Hasilnya sangat menggemaskan lho guys. Nampak seperti ada kucing keberuntungan dengan latar belakang emas yang memanggil kita untuk selalu membuka kulkas.

Dan yang terakhir adalah Kemal yang menyulap Retrofridge merah menjadi penuh garis khas seniman Bali. Dikatakan mantan jebolan Seni Rupa dan Desain ITB itu bahwa ia memang menyukai cara seniman Pulau Dewata berkarya. “Saya terinspirasi lukisan Bali di mana seniman Bali itu biasanya menghasilkan karya dengan sepenuh hati dan berdedikasi,”ujar Kemal yang kemudian menyebut karyanya sebagai “Dedication”.

Tapi tunggu ya guys, tiga kulkas yang keren ini tidak dijual sembarangan lho. Kulkas tersebut akan dilelang dan hasilnya akan disumbangkan untuk pengembangan karya seni yang lebih baik untuk Indonesia. Nah karena rasa antusias masyarakat yang tinggi, akan dibuka khusus untuk semua yang berminat. Buat kamu yang berminat dan pengen banget punya kulkas yang keren ini, bisa langsung mendaftarkan diri ke situs resmi Modena Indonesia untuk mendapatkan kulkas bercorak seni.

Ketiga kulkas yang udah disebutkan di atas tersebut sama kerennya lho, kira-kira kamu tertarik dengan yang mana nih guys?