Wednesday, 23 May 2018
animal

Wikie, Paus Pintar Yang Bisa Bilang “Halo Dan Bye”

Selain ikan hiu, penghuni laut yang berukuran besar adalah ikan paus. Ya, siapa yang tak mengenal ikan besar dan ganas tersebut. Di artikel ini kita akan mengenal lebih dalam tentang ikan paus dan juga akan membahas tentang paus yang bisa menirukan suara manusia. Pada penasaran kan gimana kelanjutannya? Yuk, ikuti terus artikel ini.

Mengenal Ikan Paus

Ikan paus merupakan ikan yang hidup di air laut dan memiliki ukuran yang besar serta bobot yang berat atau bisa dibilang ikan terbesar yang ada di dunia. Walaupun ikan ini mempunyai ukuran yang begitu besar, ikan ini tidak memangsa atau memakan ikan-ikan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya.

Dia hanya memakan plankton, krill dan makhluk kecil lain. Walaupun bilangannya semakin berkurangan akibat pemburuan berlebihan namun hari ini pengharaman membunuh mamalia terbesar ini sedikit sebanyak membantu spesis ini untuk berkembang semula.

Cetacea adalah sebutan lain bagi ikan paus, paus sendiri memiliki arti melahirkan karena paus adalah salah satu hewan laut yang melahirkan. Jika pada umumnya ikan berkembang biak dengan bertelur, paus justru melahirkan dan menyusui anak-anaknya. Fakta unik tentang ikan paus adalah bahwa ia adalah seekor ikan yang tergolong dalam jenis mamalia dan bernapas dengan menggunakan paru-paru.

Ikan paus adalah ikan yang tergolong kuat dalam menahan nafas didalam air. Paus mampu bertahan di dalam air tanpa bernafas selama lima samapi lima belas menit. Jika waktu itu telah habis maka paus akan muncul kembali ke permukaan untuk mengambil nafas.

Tidak semua ikan paus memiliki ukuran jumbo karena ada beberapa ikan paus yang memiliki ukuran tubuh relatif kecil. Jikapun kebanyakan ikan paus berukuran super besar, ada beberapa jenis paus yang hanya mampu tumbuh besar dengan ukuran maksimal 5 meter.

Hewan ini juga tergolong jenis hewan yang rakus. Badannya yang besar mengharuskan paus makan dalam jumlah porsi makan yang banyak. Ratusan kilogram ikan kecil bisa menjadi santapan paus dalam waktu sehari. Ribuan ikan kecil di laut akan menjadi santapan sehari-hari paus. Paus memiliki cadangan makanan berupa lapisan lemak di tubuhnya yang tebalnya mencapai 30 centimeter.

Berikut ini 10 jenis ikan paus yang mungkin belum anda ketahui :

  1. Paus Minke
  2. Paus Bryde
  3. Paus Kelabu
  4. Paus Sei
  5. Paus Bungkuk
  6. Paus Kepala busur
  7. Paus Sikat
  8. Paus Sperma
  9. Paus Sirip
  10. Paus Biru

Ikan ini memiliki suara yang lantang dan keras, suara ikan paus mampu terdengar hingga radius ratusan kilometer di bawah air. Bukan hanya itu saja, beberapa jenis ikan paus adalah perenang yang hebat dan cepat. Paus sirip mampu berenang dengan kecepatan 30 kilometer perjam.

Sedangkan paus yang terbesar adalah golongan paus biru, paus ini memiliki panjang yang mencapai 30 meter dan berata mencapai 190 ton. Bayi paus biru sendiri antara satu sampai 2 cm panjangnya dan berat yang dimiliki mencapai 2 ton.

Paus Yang Bisa Menirukan Suara Manusia

Paus pembunuh atau orca yang hidup di penangkaran ini menjadi paus pertama yang diketahui bisa menirukan suara yang berasal bukan dari spesiesnya sendiri. Lalu suara apa yang hewan tersebut bisa tirukan? Paus yang memiliki nama WIKIE tersebut bisa memproduksi suara, termasuk kata-kata manusia seperti “halo” dan “bye-bye”. Lebih mengejutkannya lagi, paus betina tersebut memproduksi suara yang baru didengarnya relatif cepat, hanya dengan beberapa kali coba saja.

Paus betina itu belajar untuk berbicara beberapa kata manusia dengan meniru ucapan seorang pelatih di sebuah taman laut di Prancis. Kata-kata yang bisa diucapkan hewan itu diantaranya “Amy” dan “satu, dua, tiga” dalam bahasa Prancis. Di luar manusia, paus dan lumba-lumba termasuk di antara segelintir hewan yang bisa belajar menghasilkan suara baru hanya dengan mendengarnya.

“Pada golongan mamalia hal itu sangat jarang,” kata Dr Josep Call dari University of St Andrews, salah seorang peneliti dalam proyek tersebut. Para peneliti dikerahkan untuk mencari tahu apakah paus pembunuh bisa belajar suara baru dengan meniru suara mahluk lain. Mereka lantas meneliti seekor paus betina bernama Wikie di Marineland Aquarium di Antibes, Prancis.

Dalam sebuah penelitian, orca atau paus pembunuh saling berkomunikasi dengan menggunakan berbagai suara dan bahkan memproduksi dialek. Pada tahun 2014, peneliti menemukan bahwa orca mampu mempelajari dialek baru bahkan berasal dari spesies lain.

Hal ini diketahui ketika paus pembunuh ditempatkan dalam satu tempat bersama lumba-lumba botol selama 3 tahun. Vokal tiga orca berubah menyerupai lumba-lumba seperti bunyi klik dan siulan. Meski begitu belum diketahui bagaimana orca menciptakan dialek unik mereka.

Peneliti memperdengarkan rekaman suara asing serta kata-kata yang berasal dari pelatih. Wikie diminta menirukan suara pintu berderit, suara gajah, mengatakan “halo” dan “bye-bye” serta mengulangi angka. Ia lalu diminta untuk menirukan vokalisasi itu di permukaan air.

Peneliti menemukan kalau Wikie sukses menirukan kebanyakan suara-suara itu dalam waktu kurang dari 10 kali mencoba. Wikie memang tidak selalu membuat tiruan yang sempurna, tetapi suaranya masih dapat dikenali. Wikie menghasilkan suara saat sebagian tubuhnya terbenam dengan lubang pernapasan di luar. Suara yang dibuat di bawah air mungkin sangat berbeda.

Ya itu dia kurang lebih penjelasan tentang paus pembunuh yang pintar menirukan suara manusia seperti HALO dan BYE. Wah sungguh menakjubkan bukan? Nah sampai sini dulu ya pembahsan kita kali ini, see you….