Sunday, 26 May 2019
animal

Penjelasan Tentang “Kanguru” Si Hewan Berkantung

Hi guys kita main tebak-tebakan dulu yuk, dia adalah hewan, dia mempunyai kantung diperutnya dan kalau jalan biasanya dia lebih suka melompat. Hayo siapa yang tahu? Yup, dialah si kanguru, wah pinter-pinter ya semua hehe… Hewan yang satu ini bisa dibilang cukup unik gimana gak unik coba kanguru ini bisa membawa anaknya kemana-mana dengan kantong yang ada di bagian perutnya itu.

Lantas keunikan apa lagi yang dimiliki kanguru ini? Yuk, kita pelajari lebih dalam tentang kanguru ini.

Pengenalan Tentang Kanguru

Kanguru ini adalah marsupial dari keluarga Macropodidae (macropods yang berarti “hewan berkaki besar”). Dalam penggunaan umum istilah ini, biasanya ini akan digunakan untuk menggambarkan spesies terbesar dari keluarga ini, khususnya dari genus Macropus: kanguru merah, kanguru antilopine, kanguru abu-abu Timur dan kanguru abu-abu Barat .Kanguru endemik berasal dari Australia. Pemerintah Australia memperkirakan bahwa 34.3 juta kanguru hidup dalam daerah komersial panen Australia pada tahun 2011, sampai dari 25,1 juta satu tahun sebelumnya.

Apakah kalian pernah mendengar tentang istilah “wallaroo” dan “wallaby”, ternyata guys, kehidupan kanguru mengacu pada pengelompokan polyphyletic spesies. Ketiganya merujuk pada anggota keluarga dengan taksonomi yang sama yaitu Macropodidae dan yang membedakannya hanyalah ukuran.

Spesies terbesar di keluarga biasa disebut “Kanguru” dan terkecil umumnya disebut “walabi”. Istilah “wallaroo” mengacu pada jenis ukuran menengah. Ada juga kanguru pohon yang hidup di hutan hujan tropis di Nugini, jauh dari Timur Laut Queensland dan beberapa pulau di daerah lain.

Berbagai Jenis Spesies Dari Kanguru

Ternyata, hewan yang bernama kanguru ini adanya gak cuma di Australia saja loh, ternyata bumi Papua juga memiliki binatang yang sama berasal dari keluarga Macropodidae. Tidak hanya satu saja, ada beberapa jenis kanguru yang hidup atau menghuni Papua walaupun jumlahnya semakin menipis akibat sering diburu.

Ada 2 jenis kanguru yang hidup di tanah Papua, yaitu kanguru tanah (genus Thylogale) dan kanguru pohon (genus Dendrolagus). Berikut ini jenis-jenis hewan marsupial yang dapat ditemui di Papua, Indonesia.

  • Dendrolagus pulcherrimus

Kanguru Pohon Mantel Emas atau yang bernama latin Dendrolagus pulcherrimus merupakan jenis kanguru pohon yang banyak ditemukan di hutan pegunungan Papua. Ciri khas dari hewan yang satu ini adalah rambut halusnya yang pendek berwarna cokelat muda yang dari kejauhan seperti berwarna keemasan dan pada bagian leher, pipi serta kakinya berwarna kekuningan. Pada bagian perutnya berwarna kuning pucat dan di bagian punggungnya terdapat dua garis keemasan.

Dikarenakan selalu terjadinya perburuan yang sangat tinggi di Papua, Kanguru Pohon Mantel Emas sudah mendepati ambang kepunahan. Banyak orang yang memburunya untuk diambil daging dan kulitnya. Bahkan di beberapa daerah di Papua, sudah jarang sekali ditemukan hewan satu ini.

  • Dendrolagus goodfellowi

Memiliki nama latin Dendrolagus goodfellowi, Kanguru Pohon Hias juga merupakan salah satu jenis kanguru yang hidup di atas pohon. Hewan yang satu ini masih sering ditemui di hutan hujan Papua walaupun juga sering diburu untuk diambil dagingnya.

Ciri khas dari Kanguru Pohon Hias adalah memiliki bulu halus berwarna cokelat tua, dua garis yang dari leher menuju ekor yang semakin samar berwarna keemasan dan garis berbentuk cincin pada ekornya. Kaki dan tangannya juga memiliki warna kuning pucat.

  • Dendrolagus mbaiso

Jika kalian sedang jalan-jalan dan pergi ke daerah hutan hujan Montane atau sekitar puncak Sudriman, Papua, maka sangat dipastikan kalian dapat menjumpai Kanguru Pohon Mbaiso yang memiliki nama latin Dendrolagus mbaiso. Hewan satu ini juga termasuk salah satu keluarga kanguru pohon yang berada di pulau paling timur Indonesia ini.

Ciri khas dari Kanguru Pohon Mbaiso adalah memiliki bulu yang berwarna hitam dan sekilas dari kejauhan akan nampak seperti beruang kecil. Pada bagian bawah mulut, leher dan perutnya, berwarna putih kusam sebagai kombinasi. Hewan ini selain memiliki habitat di pohon, terkadang juga sukaturun ke tanah dan bersembunyi di semak belukar.

  • Dendrolagus dorianus

Satu lagi jenis kanguru pohon yang ada di tanah Papua adalah Kanguru Pohon Ndomea atau yang memiliki nama latin Dendrolagus dorianus (doria’s tree kangaroo). Nama dari hewan satu ini diambil dari seorang ahli kehewanan yang berkebangsaan Italia, Giacomo Doria.

Bagi kalian yang menjumpai hewan ini, kalian harus masuk ke dalam hutan dan dataran tinggi di Papua. Kanguru satu ini memiliki ciri khas bulu cokelat tua dengan kombinasi hitam pada bagian telinganya. Warna wajah, kaki, tangan dan ekornya adalah khaki kusam. Hewan yang memiliki bobot sekitar 6,5-14,5 kg dengan tinggi 51-78 cm ini memiliki cakar besar yang berfungsi untuk memanjat dahan pohon.

  • Dendrolagus ursinus

Hewan yang memiliki ciri khas telinga dan ekor panjang ini memiliki nama latin Dendrolagus ursinus (vegelkop tree kangaroo). Dibanding kangguru, bentuknya memang jauh lebih mirip dengan koala atau anak beruang.

Kanguru Pohon Nemena memiliki bulu yang berwarna gelap dengan kombinasi warna khaki pada bagian bawah mulut, sekitar leher, kaki, tangan dan ekor. Hewan menggemaskan ini sayangnya telah berstatus endangered di mana juga sudah berada di ambang kepunahan.

  • Dendrolagus inustus

Dikenal dengan nama grizzled tree-kangaroo atau bernama latin Dendrolagus inustus, Kanguru Pohon Wakera ini merupakan jenis kanguru pohon terbesar yang pernah ada. Jika dilihat sekilas, bentuk tubuh dan wajahnya mirip lebih mirip sama koala sih.

Ciri khas dari hewan Kanguru Pohon Wakera ini adalah memiliki bulu lebar berwarna abu-abu tua dengan kombinasi abu-abu muda di sekujur tubuhnya. Ketika memasuki masa dewasa, bobotnya dapat mencapai 15 kg. Ukuran jantan lebih besar dari betinanya. Hewan satu ini juga masuk kategori binatang yang sudah mendekati kepunahan karena perburuan liar.

  • Dendrolagus stellarum

Hewan yang satu ini masih banyak dijumpai di wilayah Tembagapura, Papua, ini merupakan kanguru yang paling aktif di antara jenis lainnya. Kanguru Seri memiliki nama lain seri’s tree-kangaroo atau bernama latin Dendrolagus stellarum.

Ciri khasnya adalah ketika masih berusia muda, bulu di beberapa bagian tubuhnya yang berwarna abu-abu muda dan saat sudah tua, warnanya akan berubah menjadi abu-abu tua. Warna bagian perut dan ekor lebih cerah serta pada sekitar pergelangan tangan dan kaki berwarna hitam.

  • Thylogale brunii

Memiliki nama latin Thylogale brunii atau dikenal dengan nama lain Dusky Pademelon, hewan yang satu ini merupakan jenis kanguru terkecil di dunia. Beratnya hanya mencapai 3-10 kg saja dengan panjang tubuh sekitar 90 cm dan lebar 50 cm.

Thylogale brunii memiliki bentuk sampai dengan warna bulu sama seperti kanguru abu-abu Australia dan merupakan hewan endemik Papua yang dilindungi. Untuk menjumpainya, kaliandapat pergi ke dataran rendah di Papua Selatan atau di Taman Nasional Wasur di Kabupaten Merauke serta Taman Nasional Gunung Lorentz di Mimika.

Fakta Unik Dari Kanguru

Kanguru adalah hewan khas Australia. Ia termasuk dalam kelompok mamalia yang memiliki kantung atau disebut juga marsupialia. Kanguru adalah satu-satunya mamalia yang bisa melompat. Tinggi kanguru bisa mencapai 1-8 meter. Sedangkan beratnya bisa mencapai 40-200 kg. Itu tadi beberapa fakta tentang kanguru.

  • Suka Hidup Berkelompok

Kalau dilihat di kebun binatang, kanguru hidup terpisah-pisah dari kelompoknya. Tapi kalau di habitat aslinya, ia suka hidup berkelompok. Mereka juga punya pemimpin loh, dalam satu kelompok. Pemimpin yang dipilih biasanya adalah kanguru yang paling tua dan kuat. Kayak mana cara milihnya ya?

  • Fungsi Kaki Depan dan Belakang Berbeda

Kaki depan dan belakang kanguru ternyata mempunyai fungsi yang berbeda. Kaki depan biasanya digunakan untuk mengambil makanan. Sedangkan kaki belakang digunakan untuk melompat seperti yang biasa kita sering lihat. Lompatan kanguru bisa mencapai jarak 10 meter dengan kecepatan 65 km/jam! Kaki belakangnya juga bisa digunakan sebagai alat pertahanan diri dan memperingatkan kanguru lain jika ada bahaya.

  • Punya Kantung

Kamu pastinya sudah tahu kan kalau kanguru mempunyai kantung di bagian depan tubuhnya. Kantungnya ini digunakan sebagai tempat tinggal bayi kanguru. Sebelum bayi kanguru lahir, induk kanguru akan membersihkan kantungnya dengan cara dijilat. Setelah bayi kanguru lahir, ia akan masuk ke dalam kantung induknya dan menyusu. Biasanya bayi kanguru tinggal di dalam kantung induknya selama kurang lebih 235 hari. Lama juga ya guys.

  • Kanguru Bisa Menemukan Sumber Air

Salah satu kemampuan unik yang dimiliki kanguru adalah bisa dengan cepat menemukan sumber air. Bahkan, kanguru bisa menemukan sumber mata air yang paling banyak. Ini memudahkan mereka untuk minum. Namun sayang, banyak orang yang suka menyalahgunakan kemampuan kanguru ini. Mereka selalu merebut mata air yang sudah ditemukan kanguru.

  • Kanguru Bisa Berenang

Ternyata kanguru juga bisa berenang! Kok bisa ya? Ini dikarenakan kaki bagian depan dan belakangnya bisa digerakkan secara terpisah.

  • Ada yang Kidal

Seorang ilmuwan Australia pernah melakukan penelitan terhadap kanguru. Ia menemukan bahwa ada jenis kanguru yang kidal. Jadi, mereka beraktivitas menggunakan kaki kiri bukan kanan.

  • Kanguru ada yang hidup di Indonesia

Kanguru juga ada di Indonesia. Mereka ada di Merauke, Papua. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari kanguru Australia. Di Australia biasanya kanguru kecil disebut wallaby. Sayangnya jumlah mereka kini semakin sedikit karena banyak diburu untuk dimakan dagingnya atau diambil kulitnya.

Apa Makanan Dari Kanguru

Kanguru yang hidup berkelompok bisa berjumlah dari 5 hingga 100 ekor. Mereka dapat memakan rumput atau daun dari perdu dan pohon. Karena memakan daun dan rumput inilah, perut kanguru sudah dipastikan mempunyai lambung yang memiliki ruang banyak sebagai cara dalam mencerna serat selulosa yang dikandung dari rumput dan daun.

Kanguru dikenal sebagai pelompat yang hebat. Mereka lebih baik daripada kelinci. Hal ini sebab kaki belakang kanguru sangat kuat. Jadi mereka dapat melompat kuat, panjang dan kencang. Panjang satu lompatannya saja dapat mencapai 3 kali panjang tubuhnya.

Bagaimana Perilaku Seksual Dari Kanguru

Kanguru yang hidup berkelompok biasa disebut mobs . Jumlah anggota dan kestabilan kelompok kangguru berbeda-beda, tergantung lokasi mereka hidup. Kanguru yang berada di wilayah timur Australia cenderung dalam kelompok yang lebih besar dan stabil daripada kanguru nan di wilayah kering di barat.

Saat memasuki musim kawin, kanguru betina akan berjalan sambil berputar-putar buat menarik kanguru jantan. Si betina juga memberi isyarat yang sangat jelas bahwa ia ingin diperhatikan. Si jantan akan terus mengawasi si betina dan mengikutinya ke mana pun ia pergi. Si jantan akan mengetahui bahwa si betina siap kawin dengan mencium air seninya.

Kemudian si jantan berusaha mendekati si betina pelan-pelan agar tak mengagetkannya. Jika si betina tak kabur atau marah saat didekati, si jantan akan mulai mencumbu si betina. Jika sudah kawin, si jantan pergi dan mencari betina lain nan siap kawin lagi. Proses pendekatan si betina dan si jantan dapat memakan waktu sampai berhari-hari.

Proses pendekatan mereka biasanya mengundang perhatian jantan lain unk bersaing. Pejantan yang lebih besar memiliki peluang lebih besar buat mendekati si betina, dibandingkn pejantan kecil nan hanya dapat memperhatikan si betina dari kejauhan (cinta gak kesampaian). Jika 2 ekor kanguru jantan harus berkelahi memperebutkan si betina, maka perkelahian tersebut akan berlangsung lama.

Setelah kawin, si betina hamil selama 4 hingga 5 minggu. Bayi kanguru yang baru lahir berukuran sangat kecil, hanya beberapa sentimeter. Ia tak terlihat seperti kangguru, ia buta, tidak berbulu dan kaki belakangnya kecil sekali sehingga ia lebih banyak menggunakan kaki depan buat meraih puting susu ibunya. Ia memanjat tubuh ibunya dan diam di dalam kantung ibu selama 3 hingga 6 bulan buat menyusu.

Setelah selesai menyusu, anak kanguru akan keluar dari dalam kantung pada usia 1 tahun. Akan tetapi, selama 2 hingga 3 tahun, anak kanguru akan terus berada di dekat ibunya dan dipantau. Hal ini sebab anak kanguru tersebut masih dalam supervisi ibunya dan sedang menjalani masa belajar. Baik belajar cara melompat, cara mencari makan dan minum, serta cara menyelamatkan diri dari musuh.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang hewan berkantung yang bisa dibilang cukup kuat. Oke sampai disini artikel ini dulu ya, semoga kalian menyukainya.